Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fenni Bungsu

3 Hikmah Penting yang Dapat Dipetik dari Short Movie Pests

Gaya Hidup | Thursday, 02 Feb 2023, 12:30 WIB
design by fennibungsu

Apa yang terpikirkan oleh kamu ketika mendengar kata “tawon?” Apakah sarang dan suaranya yang saat melihatnya membuat diri ini ingin lekas meninggalkan lokasi? Atau malah biasa saja dengan tawon?

Sekilas tentang Tawon

Banyak hal pastinya yang tergambar tentang tawon. Mungkin juga yang terlintas adalah sengatannya yang bisa menimbulkan dampak kurang baik pada kulit seperti perih, bengkak, gatal, kemerahan, dan sensasi terbakar.

Tawon berbeda dengan lebah, dimana tawon lebih berbahaya ketimbang lebah yang bersifat tenang. Karakteristik dari tawon, yaitu memiliki sepasang antenna di bagian kepala, sepasang sayap, perut, dada, dan umumnya pada bagian kaki berwarna kuning. Oleh karenanya tawon kerap dijadikan pembasmi hama, karena sifatnya yang dapat menjadi predator bagi hama dan serangga lain.

capture dari KlikFilm

Tentang Short Movie “Nuisibles”

Sifat tawon sebagai predator, tergambar dari film pendek berjudul Nuisibles atau dalam bahasa Inggris yaitu Pests. Berdurasi 6 menit 30 detik ini, merupakan karya dari Juliette Laboria yang rilis di tahun 2021.

Bercerita tentang sekelompok tawon bertugas untuk menyingkirkan serangga dari buah-buahan yang sedang ranum. Di saat bersamaan, datang 4 bocah ke lokasi tersebut, dan mengambil buah-buahan itu. Para tawon tidak menyukai hal itu, dan merasa terganggu.

Hikmah yang Didapat dari Film Pendek “Pests”

Meski disajikan dalam bentuk animasi tanpa narasi dan berdurasi singkat, tetapi terdapat pelajaran yang dapat kita ambil, yaitu:

1. Pandai hidup berdampingan dengan makhluk hidup yang lain, karena selain manusia, terdapat hewan dan tumbuhan yang juga memiliki kesempatan hidup yang sama.

2. Jangan mengganggu bila tidak ingin diganggu. Kata bijak ini sangat tepat untuk saling menjaga satu sama lain.

3. Berperilaku baik terhadap alam sekitar, akan memberikan dampak baik pula kepada diri kita, begitupun sebaliknya.

Ya, kita pastinya sering mendengar untuk selalu berbuat baik kepada siapapun, termasuk juga kepada lingkungan ini. Sebagaimana dalam Firman Allah Subhanahu wata’ala surat Al Zalzalah ayat 7-8, yang terjemahannya adalah:

Apa pun perbuatan yang dilakukan, akan mendatangkan balasan kepada diri sendiri. Yuk, kita sama-sama menjaga lingkungan ini dengan bersimbiosis mutualisme yang baik, agar tercipta keselarasan hidup dan harmonisasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image