Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hery Setyawan

Resolusi Terbaik Bagi Guru

Guru Menulis | Wednesday, 04 Jan 2023, 19:30 WIB

Sudah menjadi hal yang lumrah di setiap pergantian waktu masing masing dari kita memiliki resolusi, berbagai perencanaan yang harus dilakukan selama satu tahun kedepan tentunya semua yang akan dilakukan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Ketika kita melihat definisi dari kata resolusi itu sendiri berarti suatu putusan atau kebulatan pendapat yang berupa permintaan ataupun tuntutan. Resolusi ini juga bisa dimaknai sebagai pernyataan tertulis yang berisi tuntutan tentang suatu hal untuk kepentingan pribadi.

Sebagai guru kita juga sebaiknya memiliki resolusi terbaik yang harus dikerjakan selama satu tahun kedepan. Selain sebagai guru kita juga bisa membuat resolusi terbaik bagi kita secara pribadi. Karena guru merupakan sebuah profesi yang sangat kompleks bukan hanya dilihat sebagai pribadi tetapi kita juga dilihat sebagai orang memiliki tanggung jawab yang besar terhadap peserta didik.

Sumber www.google.com

Mulailah kita membuat resolusi terbaik bagi kita secara pribadi terlebih dahulu kita bisa tuliskan hal hal apa saja yang ingin kita lakukan sebagai pengingat bahwa kita berjalan ada hal yang harus kita capai dalam hidup ini. Jangan sampai pencapaian kita satu tahun kedepan sama seperti tahun yang lalu ini sebuah kerugian yang sangat besar.

Setiap orang bebas menuliskan resolusi terbaiknya agar berbuah kesuksesan ditahun yang akan datang. Mulai dari pencapaian pribadi kita, bagaimana pencapaian kita di keluarga sampai pencapaian kita di lingkungan tempat kerja kita. Berbagai rangkaian rencana yang harus dilakukan telah dibuat tentunya semua hasil dari evaluasi dari tahun sebelumnya.

Banyak orang yang memaknai pencapaian sebuah resolusi terbaik dengan sebuah kesuksesan. Dan bicara tentang kesuksesan kebanyakan manusia hanya memandang dari peningkatan jabatan dari tahun sebelumnya, harta yang kita peroleh lebih meningkat dan juga kondisi keluarga kita yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya atau banyak juga diantara kita ketika melihat kesuksesan itu menggambarkan kemakmuran dan ketenaran belaka. Padahal banyak hal yang bisa kita lihat dari arti kesuksesan yang lebih besar lagi.

Resolusi terbaik bagi kita sudah kita tuliskan dan berbuah sebuah kesuksesan bagi kita secara pribadi. Namun kita lupa menuliskan resolusi yang berkaitan dengan hubungan kita dengan Tuhan Yang Maha Esa, Sebagai hamba yang dituntut untuk melakukan ibadah maka tidak salah bagi kita untuk membuat resolusi bagaimana peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah kita.

Karena bagi kita secara pribadi resolusi terbaik adalah kita bisa melakukan segala perbuatan yang bernilai ibadah, bagaimana kita bisa lebih bermanfaat bagi orang lain. Sehingga kita bisa mempersiapkan segala sesuatu untuk bekal kita setelah kehidupan didunia ini.

Orang yang sukses itu adalah orang yang mempersiapkan diri setelah kematian. Pada saat ini kebanyakan manusia melihat kesuksesan dari jabatan, harta, ataupun keluarga. Semua itu memang tidak masalah ketika kita ingin meraihnya. Tetapi jauh lebih baik bagi kita mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik bagi kita setelah kematian.

Setiap orang mendefinisikan istilah sukses dengan cara yang berbeda beda. Namun, sukses merupakan keadaan yang menunjukkan bahwa anda telah mencapai sesuatu. Sukses juga bisa dilihat dari status sosial tertentu yang menggambarkan sebuah kemakmuran atau mendapatkan ketenaran. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kesuksesan dapat berarti sebagai sebuah keberhasilan.

Lalu bagaimana resolusi kita sebagai seorang guru, ini tentunya berkaitan dengan peserta didik yang kita ajarkan di sekolah. Seorang guru tidak bersikap egois untuk selalu mengejar prestasi bagi dirinya tanpa melihat prestasi bagi peserta didik yang kita ajarkan.

Ketika berbicara sebagai guru yang sukses sebagai pribadi tentunya kita sudah banyak melihat guru guru yang memiliki jabatan strategis di setiap sekolah, guru yang memiliki segudang prestasi baik itu akademik maupun non akademik, guru yang terpilih menjadi narasumber baik itu tingkat provinsi maupun nasional, dapat menjuarai perlombaan di berbagai bidang dan berbagai pencapaian yang sudah dilakukan sebagai guru yang sukses.

Namun kita lupa ada hal yang tidak kalah pentingnya dari kesuksesan secara pribadi sebagai guru yaitu bagaimana membuat peserta didik kita menjadi sukses. Kita harus menuliskan resolusi terbaik kita untuk setiap peserta didik kita, bagaimana guru sebagai bisa membimbing peserta didiknya untuk selalu disiplin, membuat peserta didik untuk rajin belajar, peserta didik yang memiliki sikap yang terpuji atau berakhlakul karimah, sampai bisa membuat peserta didik bisa berprestasi bagi di akademik maupun non akademik dan bisa dengan mudah mencapai cita cita yang diinginkan ini merupakan arti kesuksesan bagi guru yang sesungguhnya.

Resolusi yang sudah kita buat itu memang akan berbuah kesuksesan bagi kita secara individu namun kita juga tidak boleh melupakan rosolusi kita sebagai guru oleh karena itu resolusi terbaik bagi kita seorang guru yaitu menjadikan peserta didik kita lebih baik dari sebelumnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image