Image Suko Waspodo

Senyawa Baru Menghambat Replikasi Virus Influenza

Info Terkini | Tuesday, 14 Feb 2023, 16:21 WIB
image: Archyde

Virus menggunakan repertoar molekuler sel inang untuk bereplikasi. Peneliti dari Cluster of Excellence ImmunoSensation2 di University of Bonn, bersama dengan peneliti Jepang, ingin memanfaatkannya untuk pengobatan influenza. Tim yang dipimpin oleh Prof. Hiroki Kato dari Institute of Cardiovascular Immunology di Rumah Sakit Universitas Bonn telah mengidentifikasi senyawa yang menghambat methyltransferase MTr1 tubuh sendiri, sehingga membatasi replikasi virus influenza. Senyawa tersebut terbukti efektif dalam persiapan jaringan paru-paru dan penelitian pada tikus dan menunjukkan efek sinergis dengan obat influenza yang telah disetujui. Studi ini sekarang diterbitkan dalam jurnal Science.

Untuk bereplikasi, virus membutuhkan sel inang. Di sana mereka memperkenalkan informasi genetik mereka dalam bentuk DNA atau RNA asam nukleat. Cetak biru molekuler ini digunakan dalam sel inang untuk menghasilkan virus baru. Untuk membedakan asing dari asam nukleatnya sendiri, sel menggunakan semacam sistem pelabelan. RNA sendiri, misalnya, ditandai dengan penutup molekuler yang mengidentifikasinya sebagai tidak berbahaya. Ini memungkinkan sistem kekebalan untuk bereaksi secara khusus terhadap ancaman.

Tutup yang dicuri

Tutup molekuler adalah nukleosida termetilasi: Molekul kecil yang melekat pada ujung rantai RNA. Ditandai dengan cara ini, RNA tidak memicu respons imun. Namun, jika ada RNA dalam sel yang tidak memiliki struktur penutup, itu dikenali oleh reseptor imun RIG-I, dan sistem kekebalan disiagakan. Untuk menghindarinya, virus influenza telah mengembangkan mekanisme khusus. Mereka mencuri tutup molekuler dari molekul RNA seluler dan mentransfernya ke RNA mereka sendiri. Proses ini disebut cap-snatching.

Influenza membutuhkan enzim seluler untuk replikasi

Enzim MTr1 menyediakan mRNA seluler dengan struktur tutup dan dengan demikian berfungsi sebagai "pelabel asam nukleat" sel. Tim yang dipimpin oleh Prof. Hiroki Kato dari Institute of Cardiovascular Immunology di Rumah Sakit Universitas Bonn kini telah mampu menunjukkan seberapa besar ketergantungan virus influenza pada fungsi enzim MTr1. "Sementara virus lain, seperti SARS-CoV-2, mampu menutup molekul RNA-nya sendiri, virus influenza mengandalkan mencuri tutup yang ada," kata Yuta Tsukamoto, penulis utama makalah tersebut. "Jika fungsi MTr1 terganggu di dalam sel, tidak ada penutup yang tersedia untuk ditransfer ke RNA virus." Aktivitas MTr1 sangat penting untuk replikasi virus influenza di dalam sel.

Inhibitor baru menghambat replikasi virus

Para peneliti ingin memanfaatkan ketergantungan ini untuk pengobatan infeksi influenza. Untuk tujuan ini, mereka mencari inhibitor yang secara khusus menghambat MTr1. Tim menyelidiki bagaimana zat dalam jaringan yang terinfeksi mempengaruhi jumlah partikel virus yang dihasilkan. Para peneliti menguji ini baik pada model tikus maupun pada persiapan jaringan paru-paru manusia. Apa yang disebut eksplan paru-paru ini berasal dari pasien yang telah menjalani operasi paru-paru. “Di antara ribuan kandidat, kami dapat mengidentifikasi sebuah molekul yang menghambat MTr1 pada eksplan paru-paru manusia dan juga in vivo pada tikus, membatasi replikasi influenza,” lapor Prof. Hiroki Kato, anggota Cluster of Excellence ImmunoSensation2 di University of Bonn.

Inhibitor tersebut merupakan turunan dari produk alami yang disebut trifluoromethyl tubercidin (TFMT), yang diproduksi oleh bakteri dari genus Streptomyces. “Kami berharap penelitian ini akan mengarah pada pengembangan pengobatan baru untuk influenza,” kata Prof. Hiroki Kato. Dalam penelitian ini, para peneliti telah dapat menunjukkan bahwa TFMT bekerja sama dengan obat-obatan yang disetujui untuk melawan infeksi influenza. Bahkan dimungkinkan untuk menunjukkan efek sinergis yang jelas sehubungan dengan jumlah partikel virus yang diproduksi di jaringan.

(Materials provided by University of Bonn)