Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Priana Putra

Beli Obat Secara Online? Perhatikan Empat Hal Ini

Gaya Hidup | Monday, 13 Dec 2021, 14:40 WIB
Image by Tumisu from PIxabay

Layanan telemedis kini kian akrab di tengah masyarakat Indonesia, terlebih saat pandemi. Fokus di bidang kesehatan, banyak perusahaan rintisan yang menyediakan jasa konsultasi dokter online hingga membeli obat dengan resep secara online.

Ini dapat mempermudah masyarakat mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan. Apotek online juga biasanya memberikan informasi lengkap mulai dari cara penggunaan, dosis, hingga efek samping tentang obat yang dikonsumsi.

Namun, di tengah maraknya penjual obat online, kita juga sebaiknya tetap bijak untuk menentukan tempat membeli obat agar terhindar dari oknum tidak bertanggung jawab.

Berikut 4 hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli obat secara online:

Beli dari aplikasi atau website yang terpercaya

Akses internet yang luas membuat semua orang dapat melakukan jual-beli, termasuk jual-beli obat. Untuk itu, hal penting utama yang perlu diperhatikan adalah izin usaha penjual tersebut dalam mengedarkan obat.

Obat-obatan yang dijual di website tanpa kewenangan pun merupakan salah satu praktik penjualan yang ilegal. Pastikan penjual mengantongi izin Kementerian Kesehatan RI dan telah menjadi mitra resmi dari Kementerian Kesehatan RI dan BNPB Indonesia untuk penanganan Covid-19.

Perhatikan cara pengiriman obat

Ada beberapa obat yang membutuhkan cara penyimpanan khusus, seperti harus diletakkan di dalam suhu dingin. Oleh karena itu, dalam membeli obat tertentu, sistem pengantarannya pun harus bisa dipertanggungjawabkan.

Pastikan cara pembayaran aman

Umumnya, apotek online yang terpercaya menyediakan berbagai jenis metode pembayaran sehingga pengguna dapat lebih nyaman dan aman dalam bertransaksi. Cek kembali nomor rekening yang terdaftar dan hindari transfer ke nomor rekening atas nama pribadi.

Sumber: Lifepack

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image