Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dian Safitri

Targetkan 30 Ribu Pengunjung, ISRA Festival 2022 Resmi Digelar 23-25 Desember

Wisata Halal | Saturday, 24 Dec 2022, 07:38 WIB

Setelah dinanti-nanti, ISRA (Indonesia Destinasi dan Travel Halal) Festival 2022 resmi digelar mulai hari ini, 23 Desember 2022. Acara yang menargetkan sampai dengan 30.000 pengunjung ini berlangsung sampai 25 Desember 2022 di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Implementasi kebijakan pemerintah Arab Saudi menuju Visi Saudi 2030, mau tak mau membuat industri travel halal dan religi Indonesia harus siap beradaptasi untuk menjawab kebutuhan pasar yang mulai mengarah pada skema business to customer.

Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi juga telah membuka seluas-luasnya jumlah kuota jamaah umroh tahun 1444 H, khususnya dari Indonesia, sehingga butuh upaya kreatif dan terobosan solutif dari Penyelenggara Ibadah Umroh (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang diberikan kewenangan penuh sesuai UU Nomer 8 Tahun 2019 untuk melayani kebutuhan pasar yang semakin personalized dan customized.

Selain bertujuan untuk memperluas promosi dan pemasaran, juga membangun kepercayaan dan hubungan yang lebih akrab dengan konsumen serta target market wisata halal dan religi.

“Besarnya pasar umroh Indonesia harus mendapatkan perhatian serius, tidak saja memikirkan bagaimana menangkap peluang pasarnya, tetapi juga sekaligus bagaimana industri terkait mengelolanya secara profesional. Konsumen yang notabene tamu Allah, harus dilayani dengan terpuji. Isra Festival hadir untuk menjadi bagian dari solusi konsumen dalam memilih travel yang amanah dan profesional,” ungkap Ketua Umum Himpuh, Budi Darmawan saat membuka Isra Festival hari ini (23/12) di Jakarta Convention Center.

Isra Festival 2022 ini menghadirkan sebanyak 109 stand yang diikuti perusahaan travel haji dan umrah, hotel atau akomodasi halal, wisata muslim, transportasi, halal food, aksesoris travel, aplikasi travel halal, produk keuangan syariah, obat-obtan, kosmetik, fashion, komunitas, pemerintah daerah atau kota, hingga kedutaan negara sekitar tujuan negara muslim.

Sedikitnya ada 10 top destinasi wisata muslim friendly dari dalam dan luar negeri yang ditawarkan dalam pameran ini, di antaranya Malaysia, Arab Saudi, Turkey, Uni Emirat Arab, Qatar, Iran, Bahrain, Singapura, dan Uzbekistan. Kemudian ada 10 top muslim friendly non-OIC Destinations, yaitu Singapura, Taiwan, Thailand, United Kingdom, Hong Kong, Japan, South Africa, Philippines, United States, dan Australia.

Lebih lanjut Budi Darmawan mengatakan, pengunjung tidak perlu khawatir lagi tentang kualitas dari agensi perjalanan wisata halal dan religi yang dihadirkan di Isra Festival, semua peserta sudah dijamin legalitas dan terbukti profesional dalam melayani jamaah umroh.

ISRA Festival akan menjadi gelaran pameran wisata halal dan religi terbesar di akhir tahun 2022. Karena, selama tiga hari, pengunjung disuguhkan one stop service terkait layanan umroh dan haji serta wisata halal lainnya. Direktur Traya Eksbisi Internasional, Bambang Setiawan optimis selama tiga hari ajang Isra Festival bisa menarik perhatian sebanyak 30 ribu pengunjung.

Salah satu yang menjadi daya tarik dan paling diburu pengunjung adalah penawaran spesial promo, diskon bahkan “crazy sale” dari agen travel perjalanan umroh. Diantaranya, Samsata Umrah & Hajj memberikan diskon sampai Rp 1 juta untuk pendaftaran umroh regular dan umroh plus, sedangkan untuk haji khusus dan haji furoda, mendapatkan voucher travel sampai Rp 3 juta. Potongan harga menarik untuk haji furoda, juga bisa diperoleh di stand Wafdullah Travel yang memberikan diskon sebesar $ 3.000, dari $25.000 menjadi $ 22.000, dengan bonus kereta cepat.

Umroh jadi semakin mudah dan nyaman dengan program penawaran dari Bank Syariah Indonesia (BSI), diantaranya Program Pembiayaan Mitraguna Berkah untuk pelaksanaan ibadah umrah melalui travel rekanan BSI dengan pemberian special gift berupa oleh-oleh umroh. Ada juga Promo Hasanah Card dengan cicilan 0% selama 12 bulan dan potongan harga sebesar Rp1.500.000,- dengan BSI Debet bagi setiap transaksi keberangkatan umrah selama event Isra Festival 2022 berlangsung. Jadi bisa pesan umrah dari sekarang dan pembayaran bisa dicicil sampai setahun. Selain itu, ada juga cashback sebesar Rp 25.000 bagi pengunjung yang membuka tabungan atau rekening BSI selama di pameran Isra Festival.

Tak kalah menarik, promo juga diberikan oleh Zurich Syariah yang memberikan cuma-cuma sebanyak 300 polis perlindungan kecelakaan selama pameran. Bahkan pengunjung berkesempatan mendapatkan doorprize asuransi kendaraan bermotor syariah.

Isra Festival menjadi gelaran edukasi yang dikemas menyenangkan (fun), pengunjung bisa menikmati talkshow santai tentang bisnis umroh, tips memilih travel wisata halal, halal awareness ketika travelling di luar negeri, sampai cara mengelola keuangan bagi millenial yang mau liburan. Untuk pengunjung yang membawa serta anak-anak, jangan khawatir, karena disediakan Children playground dari Asktarra yang juga mengadakan talkshow parenting.

Untuk tiket, pengunjung dikenakan sebesar Rp 20.000, bisa dibeli secara online melalui aplikasi muslim lifeshop atau mengakses websitenya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image