Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aryana

Harus Tahu, Ini Maksud Istilah HP Kentang

Teknologi | Sunday, 12 Dec 2021, 20:06 WIB

Kalau bicara soal istilah yang dapat ditemui di HP, maka istilah tersebut tidak akan ada habisnya. Salah satu istilah tersebut adalah "HP kentang."

Kenapa bisa ada "kentang?" kalau dibayangkan mungkin memang nggak nyambung sama sekali. Tapi HP kentang ini sangat sering digunakan pengguna gadget.

Baik itu iPhone maupun Android, terdapat yang namanya lini HP kentang di produk-produk mereka. Lantas apa yang dimaksud HP kentang itu?

Ilustrasi HP

Apa itu HP Kentang?

HP kentang, adalah jenis HP yang memiliki spesifikasi rendah dalam berbagai sektor. Misalnya seperti dari segi chipset, kamera dan lain-lain sebagainya.

Intinya jika salah satu komponen dari HP Anda di bawah rata-rata umum dari segi performa, maka HP tersebut sudah bisa disebut sebagai HP kentang.

Contohnya begini; banyak orang yang main game populer seperti Free Fire atau Mobile Legends. Lantas kita ingin mencoba game-game populer tersebut, namun waktu main ternyata malah terjadi patah-patah.

Di sini, maka HP yang dipakai tersebut sudah bisa disebut sebagai HP kentang. Dikarenakan tidak kuat menjalankan gamenya.

Darimana Istilah HP Kentang Muncul?

Tidak ada yang tahu pasti, darimana istilah HP kentang bisa muncul. Namun jauh sebelum gadget populer seperti sekarang ini, istilah kentang sudah banyak digunakan di PC atau laptop yang banyak digunakan sebelumnya.

Istilah tersebut berarti sama, yaitu sebagai umpatan kalau komponen yang dipakai terlalu jelek spesifikasinya.

Istilah ini akhirnya menyebar ke perangkat-perangkat lain. Salah satunya seperti gadget smartphone.

HP Kentang dan HP Flagship

Membicarakan HP kentang, mungkin harus bicara juga soal HP flagship. HP kentang dan HP flagship bagaikan bumi dan langit. Sangat jauh bedanya.

Kalau HP kentang berarti HP yang punya spesifikasi rendah, HP flagship adalah sebaliknya. HP flagship, mengutip dari situs Uplotify.id, adalah HP berjenis premium yang dirilis oleh vendor sebagai produk terbaik mereka.

Intinya jika HP kentang adalah salah satu produk "terburuk" vendor, maka HP flagship adalah salah satu HP "terbaik" sebuah vendor.

Itulah ulasan mengenai apa itu HP kentang. Anda punya istilah lain yang sering ditemui?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image