Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hanifah Khoirunnissa

PPSDM Migas Asah Keterampilan Teknisi Instrumentasi Pekerja Migas Indonesia

Eduaksi | Wednesday, 21 Dec 2022, 14:24 WIB

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi “Teknisi Instrumentasi” yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yakni tanggal 20-21 Desember 2022 secara online melalui Microsoft Teams.

Pelatihan dan Sertifikasi Teknisi Instrumen. (Dok. Humas PPSDM Migas).

Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi seorang teknisi instrument sebagai tenaga profesional di industri migas yang bertanggung jawab atas peralatan-peralatan yang digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses pada fasilitas produksi, termasuk di dalamnya melakukan diagnosis dan mengatasi masalah yang timbul demi kelancaran proses produksi.

Tugas yang penting dan vital itulah yang melatarbelakangi PPSDM untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi tersebut.

Materi pelatihan disampaikan oleh para pengajar yang ahli di bidangnya di PPSDM Migas, salah satunya Arsyadi Hidayat. Ia menjelaskan materi seputar Thermocouple, Bimetal, Hydrotatic Head, Transmitter, dll.

Transmitter adalah suatu alat yang bekerja mengubah besaran phisis atau mekanis menjadi signal standar instrumen”, ujarnya.

Sementara itu, pada hari kedua, dilanjutkan materi tentang Title Block, Grid System, Revicion Block, Engineering Drawing Types, Symbol dan beberapa materi lainnya yang menunjang pelatihan ini sehingga peserta diharapkan dapat mengikuti sertifikasi dengan baik untuk mendukung kompetensinya.

Meski mayoritas peserta pelatihan merupakan para teknisi yang telah bekerja selama beberapa tahun di bidangnya, namun materi-materi yang diberikan tetap memiliki urgensi untuk dipelajari, guna menunjang pemahaman dan kompetensi para peserta mengenai Teknisi Instrumentasi.

Guna memudahkan pemahaman, para pengajar juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berdiskusi setiap kali materi selesai diberikan. Selain itu, untuk menguji tingkat pemahaman peserta, pengajar juga memberikan sejumlah studi kasus yang kemudian dibahas bersama-sama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image