Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UNISA Yogyakarta

Pengabmas Unisa Yogya Kembangkan Kelompok Bank Sampah

Edukasi | Tuesday, 13 Dec 2022, 14:19 WIB

Program Studi Administrasi Publik berkolaborasi dengan Program Studi Arsitektur Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada kelompok Bank Sampah Bhumi Nyawiji, Dusun Priyan, Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul. Kegiatan ini berlangsung selama 3 minggu sejak 30 November 2022 hingga 18 Desember 2022.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan kelompok Bank Sampah Bhumi Nyawiji, selain itu kita juga akan mengembangkan produktivitas dari kelompok bank sampah ini.” jelas Erni Saharuddin, S.Sos, MPA selaku Ketua Tim PKM mengenai tujuan program pengabdian. Erni menambahkan bahwa selama ini Kelompok Bank Sampah Bhumi Nyawiji sudah berproduksi, namun baru sebatas penjualan sampah daur ulang serta produksi pupuk cair. Dengan adanya PKM ini diharapkan ada ekstensifikasi produk seperti produk kerajinan dari sampah anorganik dan juga produksi maggot untuk pakan ternak ikan.

Bentuk dari pengabdian yang dilakukan adalah Focus Group Discussion (FGD) tentang peningkatan kapasitas kelembagaan bank sampah, Pelatihan pembuatan kerajinan dari sampah anorganik menjadi berbagai produk bernilai ekonomi, pelatihan produksi maggot dari sampah organik, pelatihan pemasaran online produk daur ulang sampah serta FGD penyusunan Detail Enginering Drawing (DED) Bangunan Bank Sampah Bhumi Nyawiji. Pelatihan diikuti oleh pengurus bank sampah, para nasabah bank sampah, serta karang taruna setempat. Tampak para peserta sangat antusias dalam mengikuti program-program tersebut. Untuk melengkapi program-program tersebut diatas Tim PKM juga menyerahkan sejumlah peralatan pendukung diantaranya alat pencacah sampah organic, tong sampah organic, rakbiopod maggot, serta timbangan.

Program PKM ini didanai sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Program Insentif Pengabdian Masyarakat tahun 2022. Lurah Trirenggo Ernawati Kusumaningsih, M.Oryang menyempatkan hadir pada akhir program tersebut sangat mengapresiai kegiatan pengabdian yang dijalankan ini. “kolaborasi antara perguruan tinggi dengan masyarakat seperti ini sangat bagus, saya senang melihat masyarakat saya semakin bersemangat dalam mengelola dan mengolah sampah” tuturnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image