Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amicytia Nadzilah

Manfaat Memasak Bersama Anak

Eduaksi | Friday, 09 Dec 2022, 06:53 WIB

"Mamih , zaara masak dulu ya"

"Mamih, zaara masak sop buat mamih ya"

Zaara di usianya sudah 2.5 tahun sering kali bermain peran sedang memasak. Hal itu terjadi karena sering melihat saya memasak, bahkan tidak jarang saya mengajak untuk membantu memasak.

 

Sebagai ibu di rumah yang kesehariannya lebih banyak kegiatan rumah, seperti mencuci, bersih-bersih, merapihkan barang-barang, menyapu, mengepel dan sampai memasak. Dapur merupakan salah satu tempat yang selalu digunakan, selain itu selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk anak. Termasuk zaara anak pertama saya, dari bayi karena tidak mau ditinggal, akibatnya setiap aktivitas selalu ada zaara mengikuti. Saat di dapur juga setia menunggu saya, mulai hanya duduk manis di bawah sampai akhirnya sekarang ikut membantu saat kegiatan memasak. Mulai dari ikut sibuk memainkan peralatan masak, bermain tepung, ikut mencoba mencampurkan bahan makanan, mengupas bawang, hingga mencoba mengupas sayuran dengan alat pengupas sendiri. Tentu saja semua kegiatan yang zaara lakukan dalam pengawasan saya.

Sebagian ibu merasa kalo anak ikut di dapur terasa repot bahkan bukannya pekerjaan cepat selesai, malah menjadi semakin menambah pekerjaan kita. Ternyata dengan anak ikut serta dalam kegiatan keseharian kita seperti memasak, dapat banyak manfaatnya untuk anak. Dengan memasak anak memiliki banyak pengalaman. Yuk simak bersama manfaat memasak bersama anak.

1. Mengembangkan kemampuan fisik anak

Kegiatan memasak dapat membantuk perkembangan fisik anak, salah satunya perkembangan motorik. Mulai dengan belajar memegang spatula yang benar, menuangkan air, mengaduk bahan makanan, sampai menyiapkan bahan makanan seperti mengupas bawang dan memetik sayur. Melalui hal tersebut anak belajar mengkoordinasikan tangan dan mata yang menjadi salah satu latihan motorik. Pastikan kegiatan masak yang diberikan disesuaikan dengan umur anak.

2. Mengasah keterampilan kehidupan

Memasak merupakan kegiatan dasar yang dilakukan sehari - hari untuk memenuhi makan. Dengan mengajarkan anak memasak sejak dini dapat memberi bekal untuk mempertahankan hidup, anak menjadi lebih mandiri, dan bertanggung jawab. Pastikan mengajarkan memasak berdasarkan kemampuan umur anak.

3. Meningkatkan bonding ibu dan anak

Memasak dapat meningkatkan bonding atau ikatan antara ibu dan anak. Kegiatan memasak menjadi hal yang menyenangkan bagi anak karena menambah komunikasi membuat anak menambah kosa kata baru, menambah pengalaman dan meningkatkan rasa cinta di antara ibu dan anak di setiap aktifitas memasak.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Memasak dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak ketika melibatkan proses saat memasak. Anak mencoba dengan sendiri untuk mengupas bawang, mengaduk makanan ataupun mencampurkan bahan makanan menunjukan usaha yang dia lakukan membuahkan hasil. Setelah selesai melakukan proses memasak yang dilakukan anak, cobalah untuk memuji hasil yang dia lakukan. Karena hal itu, anak dapat menjadi lebih percaya diri atas proses yang dilakukannya.

5. Mengajarkan menghargai makanan

Saat membantu memasak, anak melihat dan mengetahui dalam proses yang dilakukan. Dari bahan makanan yang di perlukan, usaha yang dikeluarkan ketika menyiapkan makanan, sampai makanan terhidang. Sehingga anak dapat belajar bahwa untuk jadi sebuah makanan memerlukan usaha dan proses yang panjang. Hal tersebut bisa membuat anak lebih menghargai makanannya untuk tidak disia -siakan.

Memasak dengan cinta bersama anak

Melakukan proses memasak, kita pasti membutuhkan peralatan memasak. Dimulai dari pisau, talenan untuk memotong bahan makanan, panci, wajan, kompor sampai ricecooker untuk memasak nasi. Saat ini sudah banyak peralatan masak yang dapat memudahkan dalam proses masak.

Pertama, memasak nasi saat aku kecil, masih sering melakukan kegiatan masak nasi dengan panci. Berawal dari beras di rebus di panci, setelah air surut, beras yang sudah berubah menjadi nasi di pindahkan ke panci kukus. Kemudian nasi di kukus hingga matang. Tapi di era digital saat ini, masak nasi tidak perlu lagi repot dan lama karena sudah ada alat menanak nasi yaitu rice cooker.

Rice Cooker Miyako merupakan pilihanku untuk memasak nasi di rumah. Rice cooker Miyako menjadi Teman Wajib Anda karena memiliki kualitas terbaik dan terkenal di Indonesia. Kita bisa memasak nasi dengan mudah, cukup hanya menyiapkan beras yang sudah di cuci bersih. Taruh beras di wadah Rice Cooker Miyako, kemudian tambahkan air sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan. Setelah selesai beras tinggal di masak hanya dengan mengklik tombol "cook", tunggu hingga nasi matang.

Kegiatan memasak nasi tetap bisa dibantu oleh anak sehingga anak tetap mengetahui proses masak nasi seperti apa. Anak bisa membantu dengan cara mencuci beras dan menuangkan air kedalam wadah rice cooker.

Kedua, agar bisa memasak sebuah makanan yang pasti kita harus memiliki kompor. Dimulai dari Rinnai pilihan terbaik untuk memilih kompor di rumah. Kompor Rinnai merupakan kompor unggulan untuk urusan kompor gas. Bagi ibu rumah tangga seperti saya menggunakan kompor rinnai merupakan menjadi pilihan terbaik, karena memiliki banyak kelebihannya dan kemudahan dalam pemakaian sehari - hari. Berikut kelebihan dari Kompor Rinnai :

a. Mudah dibersihkan

b. Praktis dan mudah digunakan

c. Hemat gas karena nyala api yang stabil

d. Hemat tempat karena memiliki ukuran standar

Rayakan Kasih Ibu dengan Momen Istimewa

Miyako dan Rinnai dalam memenuhi misi untuk menyediakan kebutuhan produk peralatan rumah tangga untuk para ibu mengadakan kompetisi foto. Kompetisi ini ditujukan untuk para ibu yang gemar memasak dengan anak. Kompetisi ini dilaksanakan dalam rangka merayakan hari ibu, hari natal dan tahun baru 2023.

"Masak seru bareng ibu" Merupakan tema kebersamaan ibu dan anak yang diusung oleh Miyako x Rinnai. Bertujuan untuk meningkatkan ikatan Ibu dengan anak serta memberikan edukatif positif kepada anak. Sehingga kegiatan tersebut menciptakan momen seru bersama - sama.

Acara puncak dari kompetisi "Masak Seru Bareng Ibu" adalah mengumumkan pemenang kompetisi lomba melalui media sosial Miyako x Rinnai secara langsung. Bagi pemenang "Masak Seru Bareng Ibu" Akan mendapatkan kesempatan untuk masak bersama Chef Norman Ismail secara langsung di studio Miyako x Rinnai.

Bagaimana? Menarik bukan untuk acaranya? Yuk langsung ikutan para ibu bersama anak untuk lomba kompetisi di Instagram, akan ada banyak hadiah juga. Langsung aja follow dan cek informasinya melalui instagram @Miyako_indonesia dan @rinnai_indonesia

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image