Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lidya Fitrian

Bangun Rasa Percaya Diri Anak Lewat Masak Bareng

Lomba | Monday, 19 Dec 2022, 09:55 WIB

"Ma..,mau makan puding dong!" Pinta Alvin pagi tadi sekitar jam 9. Anak ini memang lagi gak sekolah karena baru saja selesai UAS atau Ujian Akhir Sekolah. Ada di rumah bikin dia lapar terus deh jadinya.

"Kalau mama lagi ada kerjaan, ya udah deh aku buat sendiri aja pudingnya, masih ada kan puding yang biasa itu?" Tanya Alvin lagi.

Duh sesaat saya tertegun, ternyata anak bayi kesayangan saya ini sudah besar sekarang, malah sudah mau masak sendiri. Memang sih sesekali dia minta masak telur sendiri contohnya.

Akhirnya saya putuskan untuk menghentikan aktivitas sejenak dan membuatkan puding cokelat kesukaannya. Tapi, dipikir-pikir kenapa gak masak bareng aja ya sambil mengambil waktu dan quality time bersama anak di tengah kesibukan pekerjaan di rumah

Ternyata Alvin keukeuh ingin masak sendiri saja, gak mau saya yang membuatkan pudingnya. Katanya minta ditemani saja, supaya dia happy.

Luangkan Waktu Bersama Anak

Masa anak-anak tidak akan terulang lagi, semakin hari mereka makin besar baik pertumbuhannya, usianya maupun pola pikirnya. Jadi, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mendekatkan diri dengan anak sedari kecil. Banyak cara bisa dilakukan untuk bonding dengan anak, baik itu mendengarkan mereka bercerita dan hal-hal kecil lainnya secara santai.

Boleh-boleh saja menyayangi mereka sepenuh hati, tapi jangan lupa juga ajarkan mereka hal-hal baru terutama yang membuat mereka bisa lebih mandiri dewasa nanti. Apalagi kedua anak saya ini laki-laki jadi harus tangguh dalam menghadapi kehidupan nantinya.

Keuntungan saya sebagai ibu rumah tangga dan bekerja secara freelance, waktu memantau anak di rumah lebih banyak. Tapi ada kalanya kesibukan pekerjaan di rumah juga membuat saya abai terhadap mereka. Untuk itulah saya harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menemani mereka dengan meluangkan waktu berkualitas.

Meskipun kedua anak saya laki-laki tapi sejak kecil sudah saya ajarkan mengerjakan pekerjaan rumah sehingga mereka sudah terbiasa membantu orangtua di rumah mulai dari hal-hal kecil sesuai dengan usianya.

Hari ini, saya meluangkan waktu untuk masak bareng anak, lebih tepatnya menemani dan memberikan arahan untuk dieksekusi oleh Alvin.

Ajarkan Anak Masak Sejak Dini

Tidak ada larangan mengajarkan memasak pada anak sekalipun itu anak laki-laki. Semuanya bisa diajarkan berdasarkan tingkatan usianya serta tetap didampingi demi keamanan dan keselamatan.

Kebetulan kalau alvin sudah agak besar jadi sudah mengerti cara menggunakan kompor atau alat memasak lainnya. Tinggal diberikan arahan dan cara penggunaan alat yang benar saja.

Ternyata mengajarkan anak masak ini juga bermanfaat bagi tumbuh kembangnya mulai dari menstimulasi kognitif anak, melatih sensorik anak, menjadikan anak kreatif dan melatih emosinya agar lebih sabar. Banyak pembelajaran yang bisa diambil dari kegiatan memasak.

Mengenalkan Peralatan Masak dan Cara Penggunaannya

Zaman sekarang peralatan memasak sudah makin canggih, anak-anak juga perlu diajarkan supaya tidak gaptek. Gimana caranya memasak di kompor, memanaskan makanan di microwave sampai bagaimana cara memasak nasi.

Kali ini saya akan menemani Alvin masak puding cokelat yang super praktis, karena sudah tidak perlu menakar bahan-bahan, tinggal menuang air sesuai ukuran saja ke dalam panci. Makin mereka bertambah umur, pastinya akan makin mengerti cara memasak masakan yang lebih rumit lagi.

Untuk menu sarapan kami berdua juga membuat dadar telur yang ditambah larutan wortel serta keju. Cukuplah untuk menu sarapan seperti ini kami buat berdua.

Jika ada kesalahan ketika memasak, tidak masalah. Itulah gunanya kita sebagai orangtua menemaninya belajar memasak sehingga bisa memberitahukan cara yang benar secara langsung. Ajarkan juga anak-anak menjaga keamanan dan keselamatan ketika memasak untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Untuk memasak puding, kami menggunakan panci dan whisk untuk mengaduk.Sedangkan untuk memasak telur dadar kami menggunakan wajan kecil dan sutil. Biarkan anak yang menakar air sesuai dengan ketentuan agar puding terasa enak dan pas. Anak akan merasa gembira loh diberikan kepercayaan melakukan tugas saat memasak. Untungnya cara memasak puding ini mudah sekali, hanya menuangkan bubuk puding dan air ke dalam panci lalu dimasak di atas kompor sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Selanjutnya setelah puding selesai dimasak tinggal dituangkan saja ke cetakan.

Gunakan Peralatan Masak Yang Berkualitas

Untuk memasak sehari-hari di rumah, pastinya para ibu mempunyai teman wajib di dapur ya dimulai dari Rinnai hingga Rice Cooker Miyako.

Sejak lama keluarga kami, bahkan dari orangtua juga sudah tidak asing lagi dengan merek kompor Rinnai yang selalu awet digunakan untuk masak dalam keseharian. Kualitas kompor Rinnai memang tidak dapat diragukan lagi karena awetnya panjang bahkan lebih 5 tahun lamanya.

Sementara itu untuk memasak nasi, sejak lama saya selalu mengandalkan rice cooker bukan memasak nasi menggunakan kompor. Rice cooker Miyako menjadi andalan kami sejak lama, terutama yang berukuran kecil supaya bisa masak lebih sedikit dan tidak mubazir.

Anak-anak saya pun sudah terbiasa melihat cara memasak nasi menggunakan rice cooker, sehingga mereka pun dapat masak nasi sendiri menggunakan rice cooker dengan mudahnya. Diajarkan cara menakar beras untuk masak nasi, mencuci lalu memasak di rice cooker. Merk Rice Cooker Miyako ini sudah turun menurun digunakan di keluarga kami. Dulu nenek juga pakai merek ini dengan ukuran yang kecil untuk satu hingga dua kali makan, maklumlah di rumah sendiri sejak sepeninggalan kakek.

Kolaborasi Miyako x Rinnai

Ngomongin soal Kompor Rinnai dan Rice Cooker Miyako pasti teman-teman juga tidak asing dengan kedua brand tersebut. Sebagai informasi di bulan Desember ini ada perayaan Hari Ibu loh yang pada tangga 22 Desember.

Bertepatan dengan momen Hari Ibu, ada kolaborasi antara Miyako x Rinnai yang mengadakan kompetisi "Masak Seru Bareng Ibu" di Instagram mulai dari tanggal 1 - 30 Desember 2022.

Inilah waktunya para ibu untuk menunjukkan momen terbaik bersama anak lewat masak bersama maupun makan bersama. Kompetisi foto adalah kompetisi yang sedang berjalan saat ini. Caranya mudah kok cukup foto bersama anak saja di dapur maupun ruangan lain. Yuk, salurkan hobi masak kalian bersama anak lewat akun instagram dan menangkan hadiahnya.

Selain kompetisi, ada pula Live Cooking Demo yang sama-sama bisa disimak pada Instagram pada tanggal 23 Desember 2022 persembahan Miyako x Rinnai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image