Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Elsa Apriliani

Kecerdasan Buatan

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 18 Dec 2022, 17:33 WIB

Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa di sebut juga Artificial Intelligence (AI), didefinisikan sebgai kecerdasan entitas ilmiah, Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendifinisikan Kecerdasan Buatan sebagai ' Kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan manggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel'.

Sadarkah Kamu bahwa teknologi kecerdasan buatan banyak bertebaran dan diterapkan diberbagai kehidupan. Bahkan sehari-hari, seperti asisten virtual Google dan Siri contohnya. Kecerdasan Buatan memang bukan hal baru, namun perkembangannya selalu menjadi sesuatu yang menarik pertahian.

Contoh Kecerdasan Buatan

1. DeepFace Facebook

2. Remondasi E-Commerce

3. Asisten Virtual

Machine Learning

Machine Learning adalah mesin yang dikembangkan untuk bisa belajar dengan sendirinya tanpa arahan dari penggunanya. Pembelajaran mesin dikembangkan berdasarkan disiplin ilmu lainnya seperti statistika, matematika dan data mining sehingga mesin dapat belejar dengan menganalisa data tanpa perlu di program ulang atau di perintah.

Istilah mechine Learning pertama kali dikemukakan oleh beberapa ilmuan matematika seperti Adroen Marie Legendre, Thomas Bayes dan Andrey Markov pada tahun 1920-an dengan mengemukakan dasar dasar Machine Learning dan konsepnya. Sejak saat itu ML banyak yang mengembangkan.

Mengapa Machine Learning Itu penting?

Machine Learning memantu bisnis dengan cara mendorong pertumbuhan, membuka aliran pendapatan baru, dan menyelesaikan masalah-masalah yang menantang. Data adalah penggerak yang penting di alik pengambilan keputusan bisnis, tetapi secara tradisional, perusahaan telah menggunakan data dari berbagai sumber, seperti umpanbalik pelanggan, karyawan, dan keuangan.

Manfaat Machine Learning

Machine Learning bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan dunia dengan cara yang terukur. Aplikasi ilmu kecerdasan buatan ini pun bisa digunakan pada berbagai macam industri dan terus digunakan oleh pemilik industri besar dan peneliti agar dapat terus berkembang.

Metode yang digunakan dalam Machine Learning

1. Supervised learning

2. Semi-supervised Learning ( Insupervised)

3. Reinforcement Learning

Contoh Penerapan Machine Learning di Kehidupan Sehari-hari

1. Rekomendasi di marketplace

2. Pengkategorian Terhadap Email

3. Face ID pada iPhone

4. Saran Pencarian di Mesin Pencarian Google.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image