Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ali Efendi

Reformasi Kepemimpinan Organisasi Intra SMPM Jipat Ponpes Karangasem Lamongan

Eduaksi | Thursday, 22 Dec 2022, 00:17 WIB
Proses pemungutan suara dalam reformasi dalam organisasi intra IPM SMPM Jipat Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan, Jawa Timur

Organisasi intra sekolah merupakan bagian kegiatan ekstrakurikuler (Ekskul) bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat sesuai dengan bidangnya. Bentuk kegiatannnya beragam sesuai dengan peminatan peserta didik, begitu juga waktu kegiatan terjadwal di luar jam formal.

Dalam rangka memberikan kesempatan peserta didik untuk menyalurkan bakat dan minatnya, SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Lamongan menyelenggarakan Ekskul; Pencak Silat Tapak Suci (TS), Seni Baca Alquran (Qiro’ah), Panahan, Futsal, Volly, dan Aeromodelling.

Di samping itu, sekolah juga memfasilitasi peserta didik untuk belajar kepemimpinan (Leadhership) dalam sebuah organisasi intra sekolah. Ada 4 organisasi intra di SMPM Jipat Karangasem, di antaranya; Ikatan Pelajaran Muhammadiyah (IPM), Kepanduan Hizbul Wathan (HW) atau Pramuka, 14 Media, dan Astrnomi Satu Empat.

Dalam menjalan roda kepemimpinan, 4 organisasi intra di SMPM Jipat terstruktur dengan rapi yang terdiri dari pengurus harian (ketua, sekretaris, bendahara) dan ketua bidang-bidang sesuai dengan kebutuhan masing-masing organisasi. Susunan pengurus organisasi ekskul berlaku dalam masa jabatan 1 periode (setahun), selanjutnya diadakan reformasi melalui mekanisme dan tata aturan yang berlaku dengan tertib.

Reformasi kepemimpinan dalam sebuah organisasi merupakan keharusan, karena batasan periodesasi telah habis dan proses kaderisasi dalam berorganisasi.Hal ini seperti yang dilakukan 4 organisasi intra di SMPM Jipat mengadakan reformasi kepemimpinan dengan memanfaatkan waktu sebelum liburan resmi yang ditetapkan oleh lembaga setelah penerimaan raport semester ganjil.

Proses pemungutan suara dalam reformasi dalam organisasi intra 14 media SMPM Jipat Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan, Jawa Timur

Hasil Reformasi 4 Organisasi Intra SMPM Jipat Periode 2022-2023

A. Ikatan Pelajar Muhammadiayh (IPM)

Ketua : Aryo Djatimko Singgih Pratama

Wakil ketua : Aurel Alfiana Ramadhani

Sekretaris : Moh. Tsabbit Al Ghozali

Wakil Sekretaris : Diana Nabilah

Bendahara : Alifah Nur Aini

Wakil Bendahara : M. Fahril Afwan

B. 14 Media (Jurnalistik)

Ketua : M. Rafiud Daraajat Al Fadhil

Wakil ketua : Devi Rahmasari

Sekretaris : Nur Fatikha Azzahra

Wakil Sekretaris : Ananda Ega Aulia

Bendahara : Reval Raditya Susilo

Wakil Bendahara : Husnia Imro’atul Mukarromah

C. Astronom Satu Empat (Astronomi dan Ilmu Falak)

Ketua : M. Azzzam Al Fikri Ibnu Mas’ud

Wakil ketua : Khumaira Ayusita Azzahra

Sekretaris : Alfian Budi Wibowo

Wakil Sekretaris : Elva Nur Izzati

Bendahara : Putri Salsa Rahmah

Wakil Bendahara : Muliawan Assidiqi Army

D. Dewan Pengenal HW (Kepanduan dan Pramuka)

Ketua : Muhammad Nashrullah

Wakil ketua : Naurashifa Ramadhani

Sekretaris : Aisya Anindya

Wakil Sekretaris : M. Deril Alfiansyah

Bendahara : Nihaya Tasyarifah

Wakil Bendahara : Azriel Haqqi Al Ghifari

Selamat dan sukses atas kepengurusan baru periode 2022-2023 organisasi intra SMPM Jipat Karangasem Paciran, Lamongan. Semoga mampu menjalankan roda organisasi dengan baik dan amanah dalam menjalankan tugas. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image