Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Sasaran Pelayanan Vaksinasi Rabies Harus Ditingkatkan

Eduaksi | Thursday, 26 Jan 2023, 23:55 WIB
Dokter Hewan Puskeswan Pandeglang drh. Zakiah Saumi sedang mempersiapkan dosis vaksin untuk disuntikan pada hewan penular rabies (HPR) diantaranya anjing, kucing dan kera

Cakupan pelayanan vaksinasi terhadap hewan penular rabies (HPR) di wilayah kerja Puskeswan Kabupaten Pandeglang masih perlu ditingkatkan baik jumlah sasaran maupun jangkauan pelayanannya.

Menurut data laporan pelayanan vaksinasi rabies yang disampaikan Kepala Puskeswan Kabupaten Pandeglang Ade Setiawan, sasaran vaksinasi rabies hewan peliharaan warga masyarakat Kabupaten Pandeglang yang memiliki anjing, kucing, musang dan kera pada tahun 2022 adalah sebanyak 150 ekor.

“Jumlah sasaran 150 ekor tersebut berdasarkan alokasi vaksin rabies yang terdia pada tahun 2022 yaitu sebanyak 150 dosis,” ujar Ade Setiawan usai briefing staf evaluasi pelayanan vaksinasi rabies di Puskeswan Kabupaten Pandeglang, Kamis (26/01/2023).

Ade Setiawan mengungkapkan, cakupan pelayanan vaksinasi rabies tahun 2022 menurun dibanding tahun 2021 yang mencapai 446 ekor HPR dan capaian tahun 2020 sebanyak 250 ekor.

“Cakupan atau capaian menurun karena stock vaksin yang tersedia di Puskeswan Pandeglang tahun 2022 jumlahnya terbatas,” tegasnya.

Dirinya berjanji pada tahun 2023 cakupan tersebut akan ditingkatkan kembali menjadi 400 dosis sesuai target yang diberikan kepada Puskeswan Pandeglang tahun ini.

Ade Setiawan menjelaskan, tujuan pelayanan vaksinasi rabies sangat penting yakni sebagai upaya meningkatkan kesadaran, meningkatkan pengendalian dan meningkatkan pencegahan Penyakit Rabies di Kabupaten Pandeglang serta dalam rangka mendukung Provinsi Banten Bebas Rabies tahun 2030. “Utamanya meningkatkan pencegahan penyakit rabies di Kabupaten Pandeglang,” tuturnya.

Tahun 2022 jelas Ade, kegiatan vaksinasi difokuskan pada moment Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) dilaksanakan di wilayah kerja Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan).

“Lokasi pelaksanaan vaksinasi rabies gratis tahun 2022 adalah Puskeswan Pembantu Cibaliung 27-28 September 2022, Puskeswan Pembantu Menes 29-30 September 2022 dan Puskeswan Pembantu Labuan 03-04 Oktober 2022 serta UPT Puskeswan dan Kesmavet di Kecamatan Karangtanjung,” jelasnya.

Adapun puncak pelaksanaan kegiatan Hari Habies Sedunia di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) dipusatkan di Puskeswan Pembantu Kecamatan Labuan pada Senin 3 Oktober 2023 dihadiri antara lain oleh Seluruh Pegawai UPT Puskeswan dan Kesmavet, Perwakilan Polsek Labuan, Koordinator BPP Kecamatan Labuan dan para penyuluh, Masyarakat pemilik hewan kesayangan di wilayah Kecamatan Labuan dan sekitarnya.

Tim Vaksinator dalam pelaksanaan Vaksinasi Massal dalam rangka Hari Rabies Sedunia tahun 2022 adalah 12 tenaga teknis yaitu Drh. Hj. Ade Nurhasanah, Drh. Anisah Nurfitriana, Drh. Zakiah Saumi, Khaerudin Kurniawan, A.Md, Drh. Noura Ahraeny, Dea Tastiara, A.Md, Drh. Yuyun Fathonah, Dini Nurmala Sari, A.Md, Drh. Ike Yuniarni, Drh. Binarta, Een Nuraeni, S.Pt dan Aden Jamaksari, S.Pt

“Sebelum pelaksanaan vaksinasi rabies gratis, UPT Puskeswan Kabupaten Pandeglang mengadakan Kampanye Hari Rabies Sedunia 2022 yang dilaksanakan melalui Siaran Radio Talkshow pada Selasa 27 September 2022 di Radio Krakatau Labuan dengan narasumber yaitu drh. Noura Ahraeny selaku Penanggungjawab Puskeswan Pembantu Labuan bersama Kepala UPT Puskeswan Pandeglang,” imbuhnya

Kepala Puskeswan Kabupaten Pandeglang Ade Setiawan mengkampanyekan pencegahan rabies melalui talkshow di radio dalam rangka meningkatkan kesadaran pemilik hewan penular rabies untuk divaksinasi rabies

Ade mengatakan, selama pelaksanaan HRS jumlah total hewan penular rabies (HPR) yang divaksinasi sebanyak 150 ekor dengan perincian anjing 66 ekor, Otter 1 ekor, kucing 73 ekor, Kera 8 ekor serta musang sebanyak 2 ekor.

“Berdasarkan lokasinya, pelaksanaan vaksinasi rabies tahun 2022 mencakup 4 wilayah Puskeswan yakni Puskeswan Pembantu Cibaliung, Labuan, Menes dan di UPT Puskeswan Pandeglang,” kata Ade.

Cakupan pelayanan vaksinasi rabies di Puskeswan Pembantu Menes sebanyak 28 dosis dengan perincian vaksinasi terhadap kucing 21 ekor, kera/monyeh 4 ekor dan anjing sebanyak 3 ekor dengan sebaran wilayah HPR yang dijangkau sebanyak 3 kecamatan yakni Menes (20 ekor), Saketi (7 ekor) dan Kecamatan Cikedal (1 ekor)

Cakupan pelayanan vaksinasi rabies di Puskeswan Pembantu Cibaliung sebanyak 61 dosis dengan perincian vaksinasi terhadap kucing 6 ekor, kera/monyeh 4 ekor dan anjing sebanyak 51 ekor dengan sebaran wilayah HPR yang dijangkau sebanyak 4 kecamatan yakni Cigeulis (8 ekor), Cimanggu (10 ekor), Cibaliung (7 ekor) dan Kecamatan Sumur (36 ekor)

Cakupan pelayanan vaksinasi rabies di Puskeswan Pembantu Labuan sebanyak 40 dosis dengan perincian vaksinasi terhadap kucing 25 ekor dan anjing sebanyak 12 ekor serta Musang 2 ekor dengan sebaran wilayah HPR yang dijangkau sebanyak 6 kecamatan yakni Carita (18 ekor), Labuan (12 ekor), Sobang (4 ekor), Panimbang (3 ekor) Menes (2 ekor) dan Kecamatan Cisata (1 ekor)

Sedangkan cakupam pelayanan vaksinasi rabies di wilayah kerja UPT Puskeswan dan Kesmavet sebanyak 21 dosis semuanya adalah kucing dengan jangkauan sekitar wilayah kerja Kecamatan Kota Pandeglang diantaranya Cadasari, Majasari dan Kecamatan Banjar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image