Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Misbah Fikrianto

Ayo Menanam Pohon Mangrove Bermanfaat bagi Manusia, Satwa dan Lingkungan

Edukasi | Wednesday, 28 Dec 2022, 06:32 WIB

Gerakan menanam pohon memberikan manfaat untuk kita semua. Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan berbagai pihak. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk berysukur kehadirat Allah SWT atas segala ciptaannya.

“Kolaborasi ini tidak hanya menanam mangrove, tapi juga sekaligus menanam berbagai pohon langka Nusantara. Pada Hari Selasa, 27 Desember 2022, ditanaman sekitar 3.500 mangrove dan tujuh jenis pohon langka Nusantara,” kata Direktur SEAMEO BIOTROP, Dr Zulhamsyah Imran.

Ia menambahkan, penanaman pohon langka Nusantara dalam satu paket dengan penanaman mangrove menjadi kabar istimewa. “Kedua aktivitas ini sangat penting maknanya bagi keanekaragaman hayati Indonesia dan juga pelestarian biodiversity khas Indonesia,” ujarnya.

Kegiatan kerja sama multipihak ini dilakukan di Ketapang Urban Aquaculture (KUA), Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Jawa Barat. Kegiatan tersebut dimulai dari jam 07.00 – selesai. ‘Pemilihan lokasi di KUA, Tangerang ini karena tempat ini strategis dan sudah terkenal di Indonesia dan mancanegara. Kabupaten Tangerang merupakan salah satu kabupaten yang dikenal sebagai salah satu kabupaten yang berhasil melakukan rehabilitasi dan konservasi mangrove,” papar Zulhamsyah.

Kegiatan gerakan penanaman mangrove dan pohon langka ini akan dihadiri langsung oleh pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI); Bupati Kabupaten Tangerang – Ahmed Zaki Iskandar; Direktur SEAMEO BIOTROP – Dr. Zulhamsyah Imran, Wakil Ketua Umum DPP Himpunan Alumni IPB – Ivan Kuntara, dan sejumlah pejabat serta pemerhati lingkungan kainnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Deputi V, Kemenko PMK, Dr. Didik Suhardi, Sesdep Kemenko PMK, Maman Wijaya, dan SEAQIL, Misbah Fikrianto, serta tamu undangan lainnya. Harapannya, kegiatan penanaman pohon terus berlanjut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image