Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AA Pribadi

Eklipse, AI Highlight Generator: Bikin Klip Dari Video Streaming Secara Otomatis!

Teknologi | Tuesday, 24 Jan 2023, 16:05 WIB

Kunci untuk menjadi seorang game streamer yang sukses selain punya skill main game yang nggak kaleng-kaleng, kamu juga harus konsisten dalam membuat konten.

Tapi, nggak hanya soal seberapa banyak konten yang bisa kamu sajikan untuk penonton, kualitas dari video-video yang kamu buat pun penting untuk menjaring penonton. Sayangnya, untuk membuat video yang menarik sekaligus bisa mempromosikan channel-mu pasti bakal memerlukan banyak waktu dan energi.

Padahal, di sisi lain waktu kamu juga sudah banyak digunakan untuk streaming yang biasanya memakan 3 hingga 4 jam lamanya. Sudah keburu capek duluan kan, geng?

Eits, tapi tenang saja, geng, karena Eklipse hadir sebagai solusi terbaik untuk membuat video yang keren tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Eklipse merupakan salah satu AI video generator yang menawarkan layanan otomatis untuk edit video. Bahkan, Eklipse juga menawarkan banyak fitur-fitur menarik yang bisa kamu gunakan agar videomu semakin ciamik, loh!

Penasaran dengan cara kerja Eklipse? Yuk, cek langsung artikel di bawah ini biar cita-cita kamu jadi streamer beken semakin dekat!

Apa Itu Eklipse?

Eklipse adalah perangkat lunak yang digerakkan oleh kecerdasan buatan (AI), yang mampu menangkap klip video atau highlights dari video game stream secara otomatis.

Momen-momen keren dalam game seperti momen kill dalam Call of Duty, clutch di Valorant, victory royale dalam Fortnite, atau momen champion pada game Apex Legends, semua bisa kamu dapatkan hanya dalam beberapa klik!

Jadi, kamu nggak perlu lagi memotong video streaming-mu menjadi beberapa bagian secara manual. Eklipse bisa melakukannya untukmu.

Selain itu, Eklipse juga punya fitur menarik lainnya yakni mengubah cuplikan video yang sudah kamu buat menjadi video dengan format vertikal yang cocok untuk TikTok, Reels, atau pun YouTube Shorts

Sekarang, kalau mau posting konten gaming di TikTok atau video pendek lainnya bakalan lebih mudah nih, geng! Nggak perlu capek-capek ngedit lagi, deh!

https://eklipse.gg/)  " />
Eklipse AI (Dok: https://eklipse.gg/)

Bagaimana Cara Kerja Teknologi AI Pada Eklipse?

Teknologi AI yang digunakan pada Eklipse menggunakan sistem Optical Character Recognition atau OCR.

Sistem OCR ini membantu Eklipse untuk menganalisa dan mengambil momen terbaik dari sebuah gameplay di dalam stream secara presisi. Nah, kamu pasti penasaran kan bagaimana cara menggunakan Eklipse? Berikut tutorial singkatnya.

1. Bikin akun baru di Eklipse.gg (atau login menggunakan akun Facebook atau Twitch).
2. Sambungkan akun streaming-mu dengan Eklipse (YouTube, Twitch, Facebook, TikTok, atau Discord).
3. Lalu, Eklipse akan secara otomatis memuat video stream pengguna.
4. Temukan video yang ingin kamu edit pada opsi Clips.

Nantinya, teknologi AI di Eklipse akan bekerja secara otomatis di server untuk menganalisa momen-momen dari stream milikmu, lalu memotongnya menjadi klip-klip video berdurasi pendek.

Ingin klip videomu terlihat lebih menarik dan nggak membosankan? Tenang! Eklipse memberikan banyak pilihan tema untuk TikTok loh, geng. Kamu bisa pilih manapun yang kamu suka. Bahkan, kamu juga bisa menambahkan musik dan fitur auto-caption pada videomu. Keren banget, kan?

Fitur Tools AI Eklipse

Aplikasi Eklipse memiliki tiga fitur utama yang sangat mempermudah proses pembuatan konten buat para livestreamer game. Fitur-fitur tersebut antara lain:

1. AI highlights generator

Fitur ini memungkinkan streamer untuk membuat konten klip video berdurasi pendek tanpa harus melakukan proses video editing manual yang memakan waktu.

Streamer tinggal sambungin akun livestreaming, seperti YouTube, Facebook Gaming, atau Twitch. Setelah itu, kamu hanya perlu streaming seperti biasa. Nantinya, Eklipse bakal memotong-motong stream berdurasi panjang jadi beberapa klip video berdurasi pendek secara otomatis.

Buat yang nggak terlalu mahir dalam hal editing juga nggak perlu khawatir, karena semuanya bisa dilakukan oleh Eklipse.

https://eklipse.gg/)  " />
Fitur ubah video dari Twitch ke TikTok secara otomatis (Dok: https://eklipse.gg/)

2. AI montage maker bernama Weekly Showcase.

Selain bisa menciptakan klip video highlight berdurasi pendek di bawah 1 menit, teknologi AI dari Eklipse juga bisa merangkum seluruh momen livestreaming game kamu lewat fitur Weekly Showcase.

Kamu cukup nyalakan fiturnya di Settings, dan pilih durasi video, mulai dari 1 - 5 menit.

Nantinya, setiap akhir pekan, AI akan secara otomatis menciptakan kompilasi klip video terbaik sesuai dengan durasi yang kamu pilih.

3. TikTok Converter.

Fitur ini memungkinkan para streamer mengubah konten video apapun menjadi format TikTok yang berbentuk vertikal semudah menjentikkan jari.

Eklipse menyediakan puluhan template dan beberapa kemampuan editing, seperti auto subtitle atau kemampuan untuk menempel stiker nama channel kamu di video.

Menariknya lagi, semua fitur aplikasi Eklipse tersedia dan dapat digunakan secara gratis, hanya dengan modal browser saja.

Sangat cocok apabila kamu baru merintis menjadi livestreamer game, dan belum memiliki PC dengan spesifikasi tinggi.

Keunggulan Eklipse

Seperti yang sudah dijelaskan, Eklipse bekerja dengan menggunakan teknologi AI. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan Eklipse. Teknologi AI ini memungkinkan kita membuat sebuah konten tanpa proses manual.

Keunggulan lainnya adalah, Eklipse merupakan software berbasis-web. Dengan begitu, kamu tidak perlu PC berspesifikasi tinggi untuk mengedit sebuah video menggunakan Eklipse. Nggak hanya itu saja, bahkan kamu nggak perlu menginstal aplikasi apapun untuk bisa merasakan fitur-fiturnya.

Semua proses pengeditan video dilakukan di server. Jadi, PC kamu tidak dibebani sama sekali dan kamu bisa melakukan livestreaming game secara bebas.

Yang lebih menarik lagi, semua fitur canggih Eklipse bisa kamu rasakan secara gratis loh, geng! Namun, apabila kamu ingin mencoba fitur-fitur lain yang lebih oke, seperti proses durasi stream yang lebih panjang dan lebih sering, kamu bisa mencoba fitur Premium.

Jika kamu berlangganan fitur Premium, hasil streammu juga bakal diprioritaskan supaya bisa bikin lebih banyak konten dalam jangka waktu yang lebih cepat. Yakin nggak mau coba?

https://eklipse.gg/)" />
Fitur ubah video streaming ke tiktok secara otomatis (Dok: https://eklipse.gg/)

Testimoni Pengguna

Dengan berbagai fitur canggih dan menarik yang dimilikinya, aplikasi Eklipse telah digunakan dan dipercaya oleh banyak livestreamer game di seluruh dunia.

Salah satunya adalah Kilo019, seorang game streamer di Twitch yang telah lama menggunakan Eklipse.

Ia mengatakan bahwa membuat konten klip video dari stream jadi amat sangat mudah dengan menggunakan Eklipse.

Walaupun ia sedang berada di luar rumah dan tidak di depan komputernya, aplikasi Eklipse tetap bekerja di belakang layar untuk memproses video livestream miliknya menjadi potongan klip berdurasi pendek yang cocok untuk sosial media.

Kesimpulan

Nah, itu tadi segala fitur dan keunggulan Eklipse yang harus kamu tahu. Tentunya dengan adanya teknologi AI dan otomatisasi proses editing pada Eklipse akan sangat membantu streamer dalam pembuatan konten, kan?

Dengan Eklipse, kamu bisa menghemat lebih banyak waktu tanpa mengurangi kuantitas dan kualitas videp klipmu. Gimana? Semakin tertarik untuk mencoba fitur-fiturnya secara langsung?

Cek laman eklipse.gg untuk mencoba Eklipse sekarang secara gratis! Yuk, tunggu apa lagi?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image