Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Meilina Eka Ayuningtyas

Beasiswa Universitas Telkom untuk Anak Guru di Indonesia

Eduaksi | Friday, 17 Feb 2023, 11:08 WIB

Memiliki orang tua yang berprofesi sebagai guru tentunya menjadi sebuah keuntungan yang tidak bisa dirasakan oleh semua orang. Tidak hanya jaminan pendidikan dasar tetapi juga masih ada banyak privilege lain. Salah satunya adalah berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa Universitas Telkom. Sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia, tentunya berkuliah di Tel U sangat direkomendasikan.

Beasiswa Universitas Telkom

Beasiswa Universitas Telkom memiliki banyak jenis tergantung penyelenggara dan juga benefit yang didapatkan. Khusus anak dari seorang guru, maka teman-teman sekalian dapat mengikuti seleksi Beasiswa Anak Guru. Beasiswa Universitas Telkom khusus Anak Guru ini ditujukan untuk anak guru tingkat akhir mulai dari SMA, SMK, dan juga MA. Sungguh beasiswa yang sangat menarik untuk diikuti, bukan?

Serba-Serbi Beasiswa Universitas Telkom: Beasiswa Anak Guru

Beasiswa Universitas Telkom dikenal memiliki benefit yang sangat banyak. Hal tersebut dapat membantu para siswa untuk meraih mimpinya tanpa khawatir terkendala masalah finansial. Maka dari itu, penting bagi para siswa untuk serius dalam belajar dan mendulang banyak prestasi. Dengan kerja keras tersebut, tidak hanya nilai bagus tetapi juga banyak hal positif yang bisa didapatkan.

1. Jenis Beasiswa Anak Guru yang Tersedia

Beasiswa Universitas Telkom dengan jalur anak dari seorang guru ini memiliki dua jenis. Pertama yaitu Beasiswa Unggulan, yang mana merupakan sebuah beasiswa full. Penerima beasiswa ini tidak perlu lagi memikirkan biaya perkuliahan karena seluruh komponen biaya akan ditanggung hingga penerima tamat dari perkuliahan D3 atau S1.

Beasiswa Universitas Telkom jalur anak guru yang kedua yaitu Beasiswa Pintar. Di sini, anak guru yang menerima beasiswa tersebut akan mendapat diskon atau potongan. Diskon tersebut dapat berlaku pada Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan (UP3) ataupun Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler (SDP2). Bahkan beberapa penerima bisa mendapatkan diskon untuk kedua komponen biaya tersebut.

2. Persyaratan Umum yang Harus Dipenuhi oleh Pendaftar

Beasiswa Universitas Telkom khusus anak guru ini memiliki beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi. Persyaratan utama yaitu merupakan seorang anak guru yang memiliki nilai minimal 70 pada rapor mulai dari semester 1 hingga 4. Nilai minimal 70 tersebut merupakan nilai berbagai mata pelajaran pengetahuan. Siswa hingga lulusan 3 tahun sebelumnya boleh mengikuti seleksi beasiswa Universitas Telkom jalur ini.

Jurusan semasa sekolah yang diperbolehkan adalah IPA, IPS, SMK bagian Teknik dan juga Non-Teknik. Calon penerima beasiswa ini juga harus memiliki surat rekomendasi dari sekolah tempat orangtua mengabdi atau mengajar. Selain itu juga harus melampirkan Kartu Keluarga sebagai salah satu bukti verifikasi. Setelah itu wajib membeli PIN pendaftaran seharga 200 ribu rupiah. Template surat rekomendasi dari sekolah dapat diunduh di laman resmi SMB Telkom.

3. Persyaratan Khusus yang Harus Dipenuhi untuk Pilihan Jurusan Tertentu

Calon penerima beasiswa Universitas Telkom satu ini selain harus memenuhi syarat umum juga perlu memenuhi syarat khusus. Persyaratan khusus untuk pendaftar beasiswa Universitas Telkom jalur khusus anak guru ini yaitu tidak menderita buta warna untuk pemilih program studi tertentu. Beberapa di antaranya adalah S1 Teknik Elektro, S1 Desain Interior, S1 Seni Rupa, S1 DKV, S1 Teknik Telekomunikasi, dan sebagainya.

Kemudian bagi siswa yang telah memilih program studi terkait seni pada saat pendaftaran beasiswa Universitas Telkom ini harus mengirim portofolio. Prodi yang wajib menyertakan portofolio antara lain S1 DKV, S1 Desain Interior, S1 Kriya, dan yang lainnya. informasi mengenai ketentuan portofolio atau karya siswa dapat dilihat langsung di laman resmi SMB Telkom University.

Demikian sekilas informasi mengenai salah satu beasiswa Universitas Telkom, yaitu Beasiswa Anak Guru. Bagi teman-teman yang merupakan anak dari seorang guru maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti seleksi. Tidak perlu khawatir karena bergabung menjadi Telutizen sangat menguntungkan. Pastikan untuk memenuhi persyaratan beasiswa Universitas Telkom ini ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image