Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Nama-Nama Surga dan Kriteria Penghuninya

Agama | Wednesday, 21 Dec 2022, 11:01 WIB
sumber: freepik.com

Kenikmatan surga merupakan kenikmatan yang paling besar, anugrah yang hanya akan Allah berikan kepada orang-orang yang beriman, bertakwa, dan beramal bakti dengan penuh rasa ikhlas untuk mendapatkan ridho-Nya semata.

Perihal nama-nama surga dan calon penghuninya, ada perbedaan di kalangan para ulama. Sebagian ulama menyatakan bahwa jumlah surga ada tujuh, sedangkan sebagian yang lain menyebutkan bahwa jumlah surga ada delapan, dan inilah yang diyakini paling kuat.

Adapun delapan nama surga dan calon penghuninya yaitu:

1. Surga Firdaus

Surga yang tertinggi adalah surga Firdaus. Nama surga ini dan calon penghuninya dapat kita lihat dalam firman Allah berikut:

Artinya: “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya, dan orang yang menjauhi diri dari (perbuatan dan kata-kata yang tidak berguna, dan orang yang menunaikan zakat, dan orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka tidak tercela.Tetapi barang siapa yang mencari di balik itu (zina, dan sebagainya), maka mereka adalah orang-orang yang melampaui batas. Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanah-amanah dan janjinya, serta orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang yang akan berakhir, (yakni) yang akan berakhir (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya." (QS. Al-Mu minuun [23]: 1-11)

Jika kita berpegang pada ayat di atas, maka dapat kita sederhanakan bahwa calon penghuni surga Firdaus adalah orang-orang yang memelihara shalatnya, orang-orang yang menjauhi perbuatan dan kata-kata yang tidak berguna, orang-orang yang rajin membayar zakat, orang-orang yang menjaga kemaluannya dan menjauhi perbuatan zina, dan orang-orang yang memelihara amanah dan menepati janjinya.

2. Surga 'Adn

Surga 'Adn merupakan balasan yang akan Allah berikan kepada orang-orang yang bertakwa dan mengerjakan amal- amal kebaikan hanya karena Allah SWT. Hal ini dapat kita cermati dalam firman-Nya:

Artinya: “Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menzalimi diri sendiri, ada yang tengah, dan ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang besar. (Mereka akan mendapat) surga 'Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutra." (QS.Faathir [35]: 32-33)

Untuk orang-orang yang bersabar demi mendapatkan ridho Allah, menginfakkan sebagian harta yang dimilikinya di jalan Allah, dan membalas setiap kejahatan dengan kebaikan; Allah akan membalas mereka dengan surga 'Adn. Allah berfirman:

Artinya: “Dan orang yang sabar karena mengharap keridhoan Tuhannya, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (yaitu) surga-surga 'Adn, mereka masuk ke dalamnya bersama dengan orang yang saleh dari nenek moyangnya, pasangan-pasangannya, dan anak cucunya, sedang para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu." (QS. Ar-Ra'd [13]: 22-23)

3. Surga Na'im

Surga Na'im merupakan balasan yang akan Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman dan rajin beramal saleh. Adapun dalil yang bisa kita jadikan sebagai Pegangan adalah firman Allah berikut:

Artinya: "Kekuasaan pada hari itu ada pada Allah, Dia memberi keputusan di antara mereka. Maka orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan berada dalam surga-surga yang penuh kenikmatan." (QS. Al- Hajj (22): 56).

atau pada ayat lainnya,

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surga-surga yang penuh kenikmatan." (Q.S. Luqmaan [31]: 8)

4. Surga Ma'wa

Surga Ma'wa merupakan karunia yang akan Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya yang benar-benar beriman serta rajin beramal saleh. Hal ini bisa kita dapati dalam salah satu firman-Nya:

Artinya: "Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, maka mereka akan mendapat surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala atas apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. As-Sajdah (32): 19)

Bagi orang-orang yang takut akan kebesaran Allah dan mampu menahan hawa nafsunya, maka Allah akan memberi mereka kenikmatan surga Ma'wa. Allah berfirman:

Artinya: "Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya, maka sungguh, surgalah tempat tinggal(nya)." (Q.S. An-Naazi'aat [79]: 40-41)

5. Surga Darus-Salam

Darus-Salam merupakan negeri yang damai dan sejahtera. Orang-orang yang beruntung mendapatkan nikmat ini ada yang disebutkan dalam firman Allah berikut:

Artinya: “Barang siapa yang dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan dadanya untuk (menerima) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. Dan inilah jalan Tuhanmu yang lurus. Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami) kepada orang-orang yang menerima peringatan. Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dialah pelindung mereka karena amal kebaikan yang mereka kerjakan." (QS. Al-An'aam [6]: 125-127)

6. Surga Khuldi

Surga ini akan Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya yang taat menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Terkait hal ini, Allah berfirman:

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), apakah (azab) seperti itu yang baik, atau surga yang tetap yang menjanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali kepada mereka? (QS. Al-Furqaan [25]: 15)

7. Surga Muqamah

Surga Muqamah merupakan tempat kembalinya orang-orang yang bertakwa dan beramal saleh. Terkait nama dan para penghuni surga Muqamah ini, Allah berfirman:

Artinya: “Dan mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. Sungguh, Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun, Maha Mensyukuri, yang dengan karunia-Nya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga); di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu.” (Q.S. Faathir [35]: 34-35)

8. Surga Al-Maqam Al-Amin

Surga ini Allah peruntukkan bagi hamba-hamba-Nya yang telah sampai pada derajat muttaqin, yaitu mereka yang benar-benar beriman dan bertakwa kepada Allah. Maqam adalah tempat tinggal, sedangkan amin artinya aman dari segala kejelekan, malapetaka, dan semua hal yang tidak menyenangkan. Para penghuni surga ini selalu merasakan keamanan dan kedamaian, serta hidup kekal. Mari kita perhatikan firman Allah berikut:

Artinya: “Sungguh, orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (yaitu) di dalam taman-taman dan mata air-mata air, mereka memakai sutra yang halus dan sutra yang tebal, (duduk) berhadapan, demikianlah, kemudian Kami berikan kepada mereka pasangan bidadari yang bermata indah. Di dalamnya mereka dapat meminta segala macam buah-buahan dengan aman dan tenteram, mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya, selain kematian pertama (di dunia). Allah melindungi mereka dari azab neraka." (Q.S. Ad-Dukhaan [44]: 51-56)

Daftar Pustaka: Musyafa, Haidar. (2018). Hidup Sesudah Mati. Yogyakarta: Checklist

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image