Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Program Panen Ilmu Mahasiswa UAD, untuk Tingkatkan Literasi Siswa

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 11 Jan 2023, 12:28 WIB
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ikuti KKN Kampus Mengajar di SD N 2 Karangduren, Klaten (Foto: Istimewa)

Navy Glenda Tariskova, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kampus Mengajar 4 di SD N 2 Karangduren, Klaten, menginisiasi program Panen Ilmu sebagai upaya untuk meningkatkan literasi siswa. Program tersebut berupa revitalisasi perpustakaan sekolah yang ditujukan untuk meningkatkan minat baca peserta didik.

Diketahui sebelumnya bahwa perpustakaan di sekolah tersebut memang sudah lama tidak beroperasi dengan baik. Hal itu kemudian menjadi salah satu penyebab dari rendahnya minat baca peserta didik terhadap buku bacaan. Kepala SD N 2 Karangduren Ismail, S.Pd. menilai bahwa program dari mahasiswa KKN tersebut sangat baik karena sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah saat ini.

“Saya setuju dan mendukung penuh program tersebut. Semoga dengan adanya mahasiswa Kampus Mengajar di sini dapat membawa sekolah ini jadi lebih maju, terutama dalam hal kemampuan literasi dan numerasi peserta didik,” terang Ismail.

Tidak hanya revitalisasi perpustakaan, Glenda bersama mahasiswa KKN lainnya juga mengadakan kegiatan literasi pagi sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Siswa diharuskan untuk membaca buku selama 15 menit kemudian mereka diminta untuk menuliskan ringkasan atas apa yang sudah dibaca. Kegiatan ini ditujukan agar peserta didik memiliki kebiasaan baik berupa gemar membaca buku.

Dengan program-program tersebut, diharapkan minat literasi para siswa dapat meningkat. Glenda dan rekan-rekan mahasiswa lainnya telah melaksanakan kegiatan Kampus Mengajar di SD N 2 Karangduren sejak 1 Agustus 2022 hingga 10 Desember 2022. Selama itu pula mereka berusaha mengembangkan berbagai inovasi kegiatan yang dapat menunjang kemajuan sekolah di berbagai aspek. (tsa/gln)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image