Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lidya Fitrian

Pameran Haji Umrah dan Wisata Halal, Banyak Diskon dan Promo!

Info Terkini | Friday, 16 Dec 2022, 22:25 WIB

Alhamdulillah akhirnya masyarakat Indonesia bisa kembali menjalankan ibadah ke Tanah Suci kembali, setelah beberapa waktu lalu ditutup oleh pihak Arab Saudi karena pandemi Covid-19. Kecewa karena tidak bisa segera melaksanakan ibadah haji atau umrah wajar saja, tapi kembali lagi ke jalan Allah, mungkin belum waktunya dan itu adalah keputusan yang terbaik.

Senangnya belakangan ini melihat status teman-teman dan berita di dunia maya sudah mulai banyak yang pergi umrah bahkan ibadah haji pun tahun ini sudah kembali dilaksanakan. Tidak hanya perjalanan ibadah saja yang mulai kembali bergeliat, wisata domestik pun sudah memperlihatkan peningkatannya pasca pandemi 2 tahun terakhir. Hal tersebut disebabkan adanya pelonggaran aturan perjalanan yang dicatat pula oleh Global Muslim Travel Index (GMTI) 2022 dari Mastercard dan Crecent Rating.

Peningkatan orang Indonesia yang melakukan perjalanan Umrah dan Haji juga karena ada kebijakan dari Pemerintah Saudi menuju Bisi Saudi 2030 terhadap jamaah umroh Indonesia dengan kefleksibelannya pada tahun 1444 H sehingga banyak penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) juga gencar menawarkan promo perjalanan.

Peningkatan Wisatawan Pada Industri Perjalanan

Ada rasa haru tiap kali melihat teman atau keluarga yang sedang melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Bersyukur dan ikut senang dengan rezeki mereka yang sudah bisa melaksanakan ibadah terlebih dahulu, sambil berdoa kami segera menyusul.

Meskipun belum ada kesempatan untuk berangkat Haji, namun setidaknya saya pun harus bersyukur karena sudah bisa melakukan traveling di dalam negeri.

Buat umat muslim tentunya dalam melakukan perjalanan perlu memikirkan lokasi, akomodasi dan kuliner yang dimakan di tempat wisata. Halal adalah keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Maka dari itu sebelum melakukan perjalanan wisata, umat muslim harus mencari tahu terlebih dahulu hal-hal tersebut supaya mudah ketika melakukan traveling.

Isra Festival Menjawab Kebutuhan Masyarakat Akan Wisata Halal

Kekhawatiran saya dan umat muslim lain yang agar senantiasa dimudahkan dalam perjalanan wisata di manapun berada khususnya di Indonesia untuk mendapatkan semuanya secara halal. Kini terjawab lewat Isra Festival yang ingin menjawab kebutuhan masyarakat muslim di Indonesia yang haus akan wisata halal.

Traya Eksibisi Internasional sebagai penyelenggara Isra Festival bekerjasama dengan Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 23-25 Desember 2022 mendatang.

Pada acara Press Conference Isra Festival 2022 yang diselenggarakan di Hotel Grand Alia, pada hari Rabu, 14 Desember 2022 menghadirkan beberapa narasumber yang berkepentingan pada Isra Festival.

Isra Festival (Indonesia Destination & Travel Halal) merupakan showcase untuk Muslim Friendly Tourism. Isra Festival ini menghadirkan pameran ibadah haji & Umrah dan Destinasi Travel Halal beserta industri pendukungnya, mengkhususkan sektor pariwisata bernuansa "muslim Friendly Tourism". Jenis pameran B2c Business to consumer , bernuansa festival dengan beragam acara dihadirkan untuk pengunjung supaya bisa berinteraksi, berinformasi, teredukasi secara lengkap seputar wisata destinasi dan travel halal.

Berbagai Acara Menarik di Isra Festival

Pameran yang mengambil lokasi di JCC Hall A dan menempati area seluas 3000 m2 ini terdiri dari 109 stand yang diikuti oleh perusahaan travel haji dan umroh, hotel, akomodasi halal, wisata muslim, transportasi, halal food, aksesoris travel, aplikasi travel halal, produk keuangan syariah, industri pendukung yang terdiri dari FMCG, Kuliner, Herbal/obat-obatan. Kosmetik, fashion dan lainnya. Selain itu juga diikuti oleh beberapa komunitas, pemerintah daerah/kota, kedutaan negara sekitar tujuan negara muslim dan lainnya.

Ketika berwisata di Indonesia masih mudah kita mendapatkan informasi kuliner halal maupun wisata muslim karena mayoritas penduduk Indonesia beragama muslim juga. Tetapi, ketika berwisata ke luar negeri, kadang kita kesulitan mencari makanan halal atau tempat untuk sholat. Melalui Isra Festival, wisatawan yang akan melakukan traveling bisa mendapatkan informasi traveling halal di sana. Ada 10 top destinasi wisata muslim friendly baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Malaysia, Arab Saudi, Turkey, Uni Emirat Arab, Qatar, Iran, Bahrain, Singapura, dan Uzbekistan. Sedangkan untuk 10 top muslim friendly non-OIC destinasi juga ada beberapa penawaran dari beberapa negara termasuk Japan, USA, Australia, Hongkong, dan lainnya.

Isra Festival bukan hanya menampilkan promo wisata halal saja, melainkan ada edukasi pada pengunjung dalam hal ini agar tidak terjebak oleh biro perjalanan umrah dan haji yang menawarkan paket tidak jelas. Edukasi pada pengunjung supaya bisa lebih cermat dalam memilih agensi perjalanan wisata halal dan umrah itu penting. Jika penawarannya tidak masuk akal perlu dipertimbangkan lagi untuk diambil, mulai dari kewajaran harga hingga Legalitas dan profesionalisme para agensi penyelenggara perjalanan.

Adanya transparansi harga juga diperlukan agar calon jamaah umrah maupun haji tidak merasa tertipu. Jika pemerintah sudah mengumumkan kuota itu artinya tidak dapat diganggu gugat lagi, nah saat ada penawaran dari oknum jangan percaya begitu saja. Insya Allah peserta pameran Isra Festival merupakan pemain yang bertanggung jawab. Di pameran tersebut juga akan diadakan talkshow berjudul “Transparansi Biaya Umroh di Indonesia, : Jangan Tergiur dengan Harga Murah”.

Dari festival ini juga pengunjung dapat belajar lebih jauh mengenai Program Haji Furoda atau Haji Tanpa Antri. Ingat kita juga tidak boleh tergiur dengan penawaran ini karena ada ketentuan yang tidak semua dibuka oleh biro perjalanan.

Manfaatkan Promo Perjalanan dari Bank Syariah Indonesia (BSI)

BSI juga ikut serta dalam pagelaran Isra Festival kali ini dengan menjadi mitra milenial yang memberikan kemudahan akses dan cepat dalam membuka tabungan hanya lewat smartphone saja. Untuk membuka tabungan haji juga dapat dilakukan secara online lewat aplikasi.

Program yang ditawarkan BSI pada Isra Festival ini adalah promo Hasanah Card dengan cicilan 0% selama 12 bulan dan ada potongan harga sebesar Rp1.500.00 dengan menggunakan BSI Debit. Pengunjung juga dapat menggunakan penawaran program pembiayaan Mitraguna Berkah untuk tujuan ibadah umroh lewat travel rekanan BSI.

Asuransi Syariah Pun Ikut Serta dalam Isra Festival

Memilih lokasi wisata sudah, memilih biro perjalanan sudah, sebaiknya ditambah ada asuransi perjalanan berbasis syariah. Tenang saja ada Zurich Syariah yang ikut berpartisipasi. Ada 300 Personal Accident gratis yang akan dibagikan untuk pengunjung Isra Festival.

Kunjungi Isra Festival, Pilih Lokasinya, Tetapkan Biro Perjalanannya

Gimana ada lokasi wisata dalam negeri atau negara yang ingin dituju untuk berlibur? Pilih negara-negara yang sudah bekerjasama dalam wisata halal lewat Isra Festival di JCC Hall A mulai 23-25 Desember 2022 nanti. Tiket masuk ke pameran ini hanya Rp20.000 saja.

Dengan memilih wisata halal maka perjalanan pun bisa lebih aman dan nyaman di hari sesuai syariah Islam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image