Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dandi Fadilla

Motor 2 Tak, Apa Hebatnya Sih?

Teknologi | 2022-12-21 18:26:52

Motor 2 Tak, Apa Hebatnya Sih?

Seperti yang kita ketahui, mesin 2 tak membutuhkan 2 langkah dalam siklus pembakaran, sehingga banyak diminati karena pengoperasian mesin yang sederhana. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan mesin 2 tak semakin berkurang dan digantikan oleh mesin 4 tak. Jadi mari berkenalan dengan sejarah mesin 2 tak. Penemu mesin 2 tak adalah Sir Dugald Clerk yang lahir di Glasgow, Skotlandia, pada tahun 1854. Pada tahun 1881 Sir Dugald Clerk menciptakan mesin 2 tak yang lebih sederhana dari mesin bakar Otto. Di Indonesia, sepeda motor 2 tak mulai populer sejak dirilisnya Yamaha RX King di tahun 80an.

Mungkin banyak orang yang masih bertanya-tanya mengapa mesin 2 tak mengeluarkan asap dari pipa knalpot? Mesin 2 tak membutuhkan oli samping dalam ruang mesin. Jadi, pembakaran oli samping pada motor adalah penyebab mengapa mesin 2 tak mengeluarkan asap dari exhaust manifold. Dari sini kita tahu bahwa mesin 2 tak membutuhkan oli samping sedangkan mesin 4 tak tidak. Mesin 2 tak memerlukan oli samping karena berfungsi sebagai pelumas pada bagian-bagian mesin seperti piston, ring piston, kruk as, dan bearing kruk as. Oli samping yang masuk ke ruang mesin dan terbakar tentunya akan menimbulkan asap yang akan dikeluarkan melalui lubang knalpot dan juga melalui knalpot.

Mengapa mesin 2 tak selain mengeluarkan asap, juga mengeluarkan suara yang sangat berisik? Karena pengoperasian knalpot sepeda motor 2 tak itu sendiri dipasang standar free flow. Tujuannya untuk segera mengeluarkan sisa udara pembakaran tanpa dilakukan penyaringan ulang dan membuat mesin lebih sensitif. Bicara soal mesin dua 2 tak yang belakangan ini masih naik daun, para pecinta roda dua pasti sudah tidak sabar untuk membeli motor idaman bermesin "ngebul". Saat ingin membeli atau memiliki kendaraan, penting bagi Anda untuk berpikir dengan hati-hati sebelum mengajukan penawaran. Jadi alangkah baiknya membaca kelebihan dan kekurangan mesin 2 tak sebelum melakukan pembelian.

Melihat perbedaan antara mesin 2 tak dan 4 tak, sekilas perbedaan utama adalah jumlah tahapan yang dibutuhkan selama satu siklus pembakaran, yaitu 2 dan 4 tahapan. Siklus mesin 4 tak memiliki fase masuk -> kompresi -> pembakaran -> buang. Di sisi lain, pada motor 2 tak, fase masuk dan buang terjadi bersamaan dengan gerakan piston ke bawah (BDC). Pada saat yang sama, fase kompresi dan pembakaran terjadi bersamaan dengan gerakan piston ke atas (TDC).

Kekurangan Mesin 2 tak membutuhkan dua gerakan piston, mengangkat dan menurunkan, untuk menghasilkan tenaga. Ini mempercepat pengiriman bahan bakar ke ruang silinder dan secara otomatis membutuhkan lebih banyak pengisian bahan bakar. Karena siklus ini, mesin 2 tak mengonsumsi bahan bakar lebih banyak daripada mesin 4 tak. Berikutnya adalah suhu mesin, yang lebih cepat panas. Hal ini dikarenakan letak exhaust port pada mesin 2 tak berada di dalam silinder atau bore.

Keunggulan dalam dari mesin 2 tak adalah memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin 4 tak. Mesin 4-tak memiliki kapasitas yang lebih tinggi daripada mesin 2-tak, tetapi tidak jauh lebih tinggi dalam hal tenaga yang dihasilkannya. Mesin 2-tak bisa lebih responsif dari pada mesin 4-tak. Hal ini dikarenakan mesin 2 tak hanya membutuhkan dua langkah dalam satu siklus untuk menghasilkan tenaga. Bukan hanya soal performa, keunggulan mesin 2 tak juga terletak pada desain mesinnya yang lebih sederhana. Mesin 2 tak juga memiliki komponen yang lebih sedikit. Mesin ini tidak memiliki klep in dan out hingga noken as. Bahan bakar masuk melalui saluran masuk (intake port) dan transfer port (port transfer). Bobot otomatis juga lebih ringan dibandingkan dengan mesin 4 tak.

Kesimpulan

Penemu mesin 2 tak adalah Sir Dugald Clerk yang lahir di Glasgow, Skotlandia, pada tahun 1854. Mesin 2 tak membutuhkan oli samping dalam ruang mesin. Jadi, pembakaran oli samping pada motor 2 tak adalah penyebab mengapa mesin 2 tak mengeluarkan asap dari exhaust manifold. Dari sini kita tahu bahwa mesin 2 tak membutuhkan oli samping sedangkan mesin 4 tak tidak. Oli samping yang masuk ke ruang mesin dan terbakar tentunya akan menimbulkan asap yang akan dikeluarkan melalui lubang knalpot dan juga melalui knalpot. Dan keunggulan dalam dari mesin 2 tak adalah memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin 4 tak. Mesin 2-tak bisa lebih responsif dari pada mesin 4-tak. Hal ini dikarenakan mesin 2 tak hanya membutuhkan dua langkah dalam satu siklus untuk menghasilkan tenaga. Bukan hanya soal performa, keunggulan mesin 2 tak juga terletak pada desain mesinnya yang lebih sederhana.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image