Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Puji Lestari

6 Cara Memanfaatkan Komputer Bekas

Teknologi | Tuesday, 13 Dec 2022, 19:38 WIB

Teknologi komputer terus mengalami perkembangan. Bila dulu hanya dikenal PC (Personal Computer), kini telah hadir laptop dan tablet komputer bahkan telah diproduksi pula laptop khusus gaming dengan spesifikasi luar biasa! Tentu saja ini membuat para pengguna PC pun sebagian mulai beralih ke laptop dan tablet komputer. Laptop dan tablet komputer memang memiliki kelebihan yang tak dimiliki PC. Laptop dan tablet komputer memiliki ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan sehingga mudah dibawa bepergian. Pengguna laptop dan tablet komputer pun bisa menggunakan perangkat ini di mana saja tanpa harus terpaku di satu ruangan. Lantas apa yang harus dilakukan pada komputer bekas yang telah tergusur dengan kehadiran laptop dan tablet komputer? Sebagian pemilik PC hanya membiarkan PC milik mereka teronggok di kamar, dipenuhi debu dan menjadi sarang laba-laba. PC itu dilupakan begitu saja seperti barang yang tidak lagi berguna. Nah, bila Anda adalah salah satu pemilik komputer yang sudah tidak terpakai lagi, berikut ini ada ide-ide menarik yang bisa dipilih untuk memanfaatkan komputer tersebut menjadi sesuatu yang lebih berguna.

1. Dijual

Meskipun tren penggunaan laptop dan tablet komputer saat ini terus meningkat, bukan berarti PC bekas tidak laku dijual. PC bekas tetap memiliki peminat sendiri, misalnya saja para pengusaha warung internet dan game online. Kedua bidang usaha ini masih mengandalkan PC. Untuk menjual PC bekas, Anda bisa memanfaatkan forum jual beli yang terdapat di internet atau dengan menjualnya kepada teman yang membutuhkan. Sertakan foto PC bekas yang hendak dijual dan cantumkan spesifikasi PC agar calon pembeli tertarik untuk membelinya.

Sementara itu bila PC bekas milik Anda ternyata dalam keadaan rusak, jangan buru-buru membuangnya. Anda tetap bisa menjualnya dengan cara membongkar PC tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya, jual komponen-komponen yang masih bisa berfungsi dengan baik. Misalnya saja, bagian harddisk atau RAM yang masih banyak peminatnya.

2. Dibuat menjadi server

Daripada teronggok begitu saja, komputer bekas tersebut bisa diubah menjadi server yang berguna. Bila diperlukan tambahkan harddisk, lalu instal sisem operasi seperti Linux. Kemudian tambahkan pula software-software server seperti Apache, PHP dan software sejenis lainnya sehingga komputer menjadi server.

Sumber foto: Freepik.com

3. PC khusus game

Agar PC bekas kembali bermanfaat, Anda bisa mengubah PC tersebut menjadi sebuah PC khusus game. Tambahkan beragam game menarik di komputer tersebut sehingga ketika laptop dipakai untuk bekerja dan tablet komputer dibawa bepergian, maka PC bekas bisa menjadi media hiburan. Pemanfaatan PC bekas menjadi PC khusus game ini tentu akan membuat laptop dan komputer tablet bisa digunakan lebih maksimal untuk bekerja. Putera dan puteri Anda pun tak perlu lagi berebut untuk bermain game laptop atau komputer tablet untuk sekedar bermain game.

4. Dijadikan sebagai media belajar

Bila Anda atau putra puteri Anda memiliki ketertarikan di bidang komputer, maka PC yang tidak terpakai bisa dijadikan sebagai media untuk belajar. PC ini bisa dijadikan bahan eksperimen untuk belajar memperbaiki komputer, merakit komputer atau menginstal beragam program. Dari PC ini pula, seseorang bisa mempelajari komponen-komponen yang menyusun sebuah komputer dan memahami fungsinya.

PC bekas ini juga bisa dipakai sebagai media eksperimen untuk mengatasi virus-virus komputer. Sebelum mencobakannya ke laptop atau komputer tablet, Anda bisa bereksperimen dulu di PC yang sudah tidak terpakai ini. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai aplikasi atau software di PC ini sebelum memasangnya di laptop atau tablet komputer.

5. Disumbangkan

Jika komputer bekas memang sudah benar-benar tidak digunakan, maka Anda bisa menyumbangkannya ke sekolah-sekolah agar PC tersebut lebih bermanfaat. PC bekas semacam ini oleh pihak sekolah masih bisa digunakan untuk melengkapi laboratorium komputer dan untuk belajar berbagai macam bahasa pemrograman seperti pascal, basic dan bahasa pemrograman sejenis lainnya.

PC bekas ini akan semakin bermanfaat bila Anda menyumbangkannya ke sekolah-sekolah yang berada di daerah pinggiran atau di daerah terpencil. Anda bisa mengumpulkan beberapa teman yang memiliki PC bekas lantas menyumbangkannya ke sekolah-sekolah tersebut. Dengan cara ini, PC bekas yang terlantar dan tidak terpakai akan kembali bermanfaat.

6. Diubah menjadi kerajinan kreatif

Bila sebagian komponen-komponen komputer yang masih bisa dimanfaatkan telah dijual atau diberikan kepada orang lain, lantas apa yang harus dilakukan dengan komponen-komponen komputer yang sudah rusak? Untuk komponen-komponen yang tidak berfungsi lagi, gunakan saja sebagai bahan kerajinan. Ada banyak ide untuk memanfaatkan komponen komputer yang tidak lagi digunakan. Misalnya saja, mengubah monitor menjadi pot bunga atau kandang hamster, menggunakan casing PC sebagai panggangan barbeque, memanfaatkan mouse dan tombol keyboard untuk membuat hiasan dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ide memanfaatkan komputer yang tak lagi terpakai. Mungkin beberapa ide ini menginspirasi Anda sehingga muncul ide-ide lain yang lebih kreatif. Dengan ide-ide tersebut, komputer yang tak lagi digunakan bisa menjadi barang yang lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Nah, selamat berkreasi dengan komputer bekas!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image