Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Puskeswan Pandeglang Targetkan 6.000 Pelayanan Kesehatan Hewan TA 2023

Eduaksi | Tuesday, 03 Jan 2023, 21:59 WIB
Foto bersama Tim Kesehatan Hewan (Keswan) UPT Puskeswan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten Pandeglang usai peresmian gedung pelayanan, Selasa (03/01/2023)***

Kepala UPT Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan menargetkan pelayanan kesehatan hewan sebanyak 6.000 pelayanan pada tahun anggaran (TA) 2023. Target tersebut meningkat tiga kali lipat lebih dibanding target pelayanan kesehatan hewan pada tahun 2022 sebanyak 1.580 pelayanan.

Hal itu diungkap Ade Setiawan disela-sela acara peresmian gedung pelayanan UPT Puskeswan Pandeglang oleh Bupati Pandeglang di Kampung Kadupereng, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten (Selasa (03/01/2023)

Ade Setiawan mengaku optimistis pihaknya akan mampu memenuhi target yang dibebankan mengingat saat ini Puskeswan Pandeglang telah diperkuat dengan penambahan SDM kesehatan hewan yang lebih memadai.

“Untuk mencapai target tersebut UPT Puskeswan Pandeglang akan mengoptimalkan jaringan pelayanan kesehatan hewan yang ada di Puskeswan Pembantu Kecamatan Menes, Labuan dan Kecamatan Cibaliung,” ujarnya.

Dia mengatakan, pelayanan kesehatan hewan di UPT Puskeswan Pandeglang saat ini sudah semakin lengkap meliputi pemeriksaan dan pengobatan penyakit, tindakan bedah kastrasi dan steril hewan kesayangan, serta tersedia layanan ultra sonografi (USG) untuk pemeriksaan kebuntingan

“Termasuk vaksinasi dan konsultasi. Pelayanannya setiap hari kerja, Senin sampai Jumat yang terbuka buat umum dan bisa kunjungan juga kalau ada hewan ternak yang tidak bisa di bawa ke Puskewan seperti hal nya kerbau dan sapi atau kambing dan domba,” katanya.

Di lokasi yang sama, Kepala DPKP Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP mengatakan, Puskeswan Pandeglang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) operasional yang menangani bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner pada Dinas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang.

“Jumlah UPT Puskeswan saat ini baru satu Puskeswan dan tiga Puskeswan Pembantu,” katanya.

Dijelaskan, untuk UPT Puskeswan induk berlokasi di Kecamatan Karangtanjung. Sedangkan Puskeswan Pembantu berada di Kecamatan Menes, Labuan dan Kecamatan Cibaliung,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nasir mengatakan, sepanjang tahun 2022 Puskeswan Pandeglang telah melampaui target pelayanan kesehatan hewan. Menurutnya target pelayanan Puskeswan Pandeglang dari 1.580 pelayanan terealisasi 2.591 pelayanan.

“Target capaian lebih dari 100 persen. Mudah-mudahan ke depan bisa bertambah untuk pelayanan Puskeswan,” katanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image