Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Guru MTsN 3 Bantul Juara Catur HAB Kemenag Bantul

Olahraga | Thursday, 16 Dec 2021, 17:05 WIB

Bantul DIY- Guru MTsN 3 Bantul, Sutanto secara meyakinkan tampil sebagai juara dalan Pertandingan Catur Guru/Pegawai Kemenag se Bantul, setelah sampai 6 babak yang dimainkan tak pernah kalah sekalipun. Juara 2 dan 3 diraih Andhita Wicaksono (MA Al Mahali Pleret) dan Suryantana (MAN 2 Bantul) kedua memiliki poin 5 sama namun Andhita menang dalam perhitungan Bucholf. Sedangkan untuk kategori siswa, Nur Fajri Gunawan (MTsN Muh Pepe Bantul), tampil sebagai juara disusul peringkat 2-3 Nuha Azizah Syadza (MA Al Imdad Pandak), Cikal Asa Lumumb

Kasubbag TU Kemenag Bantul , H.Mukotib, S.Ag,M.Pd.I membuka pertandingan dengan melangkahkan Kuda Putih, di aula Kemenag Kamis (16/12/2021)

Pertandingan yang dihelat dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 dilaksanakan sehari, Kamis (16/12/2021) di aula Kemenag Bantul dan dibuka Kasubbag TU, H.Mukotib, S.Ag,M.Pd.I dengan melangkahkah Kuda Putih.

Mukotib berharap dari even ini dapat menjaring wakil guru/ pegawai Kemenag Bantul untuk mengikuti ajang POR Korpri Kabupaten Bantul maupun DIY.

Mengapa dirinya melangkahkan kuda, karena perwira kuda ini langkahnya sangat istimewa yaitu tidak bisa ditangkis oleh perwira lawan saat melakukan serangan.

“Kuda ini perwira yang istimewa, saya berharap para peserta dapat memiliki terobosan yang istimewa dalam bekerja dan memunculkan inovasi di lingkungan kerjanya,” harapnya.

Wasit Ketua sekaligus Sekum Pengkab Percasi Bantul, Isdi Raharja didampingi wasit anggota, Riswantara, WN menjelaskan, pertandingan diikuti 29 peserta guru/pegawai dan 10 siswa di lingkungan Kemenag Bantul. Kategori guru/pegawai dilangsungkan dengan sistem swiss catur cepat 20 menit 6 babak, sedangkan kategori siswa hanya 4 babak.

Pengkab Percasi menyambut gembira diadakannya turnamen tersebut, karena secara langsung turut mendukung program pembinaan di Bantul.

“Kami selaku Pengurus Kabupaten merasa senang dengan adanya even ini setelah puluhan tahun berhenti. Alhamdulillah ini juga digelar kategori siswa, akan menjadi embrio untuk lahirnya pecatur baru di Bantul,” ujar Isdi.

Sutanto (MTsN 3 Bantul) saat menundukkan abdul Djaelani (MTsN 6 Bantul) di babak ke-6 disaksikan Sekum Pengkab Percasi Bantul, Isdi Raharja

Sutanto menambahkan, perjalanannya menjadi juara tidak berjalan dengan mulus karena menghadapi lawan yang cukup berbobot. Lawan yang dihadapinya adalah Heriyadi (GTT), Agus Hanafi (MTsN 2 Bantul), Am.Naufal Al Bustomy (MTs Al Mahali Brajan Pleret, Tri Wahyuni Umu Azizah (MTs Muh Pepe), Andhoita Wicaksono Nugroho (MA Al Mahali brajan Pleret), Abdul Djaelani (MTsN 6 Bantul).

Saat tanding di babak ke-5 dengan guru Matematika MA Al Mhalai, Andhita Wicaksono, pada permainan tengah dia terpaksa menyelamatkan posisi menukar benteng dengan kuda sehingga kalah kualitas. Untung di ending, sebagaimana harapan Kasubbag TU, kudanya bisa menerobis dengan langkah yang istimewa dan memenangi partai yang menentukan.

“Di babak ke-6 sebenarnya saya cukup remis sudah juara. Namun saya tetap bermain fight dan puas bisa menundukkan utusan MTsN 6 Bantul,” imbuh Sutanto.

Untuk hasil pertandingan selengkapnya.

Kategori guru/pegawai: 1-3 Sutanto (MTsN 3 Bantul), Andhita Wicaksono Nugroho (MA Al Mahali Pleret). 4-6 Suratmanto (MTsN 7 Bantul), Dwi Prastowo ( Abdul Djaelani (MTsN 6 Bantul).

Kategori Siswa: 1-3 Nur Fajri Gunawan (MTsN Muh Pepe Bantul), Nuha Azizah Syadza (MA Al Imdad Pandak), Cikal Asa Lumumba (MTsN 3 Bantul). 4-6 Ulin (MTsN Muh Pepe Bantul), Tegar Bimo Anggoro (MTsN Muh Pepe Bantul), Adrian (MTsN 3 Bantul).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image