Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supadilah

Kolaborasi Siswa dan Guru dalam Kegiatan Sekolah

Eduaksi | Sunday, 22 Jan 2023, 12:24 WIB
Sumber foto: Canva Edukasi

"Besok bisa ke sekolah?"

"Lha, bukannya libur, Pak?"

"Iya, betul, libur. Di sekolah ada kegiatan observasi untuk siswa baru. Banyak guru terlibat dalam kegiatan itu. Sekolah butuh orang untuk dokumentasi. Kamu bisa bantu?"

"Kerjanya apa, Pak?"

"Mendokumentasikan. Memfoto dan memvideokan kegiatan besok. Tapi kalau sekalian pakai handphone kamu bisa? Biasanya handphone siswa bagus-bagus. Lebih keren dari handphone guru,"

"Oh, baik Pak. Sepertinya bisa,"

"Kalau ajak teman bisa? Siapa ya kira-kira? Biar semakin banyak pilihan dokumentasinya. Biar semakin lengkap pula."

"Ya udah, Pak. Saya ajak teman ya."

Sering dalam kegiatan sekolah saya meminta bantuan kepada siswa. Mereka anak-anak digital. Dalam urusan seperti ini mereka lebih pintar dari guru.

Mereka tahu teknik memfoto, mengambil video, dan editing video. Sebab dunianya adalah dunia digital.

Observasi siswa baru 2023 kami melibatkan siswa. Ada dua orang yang membuat dokumentasi. Mereka bekerja dengan baik. Setiap momen mereka dokumentasikan mulai dari pendaftaran, tes tulis, tes baca Al Quran, wawancara, mengukur seragam, dan lainnya.

Kolaborasi seperti ini banyak manfaatnya. Salah satunya adalah memanfaatkan potensi siswa dalam dunia digital. Mereka punya banyak skill yang bisa diasah sehingga memberikan pengalaman dan karya bermanfaat untuk mereka juga. Ya siapa tahu mereka jadi content creator sukses yang jadi pekerjaan atau profesi mereka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image