Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ardian Susanto

Yuk, Terapkan Konsep Rumah Minimalis untuk Wujudkan Hunian Praktis!

Gaya Hidup | Monday, 02 Jan 2023, 14:53 WIB

Di masa kini, konsep minimalis pada arsitektur bangunan tengah digandrungi oleh masyarakat berbagai kalangan. Pasalnya, gaya minimalis dipandang sebagai solusi untuk menghadirkan hunian dengan desain praktis namun tetap menampilkan sisi elegan.

Lebih lanjut, penerapan prinsip minimalisme merupakan sebuah metode yang cocok untuk menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah, karena desain minimalis menuntut efisiensi material dan pengoptimalan fungsi lahan.

Jika kamu adalah orang yang simpel dan bermimpi untuk memiliki tempat tinggal nyaman dengan tampilan yang menarik, konsep rumah minimalis mungkin adalah pilihan yang sesuai untuk gaya tempat tinggalmu. Lantas, apa saja prinsip dalam desain rumah minimalis yang perlu kamu perhatikan? Yuk, simak pembahasan di bawah ini!

Contoh Rumah minimalis. Lisensi Canva

Memahami Prinsip Minimalis dalam Membangun RumahApa itu Minimalis

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), minimalis dimaknai sebagai sesuatu yang berkenaan dengan penggunaan elemen sederhana dan terbatas untuk memperoleh kesan terbaik.

Mengadaptasi pemahaman tersebut, minimalis merupakan prinsip hidup yang identik dengan kesederhanaan dan pengoptimalan fungsi benda yang dimiliki. Lebih lanjut, prinsip minimalisme idealnya menghindari konsumerisme dan hal-hal yang dianggap tidak efisien.

Konsep Minimalis dalam Lingkup Arsitektur Bangunan

Dalam lingkup arsitektur bangunan, minimalisme merupakan sebuah prinsip yang menjadikan kesederhanaan sebagai kunci utama untuk mendapatkan kualitas rancangan yang baik. Hal juga dapat terlihat pada penggunaan elemen dan unsur desain yang relatif minim dan mengutamakan unsur fungsionalitas.

Selain itu, konsep rumah minimalis juga umumnya menghindari penggunaan dekorasi, paduan warna, serta furnitur yang berlebihan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesan konsumerisme dan mewujudkan efisiensi.

Rumah Minimalis Tidak Melulu Dimaknai Sebagai Rumah Berukuran Kecil

Mengunggulkan karakter efisien dan prinsip 'less is more', orang kerap salah dalam mengartikan rumah minimalis sebagai bangunan tempat tinggal dengan ukuran yang kecil. Padahal, minimalisme dalam arsitektur diterapkan sebagai panduan untuk membuat rancangan properti, bukan mendefinisikan ukuran bangunan yang akan dirancang.

Karenanya, selama dibuat dengan memenuhi nilai efisiensi dan menghindari elemen-elemen yang tidak dibutuhkan, rumah mewah berukuran besar sekalipun masih dapat dikategorikan sebagai hunian bergaya minimalis.

Setelah memahami makna minimalis sebagai konsep arsitektur bangunan, selanjutnya artikel ini akan mengulas terkait cara mewujudkan hunian nyaman dan menarik yang didasarkan pada prinsip rumah minimalis.

Tips Mewujudkan Rumah Berkonsep MinimalisAlokasi Tata Ruang yang Sederhana

Rumah minimalis tak hanya dicirikan oleh tampilan fisik yang praktis dan fungsional, tapi juga dipengaruhi oleh tata ruang pada bangunan. Karena itulah, penting untuk memikirkan secara matang terkait pembagian ruang dan pemanfaatannya.

Di masa sekarang, desain tata ruang umumnya mengikuti tuntutan pola hidup yang dinamis dan serba praktis. Karena itulah, banyak hunian bergaya minimalis dibangun dengan tata ruang yang efisien, dengan mengutamakan ruang-ruang inti yang mendukung fungsi rumah sebagai tempat istirahat dan ruang penyimpanan.

Sebagai contoh, rumah yang dihuni oleh keluarga kecil memiliki maksimal 2 lantai yang terdiri atas 2-3 kamar tidur, 1-2 kamar mandi, dapur, ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan. Selebihnya, ruang yang tersisa umumnya digunakan sebagai area sirkulasi dan penyimpanan.

Minimalisasi Penggunaan Sekat dan Perbanyak Bukaan

Pada hunian bergaya minimalis, tata ruang dibuat praktis dan terbuka untuk memberi kesan bersih dan lapang. Penggunaan dinding pembatas dan sekat yang berlebihan kerap dihindari agar prinsip efisiensi ruang tetap terjaga.

Dalam hal ini, dinding hanya diberikan pada ruangan yang idealnya menuntut privasi, seperti kamar tidur dan kamar mandi. Selebihnya, bagian lain di dalam rumah hanya dipisahkan oleh perabot.

Lebih lanjut, rumah berkonsep minimalis juga biasanya memiliki jendela dengan kaca besar sebagai medium sirkulasi. Nantinya, udara dan cahaya matahari akan menjaga stabilitas suhu dan kelembaban di dalam rumah.

Perpaduan antara ruang terbuka dan medium sirkulasi yang optimal akan menjadikan suasana di dalam semakin cerah dan lapang. Hal inilah yang membuat rumah minimalis terasa nyaman walaupun tak memiliki banyak elemen di dalamnya.

Lebih lanjut, prinsip di atas juga dapat kamu terapkan jika memiliki hunian di atas lahan yang tidak terlalu luas.

Memilih Material yang Kokoh dan Berkualitas

Merupakan sebuah alat untuk menunjang struktur dan tampilan pada rumah minimalis, material menjadi salah satu aspek vital yang tidak dapat dikesampingkan.

Merujuk pada konsep rumah minimalis, material penyusun yang digunakan idealnya memenuhi prinsip sustainability. Dalam hal ini, pilihlah material yang bersifat kokoh dan berkualitas untuk mendapatkan struktur bangunan yang kuat dan tahan lama.

Lebih lanjut, penggunaan material yang berkualitas bertujuan untuk menjamin keamanan penghuni yang tinggal di dalamnya. Dengan demikian, rumah dapat menjalankan fungsinya sebagai pelindung secara optimal.

Gunakan Perabot Bergaya Minimalis

Menyoal perabot yang digunakan untuk mengisi interior rumah, gaya minimalis juga memiliki tata aturan tersendiri.

Pertama, pilih perabot yang benar-benar memenuhi nilai fungsional sebuah ruangan. Dalam hal ini, gunakan hanya perabot esensial untuk mengisi ruangan tertentu.

Sebagai contoh, ranjang dan lemari pakaian untuk kamar tidur, kitchen set untuk dapur, serta meja dan kursi makan untuk ruang makan.

Kedua, pilih perabot berukuran standar dengan desain yang sederhana. Perabot dengan tampilan praktis tidak hanya membuat hunian tampak semakin elegan, melainkan juga memudahkan pemilik dalam soal maintenance dan perawatan.

Ingat, konsep minimalis menuntut efisiensi bukan hanya dari segi fungsi, melainkan juga tampilan dan perawatan dari barang yang mengisi ruangan. Dalam hal ini, perabot dengan ukiran yang rumit umumnya tidak mudah untuk dibersihkan, sehingga menjadi kurang efisien.

Rancang Taman Minimalis untuk Meningkatkan Unsur Estetika

Terakhir, rumah minimalis belum lengkap jika tidak disertai taman kecil di halaman depan. Meski umumnya dibuat dengan ukuran yang relatif mungil, taman ini nyatanya efektif dalam meningkatkan keindahan eksterior hunian sekaligus menjadi sumber udara segar bagi penghuni di dalamnya.

Untuk membuat taman minimalis, kamu tidak perlu bersusah payah. Berilah rerumputan sebagai alas dan tanaman hias jenis semak sebagai elemen utama. Jika menginginkan tanaman bunga, pilihlah hanya satu warna agar kesan simpel tetap ditonjolkan.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan pot dan lampu taman dengan bentuk geometris untuk mempercantik tampilan taman.

Inspirasi Desain Rumah MinimalisRumah Minimalis Modern

Memiliki tampilan yang simpel namun kekinian, rumah bergaya minimalis modern merupakan konsep yang saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat. Pasalnya, kamu tidak membutuhkan terlalu banyak elemen dan warna untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan cantik dari segi tampilan.

Jika ingin memberi variasi pada tipe hunian ini, gunakan konsep split level atau lantai mezzanine.

Rumah Minimalis Bergaya Tropis

Hunian minimalis dengan aksen tropis merupakan konsep desain yang banyak kamu temukan di kota besar, seperti Jakarta.

Terkepung dengan hutan beton terkadang membatasi akses kita terhadap tanaman hijau dan nuansa alam. Namun, tidak halnya jika kamu menerapkan rumah minimalis bergaya tropis.

Tak hanya dibuat dengan mengandalkan perpaduan bahan alam seperti kayu dan granit, rumah bergaya tropis juga umumnya mengalokasikan lebih banyak ruang untuk tanaman hijau. Lebih lanjut, ciri khas rumah bergaya tropis juga ditampilkan pada jendela besar yang menjadi sumber sirkulasi udara dan cahaya.

Rumah Mewah Bergaya Minimalis

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, minimalisme adalah prinsip yang dapat digunakan untuk merancang rumah terlepas dari ukuran dan budget. Hal inilah yang menjadikan gaya minimalis dapat diterapkan pada rumah mewah sekalipun, seperti pada contoh gambar di atas.

Meski begitu, penting juga untuk meninjau kembali, apakah alokasi ruang dan perabot yang digunakan untuk mengisi interior sudah memenuhi prinsip fungsionalitas.

Rumah Minimalis Bergaya Etnik

Rumah bergaya etnik kerap diasosiasikan dengan ornamen tradisional dan ukiran yang rumit, sehingga banyak yang menilai prinsip minimalisme tidak cocok digunakan pada jenis hunian ini.

Padahal, perpaduan antara gaya minimalis dan kebudayaan bisa menjadi daya tarik khas suatu hunian yang membuatnya tampak lebih istimewa. Sebagai contoh, lihatlah gambar rumah di atas.

Agar hunian tetap menonjolkan sisi efisien, hanya gunakan ukiran pada bagian tertentu saja. Selebihnya, adaptasikan bentuk yang sederhana dan modern pada bagian rumah yang lain.

Rumah Minimalis Bentuk Geometris

Bagi kamu yang menyukai kesederhanaan, dapat memilih hunian dengan bentuk geometris. Selain masih berada dalam koridor gaya minimalis, rumah geometris mampu menciptakan aura futuristik yang edgy dan disukai oleh anak muda.

Agar tidak terlihat monoton, kamu dapat menerapkan permainan warna pada hunian berbentuk geometris ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image