Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aji Lugito

8 Fakta Lagu Lingsir Wengi Serta Sejarahnya yang Belum Kamu Ketahui

Info Terkini | Saturday, 11 Dec 2021, 19:18 WIB

Fakta Lagu Lingsir Wengi, Sejarah Lagu Lingsir Wengi, Download Lagu Lingsir Wengi - Siapa sih yang tidak kenal dengan lagu Lingsir Wengi yang sempat viral beberapa waktu lalu? Lagu ini memang sangat fenomenal dikalangan masyarakat Indonesia. Fakta lagu lingsir wengi sering sekali dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis. Akan tetapi, masyarakat indonesia selalu antusias untuk download lagu lingsir wengi metrolagu.

Meski sering dianggap mistis dan lagu yang sangat menyeramkan. Lingsir Wengi juga sering dianggap sebagai lagu untuk memanggil roh halus. Meski demikian, banyak yang berpendapat bahwa lagu ini ditujukan sebagai penolak bala. Namun, mitos ini nyatanya tak menyurutkan keinginan masyarakat untuk tetap Download Lagu Lingsir Wengi MetroLagu melalui smartphone mereka masing-masing.

Untuk kamu yang penasaran tentang Fakta Lagu Lingsir Wengi. Inilah 8 Fakta Lagu Lingsir Wengi Serta Sejarahnya yang Belum Kamu Ketahui :

1. Fakta lagu lingsir wengi yang dimula dari Asal muasal lagu ini masih menyimpan kisah mistis yang belum diketahui hal layak publik. Konon katanya, lagu ini merupakan hasil karya seorang pria asal Sukoharjo, bernama Sukap Jiman. Mirisnya, di balik ketenaran lagu ini justru sang pencipta harus hidup sengsara karena tak pernah menerima royalti sedikit pun atas karyanya. Padahal, Download Lagu Lingsir Wengi MetroLagu cukup laris di jagat dunia maya dan Sering dicari masyarakat indonesia.

2. Fakta kedua ialah, Ketika ditanya soal pengalaman dalam membuat Lingsir Wengi, Pria berusia 84 tahun ini menyebut bahwa lagu tersebut dibuatnya sekitar tahun 1995. Pada jaman dulu, Lingsir Wengi kerap dibawakan oleh beberapa penyanyi kawakan Indonesia, seperti Nurhana, Ani Suyanti, Agus Zakaria, Wuryanti, hingga Didi Kempot.

3. Fakta lagu lingsir wengi berikutnya ialah lagu ini berkisah tentang seorang anak muda yang sedang jatuh cinta hingga setiap malam selalu terngiang akan gadis pujaannya. Sukap mengaku, karyanya itu berasal dari pengalaman pribadi yang kemudian dituangkan menjadi sebuah lagu. Pada liriknya, Lagu Lingsir wengi menggunakan irama mendayu bertempo lambat dengan iringan musik gamelan dan Apalagi liriknya dilantunkan dalam bahasa Jawa halus.

4. Fakta lagu lingsir wengi keempat ialah Pada sejarah lagu Lingsir Wengi. Sebagian orang berpendapat, Lingsir Wengi sebenarnya adalah tembang Jawa yang sengaja diciptakan oleh Sunan Kalijaga. Lagu tersebut awalnya berfungsi sebagai media dakwah yang jauh dari kesan horor maupun mistis. Semasa hidupnya, Sunan Kalijaga memang dikenal sebagai salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Nusantara. Beliau kerap menggunakan kesenian untuk melancarkan strategi dakwahnya kepada para penduduk di tanah Jawa saat itu.

5. Fakta lagu lingsir wengi kelima yang perlu kamu ketahui ialah Lagu Lingsir Wengi sering sekali menjadi salah satu soundtrack film ternama di indonesia. Mulai dari film yang berjudul " Kuntilanak", yang dibintangi oleh Julie Estelle pada tahun 2006 silam. Film " The Doll 2", yang dibintangi oleh Luna Maya hingga film yang bertajuk " Tembang Lingsir", yang dibintangi Marsha Aruan. Para penggemar film horor pun telah mengetahui, selain hantu, ada beberapa faktor lain yang membuat film horor di indonesia menjadi lebih seram. Yah, Salah satunya adalah Kehadiran Lagu Lingsir Wengi dengan musik latar yang konon membawa aura mistis. Bahkan, film tersebut terbilang sukses dan membuat Lagu Lingsir Wengi makin dipercaya sebagai lagu pemanggil makhluk halus dan membuat lagu ini menjadi identik dengan lagu pemanggil setan dan citra menakutkan. Padahal, faktanya sangat bertolak belakang. Lingsir Wengi sejatinya merupakan doa dengan makna yang baik.

6. Fakta lagu lingsir wengi yang keenam, Ternyata Lagu Lingsir Wengi adalah lagu pengantar tidur seperti halnya lagu Nina Bobo. Pasalnya, pada jaman dulu kala Lingsir Wengi juga sering dinyanyikan masyarakat jawa sebagai lagu pengantar tidur anak-anak mereka, lantaran iramanya mendayu-dayu. Liriknya pun sarat akan harapan sehingga pas jika dinyanyikan oleh para ibu untuk menidurkan anak mereka.

7. Fakta Lagu Lingsir Wengi yang ketujuh ialah salah satu bentuk doa tolak bala yang biasa dilantunkan oleh Sunan Kalijaga setelah salat malam. Tujuannya untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari hal-hal buruk, termasuk gangguan makhluk gaib. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat indonesia berlomba-lomba untuk Download Lingsir Wengi MetroLagu maupun Situs Download musik lainnya seperti : StafaBand, Planet Lagu dan Lebah Musik.

8. Fakta Terakhir Lagu Lingsir Wengi ialah, Alunan musik lagu lingsir wengi menggunakan suara gamelan dan pakem durma dari gending Jawa. Hal ini membuat musik lagu Lingsir Wengi terkesan suram serta menyayat hati.

Banyak yang mengira Lagu Lingsir wengi menggunakan instrumen dangdut orkestra. Padahal nyatanya, perbedaan musik dangdut dan musik jawa memiliki sedikit perbedaan. Perbedaan musik dangdut dan jawa yang tidak banyak orang tahu terdapat pada :

✔ Musik Dangdut adalah salah satu genre musik populer asal Indonesia yang memiliki unsur Arab, India, dan Melayu. Sedangkan Musik Jawa memiliki genre alunan musik yang berpadu antara suara gamelan dan keroncong, gamelan dan dangdut, serta keroncong dan dangdut atau congdut yang pernah dipopulerkan oleh didi kempot.

✔ Musik Jawa sendiri biasa disebut Campursari, Istilah ini mengacu pada campuran atau crossover beberapa genre musik kontemporer Indonesia. Musik Campursari dipopulerkan pertama kali oleh Manthous yang memasukkan unsur keyboard dalam orkestrasi gamelan di akhir dekade 1980-an

✔ Sedangkan, Musik Dangdut mengacu pada suara dari dentuman tabla atau sejenis alat musik perkusi India dan juga suara gendang yang begitu kental menjadi ciri khas utama pada musik ini. Jadi, bisa dibilang dangdut sangat dipengaruhi oleh lagu-lagu India klasik.

Dari semua fakta lagu lingsir wengi yang telah dijelaskan secara lengkap. Sudah pasti orang-orang yang tidak paham bahasa Jawa bakal merasa lagu itu menyimpan kisah misteri dan aura mistis yang tidak bisa ditolak.

Padahal, jika diteliti lebih dalam, Lagu Lingsir Wengi menyimpan makna indah dan mendalam. Jadi bisa dipastikan dengan kamu yang ingin Download Lagu Lingsir Wengi di MetroLagu maupun pada situs download musik lainnya tidak akan memberikan efek mistis apapun terutama untuk memanggil setan.

Nahh, Untuk Kamu yang ingin Download Lagu Lingsir Wengi, Kamu bisa download melalui link dibawah ini :

1. Download Lagu Lingsir Wengi MetroLagu MP3, Klik Tombol disini!!!

( https://mp3-metrolagu.me/downloadlagu/lingsir-wengi )

Atau Kamu juga bisa Download Lagu Lingsir Wengi Stafaband Melalui Link dibawah ini :

( https://stafaband123.live/download/lingsir-wengi )

Demikianlah Artikel Tentang 8 Fakta Lagu Lingsir Wengi Serta Sejarahnya yang Belum Kamu Ketahui. Lagu Lingsir Wengi bukanlah lagu yang menakutkan seperti kebanyakan orang bilang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image