Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Hari Introvert Sedunia 2023

Sejarah | Monday, 02 Jan 2023, 00:32 WIB
(sumber foto: introvertday.org)

Hari Introvert Sedunia 2023 diperingati pada 2 Januari sejak 2011. Hari perayaan internasional ini didedikasikan untuk mengenali dan merayakan para introvert di seluruh dunia.

Introvert adalah orang yang lebih senang menghabiskan waktu sendirian atau bersama satu dan dua orang teman terdekat mereka dibandingkan berada dalam keramaian. Introvert juga seringkali disamakan dengan pemalu.

Padahal introvert sering membutuhkan waktu menyendiri untuk memulihkan energi setelah berada dalam keramaian atau lingkungan sosial.

Antonim dari introvert adalah ekstrovert. Apa itu ekstrovert? Ekstrovert adalah kepribadian yang terkenal aktif dan terbuka dengan segala hal yang dirasakannya. Peran aktifnya di lingkungan sosial membuat suasana menjadi berwarna.

Hari Introvert Sedunia 2023

Bila dikaji, mereka yang dikategorikan introvert berkontribusi secara signifikan terhadap masyarakat global kita. Tanggal 2 Januari adalah Hari Introvert Sedunia atau World Introverts Day, hari untuk merayakan dan memberdayakan para introvert di seluruh dunia!

Introvert sering disalahpahami. Mereka tidak pemalu atau antisosial, mereka hanya lebih suka lingkungan yang kurang merangsang dan mendapatkan energi dari pikiran dan perasaan internal daripada eksternal.

Ini bisa menjadi tantangan di dunia yang diarahkan pada ekstrovert dan menghargai interaksi sosial di atas segalanya. Itulah mengapa Hari Introvert Sedunia diciptakan.

Tujuannya antara lain untuk memberikan suara kepada para introvert. Di samping itu, membantu mereka merasa bangga dengan diri mereka sendiri.

Pada hari ini, para introvert dapat merayakan kualitas unik mereka sendiri dan berbagi tips bagaimana menjalani kehidupan yang bahagia dan memuaskan sebagai seorang introvert.

Ada banyak sumber daya yang tersedia secara daring baik di perpustakaan maupun di dunia maya lewat website. Ini semua tentu dapat membantu para introvert belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri dan bagaimana menghadapi dunia yang tidak selalu membuat segalanya mudah bagi mereka.

Perayaan informal Hari Introvert Sedunia dimulai pada 2 Januari 2011, ketika blogger Australia Sophia Dembling menulis postingan di blognya The Introvert's Corner berjudul "Hari Introvert Sedunia Perdana". Postingan tersebut menjadi viral, dan para introvert di seluruh dunia mulai merayakan kekuatan tenang mereka sendiri pada tanggal 2 Januari setiap tahun.

Ide Dembling untuk Hari Introvert Sedunia muncul sebagai cara untuk melawan anggapan populer bahwa ekstrovert lebih baik daripada introvert.

“Saya sangat lelah membaca semua artikel dan buku yang memberi tahu saya bahwa saya harus lebih seperti seorang ekstrovert,” katanya dalam sebuah wawancara. “Saya pikir akan menyenangkan memiliki hari yang dapat dilakukan dalam merayakan menjadi introvert.”

Sejak awal, Hari Introvert Sedunia telah dirayakan di lebih dari 50 negara dan mendapatkan dukungan dari para introvert terkenal seperti Bill Gates dan J.K. Rowling.

Setiap tahun, para introvert di seluruh dunia menggunakan media sosial untuk berbagi kecintaan mereka akan ketenangan dan kesunyian pada tanggal 2 Januari.

Cara Merayakan Hari Introvert Sedunia

Ada beberapa cara berbeda untuk merayakan Hari Introvert Sedunia. Salah satu caranya adalah dengan menghabiskan waktu bersama sesama introvert. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan pesta introvert, atau bahkan sekadar berkumpul untuk bermalam.

Cara lain untuk merayakannya adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri – manjakan diri Anda dengan makan malam yang menyenangkan, menonton film, atau membaca buku favorit Anda. Terakhir, Anda dapat menggunakan hari ini sebagai kesempatan untuk menyebarkan kesadaran tentang para introvert dan apa yang mereka bawa ke dunia.

Tulis postingan blog, bagikan artikel di media sosial, atau mulailah percakapan dengan seseorang tentang introversi. Tidak peduli bagaimana Anda memilih untuk merayakannya, pastikan Anda meluangkan waktu untuk menghargai para introvert dalam hidup Anda!

Menjadi introvert di dunia ekstrovert

Mungkin sulit untuk menjadi seorang introvert di dunia yang diarahkan pada ekstrovert. Berikut tips untuk yang dapat membantu Anda menjelajahi dunia sebagai seorang introvert:

· Temukan orang-orangmu.

Ada introvert lain di luar sana dan akan sangat membantu untuk menemukan mereka dan terhubung dengan mereka. Ini dapat membantu Anda merasa tidak terlalu sendirian dan lebih dipahami.

· Buat ruang Anda sendiri.

Penting untuk membuat ruang yang hanya untuk Anda tempat Anda dapat mengisi ulang. Ini bisa berupa ruang fisik seperti ruangan di rumah Anda atau bisa bersifat kiasan seperti meluangkan waktu setiap hari untuk diri sendiri untuk membaca atau berjalan-jalan.

· Jangan memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai untuk Anda.

Hanya karena dunia dirancang untuk orang ekstrovert, bukan berarti Anda harus mengubah siapa diri Anda untuk menyesuaikan diri. Lakukan apa yang terasa wajar bagi Anda dan jangan meminta maaf untuk itu.

(sumber: https://www.eduvast.com/general-knowledge/world-introvert-day-date-purpose-and-being-an-introvert/ )

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image