Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Muhammadiyah Bandung

UM Bandung Siap Ukir Prestasi di PKM Nasional

Eduaksi | Monday, 06 Feb 2023, 15:31 WIB
Dokumentasi Promosi dan PMB Universitas Muhammadiyah Bandung

Bandung – UM Bandung siap berkontestasi dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tingkat nasional pada 2023.

Ketua PKM Center UM Bandung Muhammad Fauzi SP MP mengungkapkan hal itu dalam kegiatan liga PKM antar mahasiswa, Jumat 03 Februari 2022.

Liga PKM yang dilaksanakan di ruang dosen, kampus UM Bandung tersebut, yakni menyeleksi 10 proposal penelitian mahasiswa. “Selama dua minggu kita menerima 44 proposal dari 44 kelompok. Lalu, dari proposal itu kita seleksi menjadi top ten sesuai dengan standar PKM nasional,” ujar Fauzi.

Penilaian sesuai standar PKM nasional

Dari 10 proposal itu, kata Fauzi, dikerucutkan lagi menjadi 5 besar. “Seleksinya ketat sesuai dengan rubrik PKM nasional. Mereka dipilih juara satu, dua, dan tiga, lalu juara harapan satu dan dua,” tutur Fauzi.

Liga PKM antar mahasiswa UM Bandung tersebut, terang Fauzi, merupakan langkah awal menuju kontestasi PKM tingkat nasional. “Ini sebenarnya pemanasan supaya mahasiswa semangat mengikuti seleksi proposal PKM di tingkat nasional bulan depan,” papar dosen Bioteknologi itu.

Kepada 5 besar proposal yang terpilih, Fauzi meminta tidak perlu berbangga. Pun mereka yang belum terpilih tidak perlu berkecil hati. “Karena yang terpilih sekarang itu belum tentu lolos di tingkat nasional. Pun sebaliknya, ada kemungkinan yang belum terpilih saat ini, itu lolos tingkat nasional,” ucap Fauzi.

Tips lolos seleksi PKM nasional

Tak hanya itu, Fauzi pun membocorkan rahasia agar proposal PKM lolos seleksi di ajang nasional. “Kuncinya ikuti standar pedoman PKM. Selama ikuti rambu-rambunya, insyaallah bakal lolos PKM nasional,” ungkap Fauzi.

Selain itu, pada proposal PKM, mahasiswa juga harus mampu memunculkan keunikan. “Unik adalah salah satu pertimbangan juri, apakah proposalnya lolos atau tidak,” tambah Fauzi.

Adapun tema yang diajukan oleh para mahasiswa dalam liga PKM antar mahasiswa UM Bandung seperti kesehatan, lingkungan, kecantikan, dan sebagainya. “Temanya memang beragam dan bagus. Dari tema itu tentu punya keunggulan masing-masing,” kata Fauzi.

Keberhasilan mereka membuat proposal penelitian, ungkap Fauzi, tidak terlepas dari peran para dosen pembimbing. Fauzi berharap liga PKM di UM Bandung dapat meningkatkan kreativitas di kalangan mahasiswa. “Supaya internalisasi atau suasana per-PKM-an di kampus ini terus berkembang dari tahun ke tahun,” jelas Fauzi.

Sebab itu, lanjut Fauzi, PKM Center UM Bandung siap mendukung kegiatan tersebut agar gairah mahasiswa untuk meneliti terus tumbuh. “PKM Center terus memfasilitasi, mengawal, dan mengawasi supaya pertumbuhan jumlah PKM terus meningkat,” tutup Fauzi.***(CH/FK)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image