Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ellie Umi

Kembalikan Fungsi Masjid

Agama | Sunday, 22 Jan 2023, 21:16 WIB
Masjid Al Jabbar merupakan bangunan ibadah yang saat ini sedang digemari dan dikunjungi banyak orang. Mesjid yang telah diresmikan pada 30 Desember 2022 lalu ini menjadi ikon baru di kota Bandung. Gayanya yang menampilkan kemegahan dan keunikan membuat orang-orang dari berbagai daerah pun berdatangan untuk berkunjung.

Sayangnya, masjid yang sejatinya tempat beribadah umat Islam, dijadikan tempat wisata oleh sebagian orang. Bahkan akhir akhir ini muncul keresahan baru yakni menjadikan mesjid sebagai tempat untuk membuat konten. Dalam video yang beredar tersebut, ada 6 orang ibu-ibu joget dengan empat diantaranya sembari duduk di kursi yang sebenarnya diperuntukan untuk lansia atau disabilitas yang hendak shalat.

Aksi tak pantas itu sungguh bertentangan dengan fungsi masjid sesungguhnya. Beberapa ayat dalam Al-Qur’an yang menyebutkan bahwa fungsi masjid adalah sebagai tempat yang didalamnya banyak menyebut nama Allah (tempat berdzikir), tempat beri’tikaf, tempat beribadah (shalat), juga berfungsi sebagai sarana pendidikan umat dan pengembangan dakwah Islam. Maka tak semestinya mesjid dijadikan tempat destinasi wisata apalagi tempat membuat konten media sosial.

Eli Supriatin

(Bandung, Jawa Barat)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image