Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image kkn selotapak

Tingkatkan Kepedulian Anak Terhadap Tanaman dengan Bercocok Tanam

Edukasi | Tuesday, 24 Jan 2023, 21:28 WIB
Foto bersama mahasiswa KKN dan anak-anak TK
Foto bersama mahasiswa KKN dan anak-anak TK

Pada (24/01/23) mahasiswa kelompok 34 KKN-P UMSIDA 2023 mengadakan pelatihan monitorik kepada anak-anak TK Dharma Wanita Desa Selotapak dengan mengajak bercocok tanam. Kegiatan ini dilakukan di luar ruangan dengan tujuan mengenalkan proses menanam kepada anak-anak, karena kegiatan ini biasanya disukai oleh anak-anak usia dini.

Kegiatan mengenalkan bercocok tanam kepada anak sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa dan seni juga sosial dan emosional anak. Selain itu bertujuan untuk memberi kesempatan anak untuk mengamati proses tumbuh dan berkembangnya suatu tanaman yang harus dijaga dan dirawat.

Kegiatan ini diikuti oleh 19 anak yang terdiri dari TK A dan TK B. Diawali dengan penjelasan mengenai cara bercocok tanam yang benar oleh perwakilan anggota KKN kelompok 34, kemudian masing-masing anak diminta untuk mempraktikannya secara langsung dimulai dari memasukkan bibit tanaman ke dalam pot lalu ditambahkan dengan pupuk organik. Setiap anak-anak didampingi oleh mahasiswa agar anak-anak dapat melakukan kegiatan bercocok tanam dengan benar.

Dengan diadakan kegiatan bercocok tanam ini, kami berharap agar setiap anak di Desa Selotapak mampu meningkatkan keterampilan dan minat anak TK terhadap dunia pertanaman. Serta meningkatkan ilmu pengetahuan anak mengenai tanaman.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image