Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wulan Rahmayanti

5 Tips Bijak dalam Berbelanja Online

Edukasi | Wednesday, 25 Jan 2023, 20:09 WIB
Sumber : dokumen pribadi (Canva)

5 TIPS BIJAK DALAM BERBELANJA ONLINE

Oleh : Wulan Rahmayanti

Di era digital belanja online sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan baik itu remaja, dewasa, dan orang tua. Fitur-fitur yang tersedia memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada penguna, disamping bisa menghemat waktu, belanja online dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Hampir disetiap smartphone mempunyai aplikasi-aplikasi yang menunjang untuk berbelanja online, mulai dari shopee, lazada, tokopedia, blibli dll.

Menurut Gubernur BI Ferry Warjiyo mengatakan Sebagai perbandingan, nilai transaksi uang elektronik tumbuh 30,84 persen tahun lalu, dibandingkan tahun 2021 yang mencapai Rp 399,6 triliun. Nilai transaksi digital banking pada 2022 juga meningkat 28,72 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp 52.545,8 triliun. Peningkatan transaksi ekonomi dan keuangan digital didorong oleh naiknya preferensi masyarakat terutama dalam berbelanja online, pembayaran digital banking yang mudah dan sebagainya.

Disamping banyaknya kemudahan yang diberikan, belanja online tentunya terdapat dampak yang dihasilkan, terkadang tidak semua masyarakat dapat bijak dalam menggunakan aplikasi online. Perilaku kebiasaan dan gaya hidup saat ini yang sangat cepat berubah dan relatif sangat singkat.

Pengaruh globalisasi terhadap teknologi memberikan kecepatan informasi sampai kepada masyarakat dengan cepat. Tidak heran bila perilaku konsumtif yang dilakukan masyarakat sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat saat ini. Perilaku konsumtif adalah kebiasaan membelanjakan uang tanpa berfikir matang apakah barang yang akana dibeli merupakan keinginan atau kebutuhan. Perilaku konsumtif dapat mucul karena faktor internal dan faktor eksternal. untuk itu masyarakat perlu bijak dalam berbelanja online. Berikut 5 tips bijak dalam berbelanja online.

1. Bedakan kebutuhan dengan keinginan

Sebagian dari kalangan masyarakat masih banyak yang belum bisa membedakan mana keinginan dan kebutuhan, sehingga masih banyak yang mengira antara keinginan dan kebutuhan disamakan. Padahal jelas berbeda dari segi urgent atau tidaknya barang tersebut diperlukan. Untuk itu perlu dibedakan mengenai kebutuhan yang sifatnya mendesak atau hanya mengikuti keinginan belaka.

2. Buat perencanaan belanja Bulanan

Planning finansial sangat penting untuk dilakukan, karena mengatur pengelolaan secara maksimal akan membantu untuk bisa terhindar dari perilaku konsumtif dan terhindar dari hutang. Perencanaan belanja yang baik akan lebih bijak dalam mengelola keuangan, mengelola kebutuhan, tabungan dan lainnya. Untuk itu perlu membuat perencanaan belanja bulanan, sehingga diluar dari data perencanaan yang ada, kita pasti akan memprioritaskan yang dibutuhkan Perencanan bisa dilakukan dengan menggunakan tabel kebutuhan dan tabel keinginan, sehingga kita dapat dengan mudah memprioritaskan barang yang akan dipenuhi.

3. Pilih waktu yang tepat untuk berbelanja

Waktu yang tepat sangat penting untuk diperhatikan apalagi belanja mengunakan e-commerce, pemilihan waktu yang tepat dapat menghemat biaya yang dikeluarkan karena banyaknya fitur-fitur menarik yang diberikan online shop bisa berupa gratis ongkir, cashback,dan promo diskon besar-besaran lainnya, sehingga alokasi keuangan yang ada dapat digunakan untuk kebutuhan yang lainnya.

4. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah

Banyak sekali online shop yang menawarkan barang barang dengan harga yang tidak wajar, dengan memberikan diskon yang sangat besar, kuantitas yang banyak dan lainnya. banyak sekali penipuan-penipuan yang beredar dengan memberikan harga yang miring atau kualitas barang yang diberikan tidak maksimal. Untuk itu perlu diperhatikan online shop yang akan kita pilih dengan melihat dari ulasan pengguna, toko yang terpercaya dan rating toko yang tertera.

5. Disiplin terhadap perencanaan finansial yang telah dibuat

Disiplin terhadap perencanaan yang telah dibuat merupakan kebijakan yang bisa membantu menekan berbagai keinginan-keinginan yang sifatnya konsumtif. Perencanaan yang baik tentunya membutuhkan kedisiplinan untuk merealisasikan dan untuk mengupayakan perencaanaan yang telah dibuat. Rencana tanpa aksi tentu akan menjadi sebuah wacana, untuk itu disiplin terhadap perencanaan alokasi finansial sangat diperlukan.

Belanja online memang sangat banyak memberikan kemudahan jika kita bijak dalam penggunaannya, maka dari itu bijak dalam berbelanja online sangat diperlukan supaya kita terhindar dari perilaku konsumtif dan pemenuhan gaya hidup belaka, utamakan kebutuhan bukan keinginan, itulah 5 tips bijak dalam berbelanja online yang bisa kita terapkan.

Referensi :

Andira Sari, Chacha : 2015.Perilaku Berbelanja Online Dikalangan Mahasiswi Antropologi Airlangga AntroUnairdotNet, Vol.IV/No.2/Juli 2015, hal 205

Apa Itu Konsumtif? Ini Dampak dan Faktor yang Memengaruhinya (majoo.id)

https://infokomputer.grid.id/read/123668121/transaksi-uang-elektronik-diprediksi-tembus-rp495-triliun-tahun- (diakses tanggal 25 Januari 2023 )

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image