Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bagi Info.com

Jangan Takut Kecewa

Gaya Hidup | Monday, 12 Dec 2022, 10:20 WIB
sumber gambar: penulis 2022/edit canva

A. Apa itu kecewa?

Hai semua, kalian pernah kecewa kan? Tentu saja. Kecewa adalah perasaan yang dirasakan oleh setiap manusia, hampir setiap hari manusia akrab dengan kata kecewa. Menurut kamus besar bahasa Indonesia kecewa artinya adalah kecil hati saat keinginan tidak terpenuhi. Sedangkan menurut Psikologi kecewa adalah sebuah kondisi dimana individu merasakan hal yang tidak mengenakan, menjengkelkan, disertai amarah karena apa yang diharapkan tidak sesuai realita atau kenyataan.

B. Siapa yang boleh kecewa?

Siapapun boleh kecewa, sebab rasa ini tak pernah memandang golongan, suku, ras dan, usia, dan jenis kelamin. Tua, muda, remaja, anak-anak semua boleh kecewa. Asal ia masih hidup didunia, kecewa pasti akrab dengan kehidupannya. Lalu siapa orang-orang yang pernah kau buat kecewa?

Boleh jadi orang-orang yang sering kau buat kecewa adalah orang terdekatmu. Berdasarkan analisis hal itu terjadi karena mereka mengenalmu lebih, saat mereka telah mengenalmu maka dari hari ke hari mereka akan menaruh harapan besar dari apa yang ada pada dirimu saat ini. Nah, kecewa datang saat harapannya itu meleset, tak sesuai kenyataan.

C. Boleh enggak sih kecewa?

Hei, siapa saja boleh kecewa selama mereka masih berhubungan dengan manusia. Sebab kecewa terjadi saat mereka berinteraksi, melakukan hubungan sosial dengan manusia lain. Dalam hidup ini kekecewaan tak akan pernah bisa kita hindari. Layaknya kehidupan, kita akan merasakan kecewa selama kita masih hidup di dunia.

Jangan takut kecewa. Kecewa pertanda kita berhubungan dengan manusia, punya seseorang, orang tua, sahabat, teman, atau orang-orang dekat lainnya, kan?

Kecewa Menurut Raditya

sumber gambar: instagram/@raditya_dika

Jangan takut untuk kecewa, karena kecewa adalah pertanda bahwa kita manusia. Kata Raditya Dika dikecewakan adalah bagian dari jatuh cinta, jadi it’s okay. Kecewa juga seringkali menjadi alasan buat sedih, gapapa. Tapi, jangan sampai berlama-lama. Mungkin kita tidak tahu, yang membuat kita kecewa tahu atau tidak kita sedang kecewa, atau malah tak menghiraukan kita. It’s okay jangan takut kecewa ya! Karena kecewa adalah pertanda bahwa kita manusia.

Tips agar tidak mudah kecewa

Jangan memiliki siapapun didunia maka kamu tidak perlu kecewa, jangan hidup didunia maka kamu tidak akan kecewa, jangan berharap kepada manusia maka kamu tidak akan kecewa. Sebab kecewa adalah akibat dari itu semua. Kamu pernah mengalami kekecewaan yang paling berat sepanjang tahun 2022, apa?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image