Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jenaka Official

Pengertian Tentang Preset Lightroom

Eduaksi | Sunday, 01 Jan 2023, 12:53 WIB

Preset Lightroom adalah preset siap pakai yang dapat digunakan untuk mempercepat proses pengeditan foto. Prasetel ini adalah sekumpulan pengaturan yang diterapkan pada foto yang dapat langsung diterapkan ke foto lain dengan mengklik tombol.

Prasetel ini sangat berguna bagi fotografer yang sering mengelola banyak foto, karena dapat dengan mudah menerapkan pengaturan yang sama ke semua foto dengan satu klik.

Ada banyak jenis preset lightroom seperti preset warna, preset kontras dan preset warna kulit. Prasetel warna dapat mengubah nada foto sesuai keinginan Anda, sementara prasetel kontras dapat menambah atau mengurangi kontras foto. Pengaturan skin tone berguna untuk mengatur tone kulit pada foto agar terlihat lebih natural.

Selain itu, Anda dapat melakukan pengaturan lightroom sendiri. Caranya buka foto yang sudah diedit dan klik tombol "New Preset" di panel preset. Anda kemudian dapat memberi nama preset dan menentukan pengaturan yang ingin Anda simpan sebagai preset. Prediksi tersebut kemudian dapat diterapkan langsung ke foto lain dengan satu klik.

Saat menggunakan pengaturan Lightroom, penting untuk memastikan bahwa preset yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak melupakan kualitas fotonya. Jika preset yang dipilih tidak sesuai dengan kebutuhan, bisa jadi hasil edit foto tidak sesuai keinginan. Oleh karena itu, lebih baik memilih preset yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuaikan sedikit pengaturannya jika perlu.

Menggunakan preset Lightroom dapat membuat proses pengeditan foto menjadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, preset dapat membantu fotografer menjaga konsistensi dalam setiap foto yang mereka ambil. Itu sebabnya pengaturan lightroom adalah alat yang sangat berguna bagi fotografer.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image