Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Gelar Salat Gaib dan Doa Bersama untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Kabar | Sunday, 12 Feb 2023, 12:18 WIB
Dompet Dhuafa menggelar salat gaib dan doa bersama bagi korban gempa di Türkiye dan Suriah ba’da salat Jumat (10/2/2023) di Masjid Panggung Cordofa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Secara berjamaah, salat dan doa bersama dipimpin oleh khatib sekaligus imam salat jumat, yaitu Ust. Dr. Abdullah Rahman Saleh, S.Sas, M.Pd.

JAKARTA— Dompet Dhuafa menggelar salat gaib dan doa bersama bagi korban gempa di Türkiye dan Suriah ba’da salat Jumat (10/2/2023) di Masjid Panggung Cordofa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Secara berjamaah, salat dan doa bersama dipimpin oleh khatib sekaligus imam salat jumat, yaitu Ust. Dr. Abdullah Rahman Saleh, S.Sas, M.Pd.

Sebelumnya, Dompet Dhuafa telah menyerukan kepada seluruh jajaran cabang dan organ untuk melaksanakan salat gaib berjamaah di kawasannya masing-masing. Tidak hanya itu, salat dan doa bersama juga dilaksanakan oleh jaringan-jaringan masjid Dompet Dhuafa, juga Kolaborasi Masjid Pemberdaya (KMP) Dompet Dhuafa.

Di Masjid Darussalam Kota Wisata, Cibubur, salat gaib dan doa bersama dipimpin oleh Ust. Taufiqurrahman, S.Q, atau yang lebih dikenal dengan Ustaz Pantun.

Di samping itu, Dompet Dhuafa juga mengajak para jamaah dan masyarakat untuk turut peduli membantu pemulihan dampak gempa. Salah satu gelaran salat gaib dan doa bersama yang dilaksanakan di Masjid Al Muhajirin, Cempaka Mas, Jakarta Pusat telah berhasil mengumpulkan donasi kemanusiaan sebesar Rp4.873.300,- (empat juta delapan ratus tujuh puluh tiga ribu tiga ratus rupiah) dari para jamaah.

Pada kesempatan ini pula, Ust. Abdullah menyeru kepada para jamaah yang hadir untuk berempati dan berbelasungkawa atas timbulnya ribuah korban jiwa dalam gempa bumi di Türkiye dan Suriah tersebut. Ia menjelaskan dalam khotbahnya, bahwa Gempa bumi merupakan sebuah ujian dari Allah SWT. Ini mengisyaratkan bahwa manusia itu sebenarnya tidak berdaya, dan tidak ada pelindung selain kepada Allah SWT.

Dari gempa bumi yang terjadi, manusia diingatkan bahwa ujian dalam bentuk bencana alam tidak hanya ditujukan bagi masyarakat yang terdampak. Namun juga menjadi ujian bagi mereka yang tidak terdampak. Bencana alam juga merupakan tanda kasih sayang Allah SWT kepada hambanya yang beriman. Sebab bencana dapat menjadi sebuah proses pemurnian dan pembersihan diri bagi hamba yang sabar dan pasrah atas kehendak Tuhannya. Sehingga dengan begitu, bertambah rasa iman dalam dirinya.

Menurut Kantor Berita Türkiye Anadolu pada Kamis (9/2/2023), Badan penanggulangan bencana Türkiye, AFAD, menyatakan 12.391 orang telah tewas serta 62.914 lainnya terluka akibat gempa berkekuatan 7.8 magnitudo pada Senin (6/2/2023).

Sekjend KMP, Imam Alfaruq mengatakan, aksi salat gaib dan doa bersama ini merupakan bentuk wujud solidaritas umat muslim atas apa yang menimpa saudara-saudaranya di Türkiye dan Suriah. Sebagai bentuk cinta dan kepedulian terhadap korban penyintas bencana ini, jaringan masjid KMP di seluruh Indonesia melaksanakan salat gaib dan doa bersama sekaligus menghimpun dana di masjid masing-masing.

“Kita manfaatkan momentum Jumat pertama pascagempa ini untuk berdoa dan memberikan donasi terbaik. Semoga Allah memberikan kekuatan pada saudara-saudara di Türkiye dan Suriah serta negeri lain yang terdampak gempa,” ucap Imam Alfaruq.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image