Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ita fitriana

Hadir Saat OIC Halal EXPO dan Word Halal Submit 2022, Indonesia Memperkenalkan Produk Andalannya!

Wisata Halal | Tuesday, 06 Dec 2022, 13:27 WIB

Indonesia hadir dalam pameran Organisation of Islamic Cooperation (OIC), dimana kali ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan World Halal Summit yang digelar pada 24-26 November 2022, sedangkan untuk OIC sendiri dimulai tanggal 24-27 November 2022 . Pertemuan yang diikuti 57 negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ini mengangkat tema “For a Sustainable Trade: Explore All Aspects of the Growing Global Halal Industry”.

Merupakan kali kedua Indonesia ikut berpartisipasi pada acara pameran produk halal dunia atau Organisation Islamic Cooperation. Kerjasama antara Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara, Konsulat Jendral Republik Indonesia di Instanbul dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi mengungkapkan, bahwa keikutsertaan Indonesia ialah sebuah, “Partisipasi pada pameran sebagai ajang promosi sekaligus meningkatkan ekspor produk halal Indonesia ke pasar Turki dan negara sekitar,” ujar Didi Sumedi.

Pada pameran kali ini Indonesia menempati paviliun seluas 323 m2 yang diikuti oleh lebih dari 100 pelaku usaha dan 34 entitas peserta yang terdiri dari pemerintah daerah dan peserta usaha yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia yaitu : Jawa Barat, Sumatera Utara, Lampung, DKI Jakarta, Banyumas. Sedangkan untuk pelaku usaha yang hadir ialah PT Kalbe Farma, PT Roda Mas Inti (Sasa), PT MMM Plastics, dan Manajemen Qolbu. Dengan produk yang di promosikan atau diperkenankan di paviliun Indonesia antara lain fesyen muslim, obat dan farmasi, makanan, produk pertanian, produk pembersih, dan produk packaging, kerajinan dan dekorasi rumah.

Dalam acara tambahan, diselenggarakan juga forum bisnis bagi peserta pameran. Dubes RI untuk Turki, Dr. Lalu Muhamad Iqbal, mengharapkan bahwa dengan adanya Perjanjian IT-CEPA (Indonesia-Turkiye Comperehensive Economic Partnership Agreement) akan menjadi pendorong kerja sama ekonomi yang lebih strategis. Sementara itu, Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kementerian Perdagangan RI,Merry Maryati mengharapkan keikutsertaan dalam Halal Expo dan forum bisnis ini dapat menjadi titik awal bagi peserta pameran Indonesia mengenal karakteristik pasar Turki dan menghasilkan kesepakatan bisnis untuk kedepannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image