Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image MOH ALI FAIS

Perubahan Human Resources Management di Era Digital

Bisnis | Wednesday, 01 Feb 2023, 09:53 WIB
pixabay.com

Teknologi memberikan banyak perubahan dalam aktivitas bisnis, salah satunya adalah pola manajemen SDM atau Human Resources Management. Perkembangan teknologi satu hal yang tak bisa dielakkan, berbagai aspek kehidupan bisa dengan mudah. Dikelola dan diakses tanpa batas. Hal inilah yang bisa disebut sebagai digitalisasi, era sekarang ini, contohnya jaringan internet menjamah ke semua perangkat dan Media-media.

Perubahan ini tentu sangat berdampak baik bagi perusahaan atau organisasi, meskipun dilain sisi divisi human resources akan juga menghadapi beragam tantangan karena perubahan pesat yang mungkin justru lebih cepat dibanding perkembangan kualitas SDMnya sendiri.

Dari sekian banyak perkembangan dan perubahan yang terjadi di Human Resource kami membahas 7 diantaranya yang paling menonjol atau pesat yang ada didalam perusaaan.

Pertama: sistem rekrutmen online

Sistem penerimaan karyawan baru salah satunya bentuk perubahan yang paling pesat di era digital ini, jika dibandingkan dengan sistem rekrutmen yang dulu yang dilakukan dengan menyebar brosur lowongan kerja, meminta calon kandidat pelamar menyiapkan dan membawa berkas lamaran ke kantor langsung hingga mengharuskan tatap muka Ketika wawancara.

Sekarang sangat berbeda di era digital ini proses rekrutmen bisa dengan mudah dilakukan secara online, menyebarkan informasi lowongan kerja juga bisa melalui platform job searching maupun website perusahaan itu sendiri, proses wawancara pun bisa melakukan melalui video call.

Kedua: digitalisasi pekerjaan administratif

Perkembangan teknologi dan informasi digital dimanfaatkan secara maksimal dan sangat membantu pekerjaan administratif perusahaan atau organisasi. Rekap administrasi tak perlu lagi menggunakan metode manual atau cara manual yang sangat rumit dan menghabiskan banyak waktu. Melalui sistem online yang otomatis, kegiatan seperti absensi,gaji,hingga perhitungan pajak bisa dilakukan dengan jauh lebih efektif hasilnya juga akan lebih akurat.

Ketiga: manajemen kompensasi yang transparan

Hal ini tentu menjadi bagian penting yang akan berurusan dengan kompensasi ke karyawan, beruntungnya pekerja manajemen kompensasi ini bisa terbantu secara online atau digital. Meliputi perhitungan gaji, jumlah bonus,asuransi, pensiun, lembur, dan juga terintegrasi dengan perhitungan yang transparan selain tidak repot juga bisa mempertanggung jawabkan pekerjaanya dengan baik.

Keempat: sistem evaluasi terstandar

Era digital memaksa setiap bagian di perusahaan bekerja dengan standar yang terukur, termasuk proses evaluasi kerja karyawan, sistem ini penting dilakukan secara digital melalui aplikasi karena ada penilaian yang transparan didalamnya. Hal-hal seperti subjektifitas yang mungkin dulu terjadi,dapat ditekan bahkan dihilangkan karena semua evaluasi memiliki dasar yang dipahami oleh semua karyawan

Kelima: layanan pribadi karyawan

Setiap karyawan tentunya memiliki data Pribadi dan pekerjaan spesifik, data ini biasanya dikelola oleh human resources untuk diteruskan kepada setiap karyawan, saat ini terdapat teknologi yang memungkinkan keterlibatan karyawan dalam mengelola informasi mereka sendiri, seperti daftar presensi lembur, pengajuan izin, hingga pekerjaan yang dilakukan bisa tercatat dan di akses dengan mudah.

Keenam: fleksibel dan adaptif

Peubahan pesat yang bisa dirasakan di era digital ini adalah kemampuan untuk beradaptasi dan fleksibel menghadapi perubahan, tak bisa dipungkiri bahwa era digital membuat banyak hal juga berkembang dengan pesat.

Bagi perusahaan memiliki kewajiban untuk mampu menyesuaikan dirinya agar tidak tertinggal dengan perusahaan lain, perusahaan tak boleh menutup mata terhadap perkembangan teknologi agar tidak tertinggal.

Ketujuh: interaksi dengan karyawan melalui media sosial

Berinteraksi atau berkomunikasi adalah kunci dari keberhasilan human resources di sebuah perusahaan, tidak mungkin human resources bekerja tanpa adanya interaksi yang baik dengan karyawan, di era digital interaksi atasan dan karyawan ini sangat jelas perubahannya, hal ini berkaitan dengan perkembangan media sosial yang semakin dilengkapi ragam fitur, media sosial berperan sangat penting sehingga efektif dan efisien.

Itulah 7 hal yang paling pesat perubahannya bagi human resources management di era digital, oleh karena itu perkembangan teknologi informasi tak bisa dicegah, maka hal tersebut Menjadi tantangan tersendiri, jika mampu dimanfaatkan dengan baik era digital adalah peluang besar untuk membawa perusahaan ke arah yang lebih baik.

Catatan: Perubahan Human Resources Management di Era Digital sangat memberikan proposisi nilai melalui channel digital bisa membantu perusahaan untuk menarik dan mempertahankan tenaga kerja yang lebih berkualitas, banyak tenaga kerja yang prospektif saat ini memanfaatkan medium atau media seperti twitter, facebook, line,Instagram,tik tok dan lainnya dan banyak perusahaan yang sudah menjalaninya untuk mempermudah perusahaan atau sebaliknya pencari kerja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image