Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ibnu karan

Fungsi Infografis Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab

Eduaksi | Sunday, 12 Dec 2021, 20:28 WIB

Media pembelajaran merupakan salah satu instrumen penting dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran dan memudahkan peserta didik dalam proses belajar. Media pembelajaran memiliki banyak varian, salah satu varian media pembelajaran adalah infografis. Infografis dapat menjadi media pembelajaran alternatif bagi guru.

Kelebihan media pembelajaran infografis ialah tampilannya yang menarik, sehingga membuat pembelajaran menjadi tidak membosankan. Media pembelajaran infografis juga memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Proses pembelajaran yang dilaksanakanpun akan seru dan menarik. Dengan penggunaan media infografis sebagai bahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para guru dalam penguasaan variasi media pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Berikut adalah fungsi Infografis sebagai media pembelajaran bahasa arab:

1. Pembelajaran Menjadi Lebih Menarik Dengan adanya media infografis dapat menjadi daya tarik lebih bagi pelajar dalam memahami pelajaran, media infografis juga dapat membuat pelajar tetap terjaga dan konsentrasi dalam memerhatikan penjelasan yang dijelaskan, karena daya tarik image dalam media atau penggunaan efek-efek khusus yang menambah rasa keingin tahuan pelajar, sehingga mereka akan terus memperhatikan, karena pembelajaran yang bersifat monoton akan terkesan cepat membosankan sehingga mengakibatkan pelajar cepat merasa jenuh dengan pelajaran.

2. Pembelajaran Menjadi Lebih Interaktif Dalam proses pengajaran dan pembelajaran, sikap aktif sangatlah diperlukan guna menambah gairah semangat belajar dan meningkatkan partisipasi dari para pelajar untuk menjawab atau memberi pertanyaan terhadap apa yang sedang dipelajari, sehingga ruangan kelas tidak cenderung sepi dan mengakibatkan para pelajar mengantuk.

3. Durasi Pembelajaran dapat dipersingkat Dengan memanfaatkan media pembelajaran seperti media infografis. tentu saja dapat menyingkat waktu belajar, karena umumnya, media hanya membutuhkan waktu sedikit untuk dapaat menyampaikan pelajaran dengan singkat dan padat, sehingga mudah untuk difahami.

4. Proses Pembelajaran dapat dilakukan Kapanpun dan dimanapun Tentu saja, sudah tidak lumrah lagi, apabila kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media infografis, maka dapat diakses dimanapun dan kapanpun oleh para pelajar ataupun pengajar, sehingga lebih memudahkan mereka untuk terus mengingat pelajaran, karena media yang digunakan untuk menyimpan bahan ajarpun sangatlah mudah untuk dibawa kemana-mana.

5. Peran Pengajar dapat berubah ke Arah yang Lebih Positif Salah satu beban pengajar dalam mengajar adalah ketika pelajar lupa akan pelajarannya, namun, dengan menggunakan media infografis , dapat sedikit mengurangi beban tersebut, sebagaimana yang penulis tuturkan dalam fungsi ke 4 , bahwa bahan ajar dapat dibawa kemanapun dan dimanapun, sehingga mengurangi tugas pengajar dan dapat dialihkan kepada tugas lain, seperti konsultan atau penasihat pelajar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image