Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukhamad Nur Cahyo

Apa Sih Jenis-jenis Keyboard Berdasarkan Konektornya?

Teknologi | Tuesday, 06 Dec 2022, 09:44 WIB

Keyboard - merupakan salah satu perangkat keras yang punya peran penting dalam mengoperasikan komputer, laptop, atau perangkat elektronik lainnya. Bentuknya seperti papan dengan berbagai macam tombol huruf. Fungsi utama dari keyboard adalah untuk mengirimkan huruf, angka, atau simbol sehingga sampai ke CPU. Sekarang cukup banyak jenis-jenis keyboard di pasaran.

1. Keyboard Wireless

Keyboard wireless merupakan jenis terbaru dalam pengembangannya. Tipe ini memungkinkan pengguna menggunakan keyboard dan mengkoneksikannya ke perangkat lain seperti laptop atau komputer tanpa harus menggunakan kabel.

Hal ini lantaran jenis keyboard satu ini menggunakan teknologi nirkabel seperti infrared, Bluetooth, dan Wi-Fi. Keyboard wireless akan terhubung dengan perangkat lain menggunakan unit penerima dan pemancar. Penggunaannya sangat bagus dan modern.

2. Keyboard Serial

Keyboard tipe ini memiliki system DIN 5 Male, dimana fungsinya agar bisa cocok saat dihubungkan dengan komputer berjenis AT. Din 5 Male ini memberikan kepada penggunanya 5 buah jarum untuk menghubungkan keyboard ke komputer.

Keyboard serial ini memiliki port berukuran besar sehingga kabel akan sangat tebal. 5 jarum yang ada di dalamnya memiliki feran sebagai detektor tombol aktif. Umumnya penggunaan keyboard serial ini untuk komputer atau perangkat komputasi jadul.

3. Keyboard PS/2

Keyboard jenis ini merupakan pengembangan dari tipe serial. Keyboard PS/2 hanya bisa pengguna pakai untuk beberapa komputer saja khususnya yang bertipe ATX. Jenis satu ini akan menawarkan 6 jarum sebagai kontaktor yang nantinya bisa pengguna pakai.

Dalam prakteknya penggunaannya hampir mirip dengan keyboard serial karena memang pengembangan dari versi sebelumnya. Tentu saja pemakaian keyboard tipe ini khusus untuk komputer atau perangkat lama juga.

Sumber: bhinneka.com

Baca Juga:

Spesifikasi Netbook Toshiba Tecra A11-S3512

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image