Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukhamad Nur Cahyo

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Charger Hidup

Teknologi | Wednesday, 07 Dec 2022, 11:53 WIB
Cara mengatasi laptop yang tidak bisa menyala

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Charger Hidup

Mengutip laman resmi HP, ada beberapa langkah awal untuk memperbaiki masalah laptop tersebut sebelum kamu memutuskan membawa ke service center atau membeli baru.

1. Periksa Baterai

Meskipun lampu charger nyala, tetapi masalah masih bisa terjadi di bagian baterai laptop. Kemungkinan laptop tidak mendapatkan aliran voltase yang cukup atau memang bagian tersebut sudah tidak berfungsi lagi. Ada cara khusus untuk membuktikan apakah benar masalah laptop tidak bisa nyala namun lampu charger hidup ada pada baterai, yaitu:Lepaskan baterai kamu dari laptop, kemudian sambungkan laptop dengan charger tanpa menggunakan baterai. Lihat apakah lampu charger menyala atau tidak. Jika sudah menyala maka artinya laptop sudah mendapatkan aliran listrik, sekarang tekan tombol 'Power'. Ketika kamu melihat jika laptop menyala dengan baik tanpa menggunakan baterai, maka masalah terjadi pada baterai. Kamu hanya perlu membeli baterai laptop baru dan membuang yang lama.

2. Cek Layar Laptop

PerbesarIlustrasi laptop Windows 10. Foto: pexels.comKetika kamu sudah mencoba langkah pertama namun belum berhasil, kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk memeriksa bagian layar. Jika bagian ini rusak, laptop tetap tidak akan menampilkan apa pun meski sebenarnya laptop sudah menyala. Lepaskan semua sambungan dari laptop jika sebelumnya ada sambungan lain seperti LCD atau monitor. Setelah itu, nyalakan laptop seperti biasanya. Dekatkan telingamu ke mesin laptop, apakah terdengar suara mesin bergerak dan kipas yang bising. Jika ada maka kamu hanya perlu mengganti bagian layar yang rusak, bisa pada LCD atau bagian lainnya.

3. Lepaskan Semua Perangkat Eksternal yang TersambungPerangkat eksternal sangat mungkin bisa menyebabkan laptop tidak bisa nyala, hal ini karena BIOS tidak dapat mengenali dengan baik sehingga proses startup gagal. Kamu hanya perlu melepaskan semuanya, lalu nyalakan laptop seperti biasanya.

4. Instal Ulang Laptop

Kemungkinan masalah laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup adalah terdapat virus. Jika hal tersebut menyerang laptopmu, kamu hanya perlu melakukan install ulang.

Beberapa masalah yang terjadi di laptop bisa diatasi setelah pengguna melakukan install ulang laptop.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup. Ketika semua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba membawa ke service center resmi merek laptopmu untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Sumber: kumparan.com

Baca Juga:
Headphone Bluetooth Earbud Nirkabel

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image