Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alifia Melfitara

Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Digital

Eduaksi | Thursday, 12 Jan 2023, 15:07 WIB
https://www.google.com/search?q=pendidikan+agama+islam&rlz=1C1ONGR_enID1040ID1040&sxsrf=AJOqlzWmMEijVhkKHdQgKAsCjn2hM0gqcQ:1673510701486&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwim6Y6XycH8AhX_UWwGHRIlDL0Q_AUoAXoECAEQAw&biw=1366&bih=649&dpr=1

Perkembangan zaman yang terjadi saat ini sangat berpengaruh di berbagai sektor kehidupan manusia, tidak hanya masuk di ranah ekonomi saja melainkan sosial, budaya dan juga Pendidikan memberikan dampak yang sangat besar terutama di Pendidikan berbasis islam. Dalam dunia Pendidikan Islam perubahan ini juga diiringi berbagai macam tantangan diantaranya adalah peserta didik dengan mudah mengakses situs di internet tanpa adanya pengawasan dari orang tua, tapi Pendidikan Islam di era digital juga tergolong baik karena siswa dengan mudah bisa mengakses pembelajaran yang tersedia di internet.

Pendidikann Islam di era digital sangat baik. Karena sarana penyampaian tentang materi pendidikan keagamaan jadi lebih mudah karena bisa di akses langsung melalui internet. Akan tetapi ini juga bisa menimbulkan problematika karena tidak semua sumber yang ada tentang materi pendidikan keagamaan di internet itu benar. Ada beberapa sumber yang belum jelas bahkan bisa di bilang menyesatkan oleh karena itu pendampingan atau edukasi terkait penggunaan internet sekarang ini pendidikan di era digital ini sangat perlu sekali karena sangat disayangkan bila banyak yang melenceng dari ajaran Islam yang kafah yang disebabkan oleh internet.

Maka dari itu peran guru PAI sangat dibutuhkkan dalam setiap tumbuh kembang anak. Didukung oleh peran orangtua dalam mencerdaskan anak bangsa, jadi tantangan pada era digital ini bisa sama-sama dilalui dan bisa memperbaiki kualitas Pendidikan islam. Siswa harus di edukasi tentang bagaimana penggunaan media yang tepat. System Pendidikan agama islam yang tradisional guru masih menjadi figure yang menyampaikan ilmu, pendidik masih sebagai sumber utama pembelajaran yang dilakukan dikelas. Namun seiring berjalannya waktu system Pendidikan agama islam juga kian berubah, sosok guru bukan hanya menjadi satu-aatunya sosok utama dalam pembelajaran melainkan juga bisa dari siswa guru hanya sebagai pendukung agar proses pembelajaran terlaksana dengan baik.

Era digital saat ini teknologi berkembang semakin canggih dan mengalami perubahan yang signifikan dan semuanya kian tersambung satu sama lain, transparan dan saling membutuhkan satu sama lain dan tidak ada sekat jika ingin berinteraksi dan mendapatkan informasi bahkan dari berbagai belahan dunia bisa dilakukan kapanpun. Lalu muncullah kesenjangan yang terjadi akibat dari kebebasan ini bagi Pendidikan agama islam yaitu anak dengan sangat mudah mengakses tontonan atau informasi yang tidak sesuai dengan pembelajaran bahkan sangat menyimpang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image