Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhamad Ramdani

Pancasila Era Masa Kini di Kalangan millenial

Guru Menulis | Thursday, 19 Jan 2023, 16:49 WIB

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila di bulan juni 1945 yang dipidatokan Ir Soekarno. Perdebatan yang hampir membuat Indonesia bagian timur memisahkan diri dari Negara ini, namun karena kuatnya rasa persatuan, akhirnya keinginan tersebut hanya menjadi niatan saja.

Bangsa Indonesia dengan segenap potensi yang ada, merupakan bangsa yang besar dan kaya, sumber daya alam yang banyak bahkan dikatakan melimpah, membuat negara ini menjadi primadona cantik untuk negara-negara lainnya. Bahkan dalam lirik salah satu band legend dan lawas “Koesploes” dalam lagunya yang berjudul Kolam susu digambarkan jelas dalam liriknya, bagaimana kaya dan suburnya negeri ini.

Dokumentasi Sijori.Id

Kebesaran bangsa Indonesia dengan segala sumber dayanya itu sangat rentan menjadi negara yang hancur dan gagal. Karena Indonesia pada dasarnya merupakan negara yang memiliki perbedaan dari segala bidang. Keanekaragaman baik dari suku, agama, maupun golongan sangat mudah memicu terjadinya disintegrasi bangsa.

Globalisasi adalah proses mendunia dari segala hal, ini berdampak kepada pesatnya perkembangan tekonologi yang menjadikan semua kebudayaan luar gampang dan cepat masuk ke negara kita. Ini tentunya mendatangkan hal positif dan negative. Hal yang dikhawatirkan adalah lunturnya pemahaman ataupun latar belakang para generasi muda terhadap paham ideologinya sendiri. Demam K-pop hampir menjamur di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Candunya generasi millennial terhadap menjamurnya K-pop ini, tentu tidak hanya menggemari musiknya saja, bahkan fashion tak dipungkiri adat istiadatnya juga. Bukan hanya itu, efek dari globalisasi ini terlihat dari buruknya pengaruh HP pada millennial, bis akita lihat sikap individualis lebih terlihat daripada sosialisnya, mereka lebih sering menghabiskan waktu sendiri Bersama gadgetnya daripada sekedar haha hihi bersama temannya. Bahkan jika kita saksikan di beberapa tongkrongan anak muda, mereka berkumpul sambil bermain HP artinya focus mereka memang dengan kesenangan masing masing atau bersifat individualis

Pancasila adalah ciri khas bangsa kita, bangsa yang terkenal dengan keramahannya dan pribadi bangsa yang mengedepankan gotong royong. Dari hal tersebut tentunya Pancasila mengamanatkan persatuan, kesatuan serta keserasian dan harmonis dalam kesehariannya. Untuk itu nilai nilai Pancasila memang sudah sseharusnya menjadi poin penting dalam setiap hal kegiatan yang dilakukan. Dunia Pendidikan saat ini saya sangat mengapresiasi bagaimana ikhtiar pemerintah kita untuk mengenalkan dan menjadikan Pancasila sebagai hal mendasar dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Project Pelajar Pancasila atau yang dikenal dengan kegiatan P5 adalah bentuk nyata pemerintah mengenalkan dan menjadikan Pancasila sebagai hal yang wajib diketahui dan diamalkan pada setiap kegiatan di sekolah.

Semoga Langkah upaya ini menjadikan hal yang sangat berharga dan ajang bagi generasi millennial di era globalisasi ini untuk mengenalkan Pancasila kepada dunia luar dengan gadgetnya, mengamalkan Pancasila pada kesehariannya dan mencirikan Pancasila sebagai identitas nya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image