Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LPM El-Hakim

Tips Mudah Menerima penjelasan Guru

Sekolah | Tuesday, 20 Dec 2022, 09:49 WIB

Dalam satu kasus, seorang anak masuk ke ruang kelasnya dan meminjam buku catatan temannya untuk mencatat pelajaran yang pada pertemuan sebelumnya tidak bisa dia hadiri. Kemudian anak ini bertanya kepada temannya apa maksud dari tulisannya ini, tapi temannya hanya berkata "saya tidak mengerti, seperti itulah yang dituliskan oleh guru di papantulis pada pertemuan kemarin".

Nah, pernahkah kita menemukan problem yang sama? Ketika sedang menerima ilmu tentu menulis apa yang disampaikan guru adalah hal yang cukup penting kita lakukan sebagai bahan pengembangan pemahaman kita. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar mencatat materi pelajaran bisa lebih efektif.

1. Pahami dulu baru tulis

Ketika kita menulis materi yang mungkin dijelaskan di papantulis baiknya kita pahami dulu gambaran umum materi tersebut.

2. Buat gaya bahasamu sendiri

Dalam menjelaskan materi pelajaran, terkadang guru menggunakan bahasa yang agak sulit kita pahami. Oleh karenanya, setelah kita bertanya maksud dari kata-kata itu, bisa kita tuliskan di buku menggunakan bahasa yang mudah diri kita pahami.

3. Kita bukan membuat novel

Menulis pada pembahasan kita kali ini ialah menulis poin penting pada sebuah mata pelajaran, jadi jangan terlalu banyak menulis isi materinya sehingga membuat kita bingung dengan apa yang kita tulis.

4. Tetap fokus

Kefokusan dalam menerima pelajaran sangat penting, karena ketika kita mulai tidak fokus bisa jadi ada poin penting dalam materi itu yang tidak kita tulis di buku catatan tanpa kita sadari.

Suara LPM Al-Hakim/ 'Aezar S

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image