Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image suhada fitra

Isu-isu Halal Dalam Produk Daging

Kuliner | Thursday, 08 Dec 2022, 06:45 WIB
Oleh Suhada Fitra dari Prodi Ekonomi Islam FEB UNJA

Daging merupakan salah satu makanan yang memberi sumber protein utama. Namun,dengan perkembangan teknologi makanan yang kian pesat didalam penghasilan produk daging yang diproses dan tidak diproses telah menimbulkan isu-isu berkaitan halal dan haram. penipuan produk daging menimbulkan kegusaran kepada para konsumen.

Isu-isu seperti daging tiruan, daging binatang buas, daging binatang haram, daging yang salah label, daging yang dicemari mineral berisiko, daging yang mengandung bakteri dan virus yang berisiko serta racun yang bisa membahayakan bagi konsumen.

Panduan Islam yang berkaitan dengan daging dapat dihasilkan dan digunakan oleh konsumen yang beragama islam dalam proses memilih daging halal serta pengusaha produk daging dalam menghasilkan daging halal.

Dengan kepesatan sains dan teknologi , teknologi makanan berkembang dengan pesat dalam penghasilan misalnya variasi rasa, bahan, serta kaidah dalam status kehalalan. Ada beberapa penipuan telah memberi dampak yang negatif serta mencemari makanan terutama melibatkan produk daging. Daging bukan sekadar memberi kesan kepada sosio-ekonomi tetapi juga memberi kesan yang besar kepada kesehatan konsumen, mental dan pembangunan spiritual serta kesan negatif dalam industri halal.

Dalam memilih makanan para konsumen harus memperhatikan secara detail mengenai hal tersebut terutama bahan-bahan kimia yang berbahaya seperti formalin didalam daging serta penggunaan hormon yang berbahaya boleh memberi implikasi jangka panjang kepada kesehatan, kehilangan ingatan, karsinogenesis dan penyakit lain yang bisa membahayakan keselamatan pengguna dalam mengkonsumsi produk daging.

Teknologi autentikasi halal harus dibangunkan dalam menangani masalah yang berbangkit dalam membantu para ulama untuk menentukan hukum halal haram suatu produk dengan lebih tepat serta satu garis panduan syariah juga diperlukan dalam penentuan hukum yang berkaitan dengan daging.

Daging merupakan sumber protein utama kepada manusia yang mengandung zat gizi yang tinggi, memiliki pH dan aktivitas air yang membawa kepada pertumbuhan mikroorganisma sehingga menyebabkan daging mudah rusak serta mudah berpotensi menjadi makanan berbahaya karena tahan lama, berbagai kaidah coba dibangunkan serta peningkatan penghasilan daging yang diproses seperti sosis dan daging burger dengan menggunakan teknologi makanan yang berkembang dengan pesat untuk digunakan dalam memastikan ketahanan daging telah memberi keraguan kepada status halal haram daging serta memberi kesan buruk kepada konsumen disebabkan timbulnya beberapa penipuan di kalangan peniaga dan antara isu-isu yang timbul berkaitan daging yang direndam dengan formalin yang digunakan untuk pengawet jenazah atau bangkai hewan.

Isu-isu yang sering timbul yang berkaitan dengan produk daging adalah ;

1. Daging berformalin

2. Daging bangkai

3. Daging busuk

4. Daging direndam aniline

5. Daging binatang haram

6. Daging disalah label

7. Daging bercampur

8. Daging sampah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image