Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Marcomm BMM

PT SMI Bersama BMM Bangun MCK dan Sarana Air Bersih untuk Penyintas Gempa Pasaman Barat

Filantropi | Wednesday, 25 Jan 2023, 08:48 WIB
Peresmian MCK dan SAB di Jorong Timpo Abu, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat (18/1).

Pasaman Barat - PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) membangun fasilitas umum Mandi Cuci Kakus (MCK) dan Sarana Air Bersih untuk masyarakat penyintas gempa di Jorong Timbo Abu, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat. Peresmian dilakukan di lokasi pembangunan pada Rabu (18/1).

Rusaknya berbagai fasilitas umum yang dimiliki masyarakat khususnya MCK warga akibat gempa bumi pada awal tahun 2022 lalu, menjadi latar belakang dibangunnya MCK dan Sarana Air Bersih di kawasan tersebut. Mengingat air merupakan kebutuhan dasar warga dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Setidaknya telah terbangun 4 pintu MCK dilengkapi dengan sarana air bersih dan tempat wudhu dengan nilai bantuan sebesar Rp 237.000.000 yang akan digunakan untuk kebutuhan MCK dan wudhu untuk 100 warga Jorong Timbo Abu. Sumber air yang digunakan untuk menunjang kebutuhan MCK dan Sarana Air Bersih, mengalir langsung dari gunung Talamau dengan sistem gravitasi.

Peresmian tersebut dihadiri oleh beberapa pihak dari Pemerintah Daerah Pasaman Barat diantaranya, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Perwakilan Camat Talamau, Wali Nagari hingga Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman.

Serah Terima Sarana Air Bersih dan MCK Komunal Pasaman Barat

Muhammad Sapuri, Perwakilan PT SMI mengungkapkan “Semoga fasilitas yang telah dibangun ini dapat terus dijaga oleh masyarakat sekitar sehingga dapat memberikan manfaat yang panjang,” ungkap Sapuri.

Jahidin, Kepala Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan BMM mengungkapkan harapan dan rasa syukurnya karena MCK dan Sarana Air Bersih telah rampung pembangunannya dan kini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

“Pembangunan ini dilakukan agar masyarakat terdampak gempa di Pasaman Barat, khususnya di Jorong Timbo Abu dapat memenuhi kebutuhan dasar, yaitu MCK dan air bersih. Lokasinya juga berdekatan dengan masjid dan Madrasah Diniyah, sehingga dapat menjadi penunjang sarana ibadah warga sekitar,” ungkap Jahidin.

Zulkarnain, Perwakilan BPBD Pasaman Barat mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada BMM dan PT SMI “Alhamdulillah sekarang warga kami punya MCK untuk membantu kebutuhan air bersih. InsyaAllah sangat bermanfaat dan akan dimaksimalkan untuk kebutuhan disini” tutur Zulkarnain.

Kami ucapkan terima kasih kepada PT SMI, masyarakat Pasaman Barat, jajaran pemerintahan Pasaman Barat hingga semua pihak yang terlibat dalam pembangunan MCK dan SAB ini. Semoga dengan dibangunnya MCK dan SAB ini dapat menimbulkan dampak yang besar dan luas untuk kebutuhan serta dapat meningkatkan pola hidup sehat masyarakat Jorong Timbo Abu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image