Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rania Rahma

PERAN PERUBAHAN MEDIA SOSIAL DI ERA GLOBALISASI PADA REMAJA MASYARAKAT INDONESIA DAN PERKEMBANGAN TE

Sejarah | Monday, 02 Jan 2023, 16:06 WIB

Media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan remaja saat ini. Menurut sebuah laporan, 75% siswa SMA memiliki smartphone dan menggunakan platform media sosial secara rutin. Anak-anak lebih menyukai platform media sosial seperti Facebook dan Instagram karena mereka dapat dengan mudah berbagi foto, video, tautan, teks, dan obrolan dengan orang lain. Di banyak negara di dunia, media sosial telah menjadi alat komunikasi dan pemasaran yang efektif. Saluran media ini sangat membantu dalam menyebarkan informasi dan menciptakan peluang bagi remaja.
Menggunakan media sosial membuat remaja lebih terhubung dengan teman dan keluarganya. Banyak orang merasa terbantu saat berkomunikasi dengan anggota keluarga atau menjalin pertemanan baru. Mereka menemukan media sosial mudah dan nyaman dibandingkan dengan metode komunikasi tradisional. Remaja menggunakan media sosial untuk berbagi foto diri dengan teman atau keluarga, bertemu orang baru dan membuat rencana aktivitas. Ini adalah alat yang sangat baik untuk menjaga hubungan dengan semua orang dalam hidup seseorang.
Globalisasi telah membawa banyak manfaat bagi perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Bisnis terkemuka kini memiliki peluang untuk berkontribusi pada pertumbuhan pasar kaum muda negara ini. Banyak perusahaan kini memiliki kesempatan untuk menjangkau generasi besar warga dunia yang lahir dan dibesarkan di Indonesia. Pasar ini sangat menarik bagi bisnis karena sifatnya yang global dan demografi usia muda. Platform media sosial adalah cara yang efisien bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan target demografis mereka.
Teknologi telah memungkinkan orang terhubung secara global tanpa batas geografis. Berbagai browser internet memungkinkan orang mengakses internet di mana pun mereka berada secara geografis. Namun, bukan berarti semua pengguna internet bisa mengakses semua kemampuan internet. Remaja yang tinggal di pedesaan masih menghadapi tantangan saat menggunakan teknologi internet. Ini karena tidak semua area memiliki akses ke hotspot wifi atau paket data ponsel yang memungkinkan mereka mengakses web saat jauh dari rumah. Untungnya, media sosial telah menjadi alternatif yang sangat baik untuk demografi yang kurang terwakili ini.
Berdasarkan wawasan ini, dapat disimpulkan bahwa komunikasi global melalui media sosial menyediakan platform untuk kebutuhan pribadi dan bisnis remaja. Orang-orang sekarang memiliki kesempatan lebih besar untuk tetap terhubung dengan orang yang dicintai dan berbagi pengalaman dengan orang lain di seluruh dunia. Saluran ini berguna untuk memasarkan produk baru atau menyebarkan informasi tentang acara perusahaan atau angka penjualan kepada pelanggan setia. Media sosial telah menjadi alat yang sangat diperlukan dalam masyarakat global saat ini!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image