Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arum Pusporini

Masuk Angin, Bolehkah Bayi Kerokan Pakai Bawang?

Info Terkini | Wednesday, 01 Feb 2023, 14:42 WIB

TANGSEL. – Setelah dikejutkan oleh ibu yang memberikan kopi pada anaknya, lagi-lagi media sosial dihebohkan oleh tindakan orang tua yang mengerok anaknya yang masih berusia di bawah 1 tahun.

Ilustrasi: Anak Masuk Angin [Doc: Rabiatul Adawiyah / PT Rumbaka]

Pasalnya di Indonesia, mengerok tubuh menjadi hal lumrah untuk dilakukan sejak jaman dulu. Biasanya kerokan ini dilakukan dengan menggunakan bawang merah yang sudah dikupas dan dicampur dengan minyak angin atau baby oil.

Menanggapi hal itu, Dokter Spesialis Anak, dr Dian Pratama jika dalam dunia kedokteran kerokan tidaklah disarankan. Lantaran mengerok pada kulit bayi bisa menyebabkan luka karena kulit mereka yang masih sensitif.

“Usia di bawah 1 tahun kulit bayi akan terasa perih bengkak di area saat dikerok maupun setelah dikerok, kulitnya yang sensitif dan rentan bisa menyebabkan masuknya kuman yang menyebabkan infeksi,” ujar dr. Dian dalam instagram pribadinya, Rabu (1/2).

Pemberian bawang merah juga tidak disarankan karena bersifat panas dan iritatif untuk kulit dan bisa menyebabkan alergi serta iritasi, ditambah dengan minyak telon yang mengandung kandungan iritatif.

“Penggunaan bawang merah masih bersifat kontroversial, diperlukan penelitian lebih lanjut mengerok dengan bawang merah karena bisa menyebabkan iritasi pada bayi,” tambahnya.

Untuk itu, jika anak demam atau masuk angin, orang tua diimbau untuk melakukan pertolongan pertama pada anak. Bisa dikompres atau ayunkan kaki anak untuk membantu mengeluarkan gas dalam perut, jangan lupa pijat perlahan perut bayi untuk mengatasi masuk angin.

“Kita bisa atasi masalah masuk angin pada bayi tanpa kerokan dengan memijat tubuhnya secara perlahan dan lembut, lalu balurkan dengan minyak telon, beri minum air putih yang cukup,” tutup dr. Dian.

Secara ilmiah, ada beberapa cara yang terbukti bisa menurunkan suhu tubuh anak ketika demam. Salah satunya membuat anak merasa nyaman dengan memberikan pakaian yang hangat dan lembut.

Namun, jika si kecil tak kunjung membaik dan demamnya tidak menurun, serta kondisinya semakin lemah, demam di atas 40 derajat celcius. Orang tua disarankan untuk segera membawa anak ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image