Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ramon Momon

Royal Riders Indonesia (RoRI) Selenggarakan Safety Riding Training di Jakarta

Motor | Friday, 27 Jan 2023, 21:31 WIB

Komunitas pengguna sepeda motor Royal Enfield (RE) terbesar di Indonesia yakni Royal Riders Indonesia (RoRI) akan menyelenggarakan Safety Riding Training pada, Ahad (29/1/2023) di dealer RE Cibubur, Jakarta Timur. Tema kegiatan untuk memberikan edukasi kepada para member kali ini adalah Riding Aman, Pulang Nyaman.

Dalam mencapai tujuan tersebut instruktur yang dihadirkan pun sudah berpengalaman dan tersertifikasi. Penyelenggaraan Safety Riding Training akan dimulai dengan pemaparan materi dari instruktur. Setidaknya mereka akan mendapatkan materi late braking, cornering, and engine braking.

Sesi pertama ini akan mengajak untuk berbagi pengalaman selama riding, kurang lebihnya dimana yang harus mereka perbaiki agar bisa aman dan nyaman serta banyak lagi keseruan lain. Presiden Royal Riders Indonesia, Adnan Maddanatja, menyampaikan bahwa dirinya dan juga member RoRI khususnya adalah pengguna jalan umum.

Mengacu pada hal tersebut disampaikan bahwa RoRI sebagai salah satu komunitas pecinta sepeda motor sekaligus pengguna motor yang bobotnya berat dan cc-nya besar harus dibekali keterampilan dan wawasan keselamatan berkendara. "Berkendara bukan sekedar melepas penat, jalani hobi, dan healing. Dalam aktivitas tersebut kita punya satu tanggung jawab moral untuk turut menciptakan keselamatan dan kenyamanan sesama pengguna jalan," ujar Adnan Maddanatja.

Adnan pun berharap kegiatan Safety Riding Trainingini akan bermanfaat bagi para member, "Saya berharap ini merupakan Kegiatan yang bermanfaat untuk member khususnya dimana dengan mengikuti nya, member akan mendapatkan pembekalan tentang cara berkendara yang benar dan aman yang akan menciptakan keselamatan di dalam berkendara di jalan raya, karena kita harus sadar dijalan itu bukan hanya kita pengguna jalan tersebut dan juga beragam dari kondisi dan jenis jalan yang ada, jadi sangat dibutuhkan pengetahuan akan cara berkendara yg baik dan aman," kata Presiden RORI tersebut.

Safety Riding Training RoRI

Kegiatan yang juga ditujukan sebagai pilot project keselamatan berkendara dalam lingkungan internal RoRI dititik beratkan kepada praktik. Hal ini sejalan dengan rutinitas mereka yang sering touring maupun berkendara sendiri. Presiden RoRI, Adnan pun menjelaskan bahwa keterampilan mengendarai motor jadi hal dasar sehingga dapat menciptakan perjalanan yang menyenangkan.

1. Keterampilan mengendalikan sepeda motor

Sepeda motor Royal Enfield memiliki bobot yang tidak ringan, untuk varian Classic 500 saja memiliki berat 187 kg. Bagi mereka yang baru naik kelas ke motor gede hal ini patut diperhatikan, terlebih bagi mereka yang benar-benar baru bermain motor. Setidaknya setelah melakukan kegiatan training keselamatan berkendara ini diharapkan member RoRI akan lebih terampil dan bijak saat berkendara.

2. Menciptakan perjalanan yang menyenangkan

Kegiatan RoRI tidak lepas dari aktivitas bermotoran, mulai dari solo touring sampai rombongan. Nama dari event-nya pun beragam ada Rock and Ride, Sunmory, juga Cityride. Semua aktivitas tersebut diharapkan akan memberikan kesan menyenangkan dan manfaat yang banyak bagi member.

3. Kondisi permukaan dan elevasi jalan yang beragam

Sepeda motor yang digunakan oleh member RoRI dapat dikatakan siap melibas semua jenis permukaan dan elevasi jalan di Indonesia yang beragam. Di sisi lain pengendaranya pun perlu memiliki keterampilan yang dapat memanfaat motor dan menikmati perjalanan.

Sebagai contoh pada awal Januari 2023 lalu RoRI Chapter Jakarta melakukan riding ke Curug Leuwihejo di Bogor. Tidak tanggung-tanggung mereka sampai melewati jalan setapak di bukit dengan sisi kanan tebing dan kiri jurang. Salah satu yang ikut dalam riding tersebut adalah Didik Budi Santoso.

"Royal Enfield Classic 500 itu ibarat kata kaya naik ATV tapi roda dua, pelan tapi pasti dan kalau dipakai untuk jalan-jalan naik gunung selama bannya sudah diproperkan maka harus yakin meski terlihat rigid tapi cukup handal untuk dibawa ke gunung-gunung dan lembah," ungkap Didik yang juga Division Head Community Welfare Royal Riders Indonesia (RoRI)

Secara keanggotaan hingga awal tahun 2023 RoRI tercatat memiliki 24 chapter dan sebanyak 13 Sub Chapter dengan jumlah anggota yang sudah mencapai ribuan orang. Dalam rangka meningkatkan kualitas berkendara membernya pengurus pusat pun akan sering menyelenggarakan kegiatan safety riding training bahkan sampai ada rencana touring didampingi oleh instruktur berpengalaman dan tersertifikasi.

Dalam penyelenggaraan Safety Riding Rori panitia yang merupakan member RoRI dari beberapa chapter/sub chapter bekerja sama dengan dealer Royal Enfield Cibubur dan banyak sponsor seperti uzone.id. Ada juga sponsor dari Brother Production, Shuttshoot Production, Gp Production, WJA teknik, Rentalalat.com, Deo Entertainment, Maxindo Led, Kapal Api, dan lainnya.

Agar memasifkan nilai edukasi panitia juga menggandeng media yakni Junalbikers.com, Otobisnis.com, lensautama, dan motorexpertz sebagai media partner. Panitia juga mengajak seluruh pengurus RoRI mulai dari pusat sampai sub chapter untuk meramaikan media sosial mereka dalam mensosialisasikan kegiatan ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image