Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hilmi almughni

Pentingnya Pendidikan Karakter Di Era Digital Untuk Masa Depan

Agama | Tuesday, 13 Dec 2022, 23:46 WIB
Pentingnya Pendidikan Di Era Digital, Sumber gambar : Instagram

Pendidikan karakter merupakan salah satu program pemerintah yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan mulai dari jenjang pendidikan paling rendah (PAUD) hingga perguruan tinggi.

Tujuan pendidikan karakter adalah mendidik para pengikut bangsa agar berperilaku baik, santun dan santun sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat, sehingga pendidikan merupakan dasar yang sangat penting untuk penyesuaian diri sejak dini.

Oleh karena itu, penanaman karakter yang baik pada anak dimulai sejak dini dengan lingkungan rumah yang mencerminkan karakternya dimasa yang akan datang.

Pentingnya pendidikan karakter di era digital sangatlah penting. Dengan adanya begitu banyak godaan serta ujian kecanggihan teknologi, diharapkan pendidikan karakter dapat membentuk karakter para penerus bangsa sehingga membawa serta memiliki dampak positif terhadap perkembangan spiritual, emosional dan kepribadian.

Kualitas dan kekuatan mental atau moral, akhlak atau budi pekerti merupakan kepribadian khusus yang dimana menjadi dorongan atau penggerak serta pembeda dari individu dan individu lainnya.

Dengan adanya kecanggihan teknologi ini, penerus bangsa dapat dikatakan berkarakter jika telah berhasil menyerap nilai-nilai dan keyakinan yang dikehendaki oleh masyarakat serta digunakan sebagai kekuatan moral dalam hidup.

Bagi bangsa, pendidikan harus berperan aktif, dan tidak lepas dari membangun jati diri bangsa di masa depan dalam pengembangan pembelajaran karakter digital yang berkelanjutan. Jika karakter generasi bangsa masih buruk, bagaimana nasib bangsa kita ke depan?

Masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya character building di era digital. Sementara itu, sebagian masyarakat memahami pentingnya pendidikan karakter di era digital karena sudah melakukan tindakan-tindkan kecil.

Tidak bisa dipungkiri bahwa era digital ini sangat cepat, namun tidak diimbangi dengan pembentukan karakter yang baik. Maka dari itu pentingnya pendidikan karakter di era digital seperti saat ini. Dunia digital telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat secara berdampingan. Nilai-nilai pembentukan karakter untuk diwujudkan di era digital seperti agama, pancasila, budaya, tujuan pendidikan nasional.

1. Pendidikan karakter, dimana digitalisasi menjadi benteng yang sangat penting bagi masa depan bangsa, namun jika tidak digunakan secara bijak dan cerdas, pendidikan karakter dapat merusak moral dan kepribadian anak dan generasi muda, terutama yang belum memiliki pendidikan karakter yang utuh. kapasitas kognitif Dapat merusak

Pendidikan karakter berfungsi sebagai benteng terhadap masuknya budaya yang tidak sesuai dengan norma bangsa Indonesia. Sejak usia dini, anak-anak harus dilatih untuk mengembangkan kualitas, kekuatan mental, dan kekuatan moral menjadi karakter yang kuat dan tidak terhanyut oleh hal-hal negatif era digital.

2. Mengurangi terjadinya mis informasi. Saat ini, di era digital, semua informasi dimasukkan dan tidak ada filter terhadap informasi yang diterima. Oleh karena itu, pembangunan karakter sangat dibutuhkan untuk mengurangi dan mencegah kebocoran informasi digital melalui hoaks.

3. Memperkuat semangat kebangsaan, di era digital ini pembentukan karakter sangat baik, dan berpengaruh positif terhadap pembentukan sikap. Pembentukan karakter dapat membantu untuk merasakan identitas dan memperkuat semangat nasionalisme.

4. Mengetahui sikap terhadap potret dan memberikan pendidikan karakter kepada anak di era digital ini mendorong sikap yang baik yang dapat mempengaruhi perilaku sosialnya. Dengan sangat penting perhatian orang tua terhadap pendidikan karakter anak.

5. Bijaklah sebelum bertindak. Masih sedikit keturunan suatu bangsa yang dapat bertindak bijak sebelum bertindak. Jadi ketika menggunakan digital, tidak bisa mengkategorikan mana yang baik untuk diterima dan mana yang tidak.

Keluarga merupakan pengaruh penting dalam menentukan karakter anak yang baik untuk masa depannya. Informasi yang datang begitu cepat dapat melatih pengikut suatu bangsa untuk masa depan, tetapi jika tidak diimbangi sebaik mungkin dengan pemikiran yang matang, informasi yang didapat tidak akan berguna.

Oleh karena itu, pengembangan karakter di era digital masa depan menjadi penting untuk perkembangan kemampuan kognitif dan berpikir anak secara tepat.

Hilmi Anwar Al-Mughni, Prodi Pendidikan Agama Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image