Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Nur cahyo

Arti dan fungsi dari Netbook

Teknologi | Thursday, 01 Dec 2022, 11:46 WIB
Pengertian Netbook

Apa itu Netbook? Netbook adalah komputer portabel yang memiliki ukuran lebih kecil dan lebih ringan dari laptop dan Notebook dengan spesifikasi hardware yang paling kecil/rendah. Harga dari Netbook pun biasanya lebih rendah daripada laptop dan Notebook yaitu berkisar 2-3 juta.

Kata Netbook adalah gabungan dari kata “Internet” dan “Book”, artinya penggunaan Netbook identik dengan aktivitas yang berhubungan dengan internet dan tidak se-kompleks laptop dan Notebook.

Tampilan dari Netbook ini sendiri tidak jauh beda dengan laptop dan Notebook bahkan kegunaannya juga hampir sama. Berikut dibawah ini ciri-ciri dari Netbook yang perlu Anda ketahui.

 

- Ukuran layar sekitar 7, 9 hingga 11 inchi.

- Sangat kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa.

- Beratnya sekitar 1 kg atau 2 sampai 3 pon.

- Sumber daya berasal dari baterai atau adaptop A/C yang dapat bekerja selama 3 – 4 jam.Tidak memiliki CD/DVD driver.

- Spesifikasi hardware paling rendah diantara laptop dan Notebook dimana RAM tidak lebih dari 2 GB, grafis yang tidak terlalu bagus, prosesor kelas menengah ke bawah.

- Menjalankan sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS X.

- Sudah dilengkapi dengan Bluetooth, LAN, Wireless Fidelity, USB dan Card Rider.

Kegunaan Netbook

Seperti namanya “Netbook” yang merupakan gabungan dari kata “Internet” dan “Book”, Netbook digunakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan Net – Centric Computing. Net – Centric Computing yaitu menjelajahi internet (browsing), mengecek dan mengirim e-mail, menjalankan aplikasi web, menonton Youtube, game online sederhana dan aktivitas internet sederhana lainnya.

Tidak seperti laptop dan Notebook, Netbook tidak dapat digunakan untuk menjalankan program yang berat/kompleks seperti game dan aplikasi karena prosesor yang tidak memadai dan mengakibatkan performanya menjadi lambat. Jadi, Anda tidak bisa menjalankan aplikasi Ms. Word, Excel, Powerpoint, Photoshop, Adobe Illustrator atau yang sejenisnya di Netbook.

Netbook dirancang bukan untuk menyimpan banyak film atau video tetapi untuk menyimpan beberapa foto dan lagu. Anda bisa mendengarkan lagu di Netbook. Selain itu, Anda juga tidak bisa menonton video HD, mendownload musik dan video di Netbook. Singkatnya, penggunaan Netbook tidak terlepas dari internet.

Sumber: nesabamedia.com

Baca Juga:

Spesifikasi Netbook Toshiba NB520-1005B

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image