Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jhon

Semakin ANDAL, Aplikasi MyBluebird akan semakin mudah digunakan

Mobil | Tuesday, 24 Jan 2023, 15:31 WIB

Perkembangan teknologi digital berbanding lurus dengan perubahan perilaku konsumen di era modern ini, Bluebird sebagai perusahaan penyedia layanan mobilitas terdepan melanjutkan transformasi digitalnya demi memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan. Sesuai visi dari Layanan Bluebird Group yaitu ANDAL (Aman, Nyaman, Mudah, dan Personal), Bluebird Group secara berkelanjutan berupaya menciptakan berbagai inovasi dalam berbagai layanannya termasuk dalam hal metode pemesanan dengan memperluas akses konsumen ke layanan Bluebird Group.

Di awal tahun ini, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Sigit Djokosoetono menyampaikan persiapan Bluebird untuk meluncurkan pembaruan generasi keenam aplikasi MyBluebird yang akan segera diluncurkan pada akhir bulan Januari. Versi terbaru ini akan menghadirkan lebih banyak kemudahan melalui berbagai macam pembaruan fitur yang mendukung kemudahan pemesanan, kemudahan pembayaran, dan berbagai solusi mobilitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

"Dengan semakin berkembangnya zaman yang membuat pola perilaku dan kebutuhan konsumen semakin cepat berubah. Hal ini membawa semangat bagi Bluebird untuk terus mengembangkan fitur layanan guna menghadirkan layanan mobilitas yang aman, nyaman, mudah dan dapat diandalkan."

Peluncuran aplikasi berbasis digital telah dilakukan oleh Bluebird pada tahun 2011 pada platform Blackberry. Hal ini menjadi cikal bakal aplikasi MyBluebird yang ditujukan untuk memudahkan reservasi taksi Bluebird dan Silverbird yang kini dapat diunduh pada berbagai ponsel pintar berbasis Android dan IOS.

Salah satu fitur unggulan pada aplikasi MyBluebird adalah Easy Ride yang menjadi pembeda sejak pertama kali diluncurkan secara resmi di sistem android dan IOS pada tahun 2016. Fitur ini menghadirkan kemudahan ekstra bagi pelanggan untuk mengkonversi pesanan street hailing menjadi online booking sehingga pengguna mendapatkan kemudahan transaksi melalui beragam jenis pembayaran non-tunai yang tersedia di aplikasi MyBluebird. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan data perjalanannya bersama Bluebird sehingga mereka memiliki pendataan transaksi dan perjalanan yang lebih transparan.

Dengan kemudahan yang ditawarkan pada fitur Easy Ride, pada tahun ini Bluebird akan melakukan pengembangan pada fitur ini dengan penyematan nama baru, yaitu EZPay di pembaruan aplikasi MyBluebird yang akan diluncurkan pada akhir Bulan Januari ini.

"Fitur ini juga menjadi andalan kami, mengingat visibilitas yang tinggi dari armada Bluebird serta tersebarnya pangkalan-pangkalan Bluebird yang dapat ditemui oleh masyarakat. Pada tahun ini, kami akan mengembangkan fitur ini untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna Bluebird.” ujar Sigit.

Terkait sistem pembayaran, Sigit menegaskan bahwa Bluebird berinovasi dengan tujuan untuk memudahkan pengguna untuk menikmati perjalanan bersama Bluebird. Oleh sebab

itu, dalam aplikasi MyBluebird, Bluebird tidak mengenakan platform fee ataupun biaya tambahan lain di luar biaya yang ada di perjalanan bersama Bluebird.

"Sejak awal kami beroperasi, kami meyakini bahwa kepercayaan adalah hal yang penting untuk didapatkan dan dipertahankan. Melalui nilai integritas kami menjunjung transparansi sebagai agenda utama di dalam visi keberlanjutan perusahaan, yang kami sebut BlueCorps. Melalui pilar BlueCorps, Bluebird berkomitmen untuk menjalankan bisnis dengan mematuhi tata kelola perusahaan yang berkelanjutan," tambah Sigit.

Hingga saat ini, Bluebird telah menyematkan fitur Internet of Things (IoT) yang terdapat pada layar monitor kecil di dalam armada Bluebird. Layar tersebut memiliki fungsi untuk penunjuk argometer, informasi armada, serta informasi pengemudi yang bertugas. Layar tersebut juga digunakan pengemudi untuk memasukan biaya ekstra di dalam perjalanan jika terdapat biaya parkir atau jika pengguna melewati jalan tol yang menggunakan uang elektronik pengemudi Bluebird. Pengguna juga dapat melihat secara langsung besaran biaya ekstra dan pengemudi akan meminta izin untuk memasukan biaya ekstra tersebut. Kini, layar tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi melalui QRIS, dimana pengguna hanya tinggal meminta pengemudi untuk mengeluarkan QRIS dari layar IOT armada Bluebird dan Silverbird.

Sementara itu, sejak tahun 2021 perkembangan pengguna MyBluebird mengalami peningkatan yang cukup pesat hingga 3 kali lipat di tahun 2022. Sedangkan dalam hal sosialisasi aplikasi tersebut, Bluebird berupaya mendekatkan pengalaman mobilitas yang andal dari MyBluebird melalui berbagai macam kanal yang relevan dengan pengguna kami. Bluebird juga terbuka dalam hal kolaborasi untuk mengusung semangat dalam menghadirkan kemudahan dalam bermobilitas. Masyarakat juga dapat melihat berbagai macam promo menarik yang diinformasikan melalui media sosial Bluebird di Instagram, YouTube, Twitter, TikTok, dan website resmi perusahaan.

"MyBluebird menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan ekstra melalui fitur-fitur yang akan kami luncurkan pada pembaruan aplikasi. Fitur-fitur tersebut memberikan kemudahan dalam hal pemesanan, transaksi hingga kemudahan dalam memilih beragam layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perjalanan masyarakat Indonesia."

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image